ABSTRAK
Takkas Marholong Sitio (11146659). Animasi Interaktif Pembelajaran Tata Surya Pada SDN Bidaracina 01 Pagi Jatinegara Jakarta.
Latar belakang penelitian ini adalah, komponen pengajaran yang membantu dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan komunikatif ada metodologi pengajaran. Masalah-masalah dalam proses pembelajaran seperti kejenuhan dan kekurangannya semangat siswa, gangguan dalam kelas, serta perhatian siswa yang rendah karena mengantuk perlu segera diatasi. Salah Satu solusi pemecahannya adalah dengan penggunaan media pembelajaran. Media yang digunakan dapat menarik siswa untuk semangat belajar. Media banyak macamnya, salah satunya adalah media animasi, yang merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam menunjang proses pendidikan, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran tata surya dengan media animasi interaktif pada sekolah dasar, Bagaimana hasil belajar siswa pada sekolah dasar dengan memanfaatkan media animasi, Apa faktor penghambat dan pendukung dalam pemanfaatan media animasi pada pembelajaran tata surya tersebut.
Penellitian ini merupakan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi partisipan. Yang kemudian disimpulkan dengan analisis deskriptif, subyek penelitian ini adalah Kepala sekolah dasar negeri, guru/pengajar dan siswa SDN Bidaracina 01 Pagi Jatinegara Jakarta.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pelaksanaan guru dalam menerapkan pembelajaran dengan memanfaatkan media animasi dalam pembelajaran tata surya dapat dikatakan baik, karena hasil observasi yang dilaksanakan untuk melihat aktifitas guru selama pelaksanaan pembelajaran, terjadi peningkatan yang sangat signifikan. (2) Respon siswa terhadap pelaksaaan pembelajaran dengan memanfaatkan media animasi dalam pembelajaran tata surya dapat dikatakan baik karena lebih dari 90% siswa menyataka pembelajaran menyenangkan, suka dengan pembelajaran dan dapat lebih memahami materi.
DAFTAR PUSTAKA
A.S, Rosa dan M.Shalahudin. 2003. Rekasaya Perangkat Lunak Terstruktur dan
Berorientasi Objek.Bandung: informatika.
Astuti, Dwi 2006. Tehnik Membuat Animasi Profesional Mengguankan Macromedia Flash 8. Yogyakarta: Andi Offset.
Binanto, Iwan.2010. Multimedia Digital Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi Offset.
Dendra Dhevi, Moch Rondhi, Rahina Nugrahani. 2013. Multimedia Pembelajaran Interaktif Pengenalan Angka Dan Huruf Untuk Anak Taman Kanak-kanak. ISSN 2252-7516. Semarang: Jurnal Seni Bahasa Volume 2 Nomor1, November 2013 : 6-9.
HM, Jogiyanto. 2005. Analisis dan Desain (Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis). Yogyakarta: Andi Offset.
Ilham Eka Putra.2003.Teknologi Pembelajaran Sejarah Melalui Pemanfaatan Multimedia Animasi Interaktif.Vol.1 No.2 Edisi Oktober 2003.
Lestari.2014. Pembuatan Media Pembelajaran Huruf Dan Angka Pada Taman Kanak – Kanak Siwi Peni 1 Sragen.ISSN: 2302-5700. Sragen :Indonesian Journal on Networking and Security Volume 3 Nomor 1, Januari 2014 : 27 – 31.
Sodikin, Edi Noersasongko, dan Y.Tyas Catur Pramudi. 2009. Jurnal Penyesuaian Dengan Modus Pembelajaran Untuk Siswa SMK Kelas X. ISSN: 1414-9999. Semarang: Jurnal Teknologi Informasi Volume 5 Nomor 2, Oktober 2009: 740-754.