DEDE APRILLA (11190196), Analisa Perbandingan User Experience Pada Website E-Commerce Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ).
Semakin bertambahnya jumlah pengguna internet, maka semakin banyak pula platform digital maupun marketplace di Indonesia, salah satunya adalah e-commerce Shopee dan Tokopedia. Kehadiran e-commerce pastinya sangat membantu kegiatan bisnis dan transaksi online agar dilakukan dengan lebih mudah. Adanya e-commerce tidak lepas dari pengalaman pengguna. Semakin baik user experience dari sebuah website maka akan semakin tertarik pengunjung untuk bertransaksi menggunakan website e-commerce tersebut. Website Shopee yang merupakan website e-commerce dengan jumlah kunjungan terbesar pertama dan Tokopedia dengan jumlah kunjungan terbesar kedua di Indonesia membuat peneliti tertarik untuk menganalisa perbandingan dari aspek user experience kedua website tersebut. Dengan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang terdiri dari enam skala penilaian yaitu Daya Tarik (Attractiveness), Kejelasan (Perspicuity), Efisiensi (Efficiency), Ketepatan (Dependability), Stimulasi (Stimulation), dan Kebaruan (Novelty). Pengujian yang melibatkan 99 responden yaitu pengguna aktif website Shopee dan Tokopedia mendapatkan hasil bahwa meskipun website Shopee memimpin posisi pertama sebagai website e-commerce dengan jumlah kunjungan terbanyak di Indonesia namun website Tokopedia masih dinilai unggul dalam segala aspek. Website Shopee memiliki nilai rata-rata pada aspek Attractiveness 0.86, aspek Perspicuity 1.12, aspek Efficiency 0.71, aspek Dependability 1.03, Stimulation 0.43 dan Novelty 0.30. Sedangkan nilai rata-rata pada website Tokopedia untuk aspek Attractiveness 0.96, aspek Perspicuity 1.26, aspek Efficiency 1.09, aspek Dependability 1.12, Stimulation 0.53 dan Novelty 0.44. Rekomendasi perbaikan yang disarankan untuk website Shopee adalah pada aspek Efisiensi (Efficiency) dan Stimulasi (Stimulation). Sedangkan Tokopedia pada aspek Kebaruan (Novelty).
Kata Kunci: User Experience, User Experience Questionnaire, Website Shopee, Website Tokopedia.
DEDE APRILLA 11190196
[1] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), "Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang," 10 March 2023. [Online]. Available: https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-jutaorang. [Accessed 05 April 2023].
[2] IPRICE GROUP, "Peta E-Commerce Indonesia," Desember 2018. [Online]. Available: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce. [Accessed 05 April 2023].
[3] A. Ahdiat, "5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal IV 2022," 31 Januari 2023. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/31/5-e-commerce-denganpengunjung-terbanyak-kuartal-iv-2022. [Accessed 05 April 2023].
[4] S. Auliaddina, A. A. Puteri and I. F. Anshori, "Perbandingan Analisa Usability Desain User Interface pada Website Shopee dan Bukalapak menggunakan metode Heuristic Evaluation," Technologia, vol. 12, no. 3, 2021.
[5] A. Ahdiat, "Jumlah Pengunjung Situs Bulanan 5 E-Commerce Terbesar di Indonesia (Desember 2022-Februarti 2023)," 15 Maret 2023. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/03/15/awal-2023-pengunjung-ecommerce-indonesia-menurun. [Accessed 05 April 2023].
[6] E. Suprihadi, Sistem Informasi Bisnis, Penerbit Andi, 2020.
[7] R. Makmur, Manajemen E-Commerce, Bandung: Informatika, 2018.
[8] F. Kesuma Bahkti, I. Ahmad and Q. Jafar Adrian, "Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Kota Bandar Lampung)," Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 3, no. 2, pp. 45-54, Juni 2022.
[9] H. Silvana and S. Rika, "Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi Menggunakan User Experience Questionnaire," Jurnal Komputer Terapan, vol. 6, no. 1, pp. 69-78, Mei 2020.
[10] A. Hinderks, M. Schrepp, J. Jose Dominguez Mayo, M. Jose Escalona and J. Thomaschewski, "Developing a UX KPI based on the User Experience Questionnaire," Computer Standards & Interfaces, vol. 65, pp. 38-44, July 2019. 2
[11] S. Martin, A. Hiderks and J. Thomaschewski, "Contruction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ)," International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, vol. 4, no. 4, pp. 40-44, 2017.
[12] P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2018.
[13] W. Irma Rofini and F. Lilis Dwi, "Pengukuran User Experience Pada E-Learning di Lingkungan Univeristas Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)," Junral Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, 2018.
[14] R. Audilla Putri, S. Rasio Henim and R. Perdana Sari, "Analisis Usability Existing Product dan Development Product Pada E-Commerce dengan Metode User Centred Design," Jurnal SATIN-Sains dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 4, pp. 93-99, 2018.
[15] M. Azman Maricar, D. Pramana and D. Rahmani Putri, "Evaluasi Penggunaan SliMS Pada E-Library Dengan Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 8, no. 2, pp. 319-328, April 2021.
[16] S. Prasetyaningsih and W. Putri Ramadhani, "Analisa User Experience Pada TFME Interactive Learning Media Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)," Jurnal Intergasi, vol. 13, no. 2, Oktober 2021.
[17] R. Umar, A. Z. Ifani, F. I. Ammatulloh and M. Anggriani, "ANALISIS SISTEM INFORMASI WEB LSP UAD MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)," METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, vol. 4, no. 2, pp. 173-178, Oktober 2020.
[18] Schrepp, M., "User Experience Questionnaire Handbook," [Online]. Available: www.ueq-online-org. [Accessed 13 Mei 2023].
[19] WikiElektronika.com, "R Tabel PDF dan Uji Validitas," 26 Maret 2023. [Online]. Available: https://wikielektronika.com/r-tabel-uji-validitas. [Accessed 15 Mei 2023].
[20] R. Ayunda Agustina and M. Azrino Gustalika, "Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Linkaja Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ)," Jurnal BIT (Bulletin of Information Technology), vol. 3, no. 4, Desember 2022.
[21] D. Supardi, Statistik Penelitian Pendidikan: Perhitungan, Penyajian, Penjelasan, Penafsiran dan Penarikan Kesimpulan, Depok: Rajawali Pers, 2017.
[22] V. Herlina, Pandungan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2019.
[23] A. Nur Annisa, L. Suwandari and P. Hari Adi, "ANALISIS PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE, USER EXPERIENCE, DAN HAMBATAN BERPINDAH TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Pada Konsumen Go-Jek Di 3 Kota Purwokerto)," SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE-9 (SCA-9) FEB UNSOED.
[24] V. M. E., S. S. L., F. S. M., C. J. T. and F. M., Discovering Computer 2018 (Digital Technology, Data and Device), Boston: Cengage Learning, 2018.
[25] E. Muhammad Firmansyah, "Analisis Perbandingan User Experience Aplikasi Mobile Shopee dan Tokopedia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)," Universitas Bakrie, Jakarta, 2021.
[26] U. Husein, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.