Analisa Design UI/UX Aplikasi Point of Sales Menggunakan Metode Design Thinking Pada Abang Ramen

research
  • 18 Apr
  • 2024

Analisa Design UI/UX Aplikasi Point of Sales Menggunakan Metode Design Thinking Pada Abang Ramen

Winda Setyorini, 11220781, Analisa Design UI/UX Aplikasi Point of Sales Menggunakan Metode Design Thinking Pada Abang Ramen


Point Of Sale adalah sebuah sistem untuk transaksi, yang didalamnya termasuk penggunaan mesin kasir. Dalam lingkup POS, sebuah mesin kasir tidak berdiri sendiri namun sudah termasuk di dalamnya software penunjang dan piranti lain. Aplikasi Point of Sales akan membantu pemilik bisnis untuk mencapai tujuan dan dapat meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Waktu yang dibutuhkan untuk melayani konsumen pada saat transaksi penjualan menjadi lebih cepat dan informasi yang diberikan menjadi lebih akurat. Pada Kedai Abang Ramen ini transaksi dan pencacatan masih menggunakan manual dengan buku besar, termasuk stock bahan baku juga masih dicatat menggunakan Microsoft Excel yang menimbulkan data tidak selalu akurat. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang berorientasi pada pengguna. Metode ini memiliki 5 tahapan proses yaitu diantaranya Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Setelah melakukan 5 tahapan tersebut dengan baik, penulis kemudian melakukan usability testing dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang menghasilkan skor rata-rata sebesar 85. Berdasarkan hasil interpretasi skor SUS, nilai tersebut masuk ke dalam grade A dimana skor didapatkan sudah masuk di atas rata-rata skor sus pada umunya yaitu sebesar 68.


Kata Kunci: Design Thinking, System Usability System, Point of Sales, UI/UX, Android Studio

Unduhan

 

REFERENSI

[1] Agustin, H. N., Sari, D. P., & Andrian, R. (2023). Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Bakery’lils Sebagai Platform Digital Penjualan Kue. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 11(2), 206. https://doi.org/10.26418/justin.v11i2.55400

[2] Arman, M., & Maberur, R. (2022). Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika. In JISTI (Vol. 5, Issue 1).

[3] Aziz, F., Uki, D., Saputri, E., Khasanah, N., & Hidayat, T. (2023). Penerapan UI/UX dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Warung Makan). In Jurnal (Vol. 5, Issue 1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech


[4] Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia - Google Books (Dr. Iyan Mulyana M.Kom). (2019).

[5] Kesuma, D. P. (2021). Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring Di Universitas XYZ (Vol. 8, Issue 3). http://jurnal.mdp.ac.id

[6] Konsep Sistem Informasi - Google Books (Jeperson Hutapea). (2014.).

[7] Laisani, A., Putra, Ms., Jendral Ahmad Yani No, J., Kecamatan seberang Ulu, U., & Palembang, K. (2022). Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Penjualan Buku Pada CV.Shabilul Haq Offset.

[8] Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis - Google Books (Ananda Sabil Hussein). (2018).


[9] Damiyati, D. M (2023). Implementasi User Interface (UI) User Experience (UX) Pada Aplikasi Kaki Enam Menggunakan Metode Design Thinking.


[10] Muheri, D. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Point Of Sale Berbasis Android (Studi Kasus: Sekolah Darma Yudha).


[11] Nurhidayati, N., & Nur, A. M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Persebaran Indekos di Wilayah Pancor Kabupaten Lombok Timur. Infotek : Jurnal Informatika Dan Teknologi, 4(1), 51–62. https://doi.org/10.29408/jit.v4i1.2989


[12] Pembelajaran, C. (2022). ANALISA DATA Oleh : Gisely Vionalita SKM. M.Sc. Dosen program Studi Kesehatan Masyarakat Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Kuantitatif.


[13] Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition -Google Books. (n.d.).


[14] PENGANTAR APLIKASI MOBILE - Google Books (Yusuf Wahyu Setia Putra, Aisyah Mutia Dawis, Fauzan Natsir, Fitria, Anak Agung Sandatya Widhiyanti, Firman Noor Hasan, Somantri, Maniah). (2023).


[15] Pengantar Sistem Informasi - Google Books- Elisabet Yunaeti. (2017).


[16] Shadiq, J., Wahyudin, R., & Lolly, R. (2020). INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS Sistem Informasi Kasir pada Restoran Siap Saji FoodPanda Berbasis Desktop. 5(1), 85–94.


[17] Wijaya, F., Dewayani, E., Manatap, ), & Lauro, D. (2023). Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi APLIKASI POINT OF SALE PADA RUMAH MAKAN AYAM BAKAR 7 SAUDARA.


[18] Yoga Pratama, R., & Somya, R. (2021). Perancangan Aplikasi Point Of Sales (POS) Berbasis Android (Studi Kasus: Warkop Vape Salatiga) (Vol. 8, Issue 4). http://jurnal.mdp.ac.id


[19] Zukhri, Z. (2022). Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Website Tracking GPS Tiara Track.