Nurul Hikmah (11193077), Efektifitas Penggunaan Aplikasi E-Open Disdukcapil Kota Bekasi Menggunakan Framework COBIT 5.
Dengan perkembangan teknologi yang semakim maju, Disdukcapil kota Bekasi mengeluarkan Sistem Elektronik Pelayanan Kependudukan (E-Open) sebagai sarana pelayanan permohonan administasi secara daring. E-Open hadir di kalangan masyarakat dengan tujuan memberikan kemudahan dan keefektifan bagi masyarakat kota Bekasi yang ingin mengusrus administrasi kependudukan. Tetapi dari pandangan masyarakat belum diketahui apakah aplikasi ini cukup efektif digunakan atau tidak. Maka dari itu dilakukan Pengukuran tingkat efektivitas penggunaan aplikasi menggunakan framework COBIT 5 domain DSS01 sampai dengan DSS06 dengan mencari nilai capability tiap-tiap domain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif di mana data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada warga RT 002 RW 026 Kelurahan Margahayu dengan jumlah responden sebanyak 126 orang. Pada hasil penelitian ini, DSS01 (Manage Operations) menunjukkan nilai capability sebesar 3,8. DSS02 (Manage Service Request and Incidents) sebesar 3,4. DSS03 (Manage Problem) sebesar 3,3. DSS04 (Manage Continuity) sebesar 3,9. DSS05 (Manage Security Service) sebesar 4,0 dan DSS06 (Manage Business Process Controls) sebesar 3,9. Hasil kapabilitas dari keseluruhan domain yaitu 3,7 yang artinya berada pada Capability Level 4 (Predictable Process). Tingkat keefektifan aplikasi E-Open sudah cukup matang dan berjalan dengan baik, hanya perlu pemeliharaan secara berkala dan penambahan fitur-fitur agar aplikasi berjalan makin optimal.
Kata Kunci: Capability Level, COBIT 5, Domain DSS, E-Open
Efektifitas Penggunaan Aplikasi E-Open Disdukcapil Kota Bekasi Menggunakan Framework COBIT 5 11193077
[1] A. Medina, “PENGARUH KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP POLA KOMUNIKASI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (UMM) THE,” J. Sosiol. Nusant., pp. 45–54, 2020.
[2] D. Putri Sekti Ari and L. Hanum, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Website Djp Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Modifikasi E Govqual,” Profit, vol. 15, no. 01, pp. 104–111, 2021, doi: 10.21776/ub.profit.2021.015.01.11.
[3] P. A. Lestari et al., “INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DIGITAL (E-GOVERNMENT) DI ERA PANDEMI COVID-19,” J. Ilmu Adm., vol. 18, no. 2, pp. 212–224, 2021.
[4] M. Fadhil and M. Ilham, “Peranan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Mengoptimalisasi Pelayanan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Gisa) Di Kota Bandung Provinsi Jawa Barat,” Februari, vol. 1, no. 1, pp. 1–20, 2019, [Online]. Available: https://www.census.gov/popclock/world
[5] D. Irawan, D. Agustina, S. Febrianto, and D. Gede Roche Dian Novita, “Analisis Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil Melalui Aplikasi eOpen di Kelurahan Bintarajaya Kota Bekasi,” vol. 9, no. 2, pp. 111–115, 2022, [Online]. Available: http://ojs.stiami.ac.id
[6] A. Riyandi, A. Sudibyo, B. Wijonarko, M. Rinaldi, and M. F. Fahleyi, “Analisa Audit Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Cobit Frame Work,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 8, no. 3, p. 296, 2020, doi: 10.26418/justin.v8i3.41167.
[7] R. N. Saputra, “SISTEM INFORMASI SURAT PERINTAH PERJALANAN DINAS BERBASIS PHP dan MySQL,” pp. 1–10, 2020, [Online]. Available: http://eprints.amikompurwokerto.ac.id/id/eprint/1087/
[8] S. Hasan and N. Muhammad, “Sistem Informasi Pembayaran Biaya Studi Berbasis Web Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara,” IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 5, no. 1, p. 44, 2020, doi: 10.36549/ijis.v5i1.66.
[9] A. N. Khilmiah, Y. Cikusin, and A. Z. Abidin, “Kualitas Pelayanan Publik Pada Bidang Administrasi (Studi Tentang Pelayanan Dokumen Kependudukan di Kantor Desa Slamet Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang),” J. Respon Publik, vol. 14, no. 2, pp. 35–39, 2020, [Online]. Available: http://riset.unisma.ac.id/index.php/rpp/article/view/8065
[10] B. T. A. Mashur Hasan Bisri, “Etika Pelayanan Publik di Indonesia?: Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Islam Raden Rahmat Malang,” vol. 1, no. 1, pp. 59–76, 2019.
[11] A. Sofianto, “INOVASI LAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI PADA RUMAH SAKIT SEBAGAI BENTUK REFORMASI BIROKRASI,” pp. 81–102, 2020.
[12] N. P. T. Widanti, “Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur,” J. Abdimas Perad., vol. 3, no. 1, pp. 73– 85, 2022, doi: 10.54783/ap.v3i1.11.
[13] L. R. Andhika, “ELEMEN DAN FAKTOR GOVERNANSI INOVASI PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH,” vol. 6, no. 3, pp. 207–222, 2018.
[14] S. M. . Lenak, I. Sumampow, and W. Waworundeng, “Efektivitas Pelayanan Publik Melalui Penerapan Electronic Government Di Dinas Pendidikan Kota Tomohon,” J. Gov., vol. 1, no. 1, p. 2, 2021.
[15] Mustafa Kassim Kipingu and Deodatus Patrick Shayo, “Technology and Immigration System: A New Paradigm for Improving Government Service Delivery in Tanzania,” PanAfrican J. Gov. Dev., vol. 2, no. 2, pp. 81–106, 2021, doi: 10.46404/panjogov.v2i2.3231.
[16] B. Noveriyanto, L. C. Nisa, A. S. Bahtiar, S. Sahri, and I. Irwansyah, “EGOVERNMENT SEBAGAI LAYANAN KOMUNIKASI PEMERINTAH KOTA SURABAYA (Studi Kematangan e-government Sebagai Layanan Komunikasi Government to Government, Government to Citizen, Government to Business),” Profetik J. Komun., vol. 11, no. 1, p. 37, 2018, doi: 10.14421/pjk.v11i1.1371.
[17] I. Prakoso, “Perencanaan Pembangunan E-Government?: Analisis Visual Menggunakan Vos Viewers,” J. Sosioteknologi, vol. 21, no. 1, pp. 97–108, 2022, doi: 10.5614/sostek.itbj.2022.21.1.10.
[18] J. T. Nugraha, “E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman),” J. Komun. Dan Kaji. Media, vol. 2, no. 1, pp. 32–42, 2018.
[19] A. Shafira and A. Kurniasiwi, “Implementasi E-Government Dalam Upaya Peningkatan Pelayanan Berbasis Online Di Kabupaten Kulon Progo,” J. Caraka Prabu, vol. 5, no. 1, pp. 52–68, 2021, doi: 10.36859/jcp.v5i1.457.
[20] I. A. Anriani and E. G. Sihombing, “Analisis Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi E-Open Di Kelurahan Pejuang Kota Bekasi,” J. Ilm. Inform., no. 2, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jif/article/view/6356%0Ahttps://ejour nal.upbatam.ac.id/index.php/jif/article/download/6356/2895
[21] L. Turahmawati and E. Suryani, “INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS APLIKASI e-OPen PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA BEKASI,” KYBERNAN J. Ilm. Ilmu Pemerintah., vol. 13, no. 1, pp. 23–32, 2022, doi: 10.33558/kybernan.v13i1.4527.
[22] A. Pratama and D. Herby, “Pengukuran Capability Level Tata Kelola Dan 68 Manajemen Ti Menggunakan Cobit 5.0 Pada Pt Wellcomm Ritelindo Pratama,” JBASE - J. Bus. Audit Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 32–37, 2019, doi: 10.30813/jbase.v2i2.1730.
[23] D. Pasha, A. thyo Priandika, and Y. Indonesian, “Analisis Tata Kelola It Dengan Domain Dss Pada Instansi Xyz Menggunakan Cobit 5,” J. Ilm. Infrastruktur Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 7–12, 2020, doi: 10.33365/jiiti.v1i1.268.
[24] ISACA, A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. 2012. [Online]. Available: http://linkd.in/ISACAOfficial
[25] R. Umar, I. Riadi, and E. Handoyo, “Analisis Keamanan Sistem Informasi Berdasarkan Framework COBIT 5 Menggunakan Capability Maturity Model Integration (CMMI),” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 9, no. 1, p. 47, 2019, doi: 10.21456/vol9iss1pp47-54.
[26] N. S. Farera Messakh, “Analisis Sistem Informasi Berbasis Cobit 5 (Studi Kasus?: LTC UKSW),” JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 388–400, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i1.654.
[27] R. Auliyah, J. N. U. Jaya, and S. Surmiati, “Efektivitas Penerapan Sistem Informasi Debitur (SID) BRI Dalam Kebijaksanaan Pemberian Kredit Menggunakan COBIT 5 Domain DSS (Deliver, Service, Support),” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 2, p. 328, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i2.4035.
[28] A. Suryana, A. Ramadhan, D. A. Cahyadi, G. A. Panggulu, and R. Astriratma, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Kerangka Kerja COBIT 5.0 Domain DSS (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Dana),” Semin. Nas. Mhs. Ilmu Komput. dan Apl. JakartaIndonesia, no. September, pp. 542–548, 2021.
[29] U. F. Afifah and I. Verdian, “ANALISIS PEMANFAATAN PLATFORM ELEARNING MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA DOMAIN DSS,” SAINTEKOM, vol. 1770, pp. 121–129, 2021.
[30] R. Boy, J. I. Sihotang, and J. Moedjahedy, “Analisa Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Zoom Meeting Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Deliver, Service, and Support (DSS),” CogITo Smart J., vol. 8, no. 1, pp. 35– 46, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i1.389.35-46.
[31] A. G. Prawiyogi, T. L. Sadiah, A. Purwanugraha, and P. N. Elisa, “Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 446–452, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.787.
[32] Priyono, METODE PENELITIAN KUANTITATIF. ZIFATAMA PUBLISHING, 2008.
[33] D. S. Purnia and T. Alawiyah, “Metode Penelitian Strategi Menyusun Tugas 69 Akhir.” Graha Ilmu, p. 57, 2020.
[34] M. Y. Balaka, “Metode penelitian Kuantitatif,” Metodol. Penelit. Pendidik. Kualitatif, vol. 1, p. 130, 2022.
[35] H. Ahyar et al., Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, no. March. 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/lin k/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reyn al/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://thinkasia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
[36] A. Mukhid, Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, vol. 7, no. 1. 2021. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/269107473_What_is_governance/lin k/548173090cf22525dcb61443/download%0Ahttp://www.econ.upf.edu/~reyn al/Civil wars_12December2010.pdf%0Ahttps://thinkasia.org/handle/11540/8282%0Ahttps://www.jstor.org/stable/41857625
[37] I. K. Sukendra and I. K. S. Atmaja, Instrumen Penelitian. 2020.
[38] D. Sinaga, Buku Ajar Statistik Dasar. UKI PRESS, 2014. [39] Widya, “Faktor Yang Memepengaruhi Kinerja Karyawan PT. Esa di Jakarta Barat,” Muara Ilmu Sos. Humaniora, dan Seni, pp. 544–550, 2018.
[40] M. W. Astuti and A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Teknologi Informasi menggunakan COBIT 5 Fokus Proses DSS02 , DSS03 , dan DSS04 ( Studi Kasus?: PT . Garam ( Persero )),” vol. 3, no. 9, pp. 8874–8881, 2019.
[41] R. Budiman, M. H. Putra, and D. Iba Ricoida, “Pengukuran Capability Level Pada Universitas Multi Data Palembang,” Klik - J. Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 113–120, 2022, doi: 10.56869/klik.v3i2.373.