Asep Lesmana (11211945), Pengembangan Sistem Monitoring Klaim BPJS Rumah Sakit Melalui Dashboard Bridging
Peningkatan efisiensi dalam pengelolaan klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di rumah sakit menjadi permasalahan utama dalam sektor pelayanan kesehatan. Penelitian ini mencoba mengatasi tantangan tersebut dengan mengusulkan implementasi Dashboard Bridging, sebuah solusi berbasis teknologi yang mampu mengintegrasikan data dari berbagai sumber informasi di rumah sakit, menghasilkan informasi komprehensif secara real-time, dan memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih tepat dalam pengelolaan klaim BPJS. Dengan pendekatan pengembangan yang terstruktur, sistem Dashboard Bridging dirancang dan diimplementasikan untuk memastikan keakuratan dan kinerja optimal dalam analisis klaim BPJS, dengan tujuan mengurangi waktu penanganan klaim, meningkatkan kualitas layanan kesehatan, serta berpotensi untuk meningkatkan efisiensi operasional rumah sakit dan menjadi referensi dalam pengembangan solusi serupa di berbagai bidang pelayanan publik.
Kata Kunci: Klaim BPJS, Dashboard Bridging, Monitoring Klaim
Asep Lesmana 11211945
[1] M. Y. B. B. H. B. W. P. S. Yudi Kusmayadi, "INSTRUKSI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA," 2003. [Online].
[2] Widhi, S. Aji Nugrahaning, N. Edhy and E. Kumalasari, "Pemanfaatan Framework Laravel untuk Pengembangan Sistem Informasi Toko Online di Toko New Trend Baturetno".
[3] Waruwu and T. S, "Implementasi PostgreSQL sebagai Sistem Manajemen Basis Data Pada Pendaftaran Mahasiswa Baru Berbasis Web".
[4] Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML.
[5] Menteri Kesehatan Republik Indonesia, "Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013".
[6] Aviat, "Aviat," [Online]. Available: https://aviat.id/22-rumah-sakit-belummenerapkan-aplikasi-simrs/.
[7] S. R. Choirunnisa and Endang, "DETERMINAN KEPUASAN PENGGUNA ECLAIM DI RUMAH SAKIT "ABC"".
[8] Hariyanti, W. Eva, S. Indah and Kridanto, "Model Pengembangan Dashboard untuk Monitoring dan Evaluasi Kinerja Perguruan Tinggi".
[9] Wahyudin, S. Yulhan, H. Satia, F. Taufik and D. Arif, "Rancang Bangun Bridging System Aplikasi SIMRS dan Aplikasi Virtual Claim di Rumah Sakit Islam Assyifa Sukabumi".
[10] "Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial".
[11] Menteri Kesehatan Republik Indonesia, "Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Sistem Indonesian Case Base Groups (INA-CBGs)".
[12] W. Ary Santiasih, A. Simanjorang and B. Satria, Analisis Penyebab Pending Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap di RSUD Dr. RM Djoelham Binjai.
[13] P. A. K. S. K. M. Ardhitya T, Faktor-faktor yang Melatar Belakangi Penolakan Klaim BPJS Oleh Verifikator BPJS di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015.
[14] Menteri Kesehatan, "PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA," 2013. [Online].
[15] M. Kurniawan and A. Harjoko, Implementasi Bridging System Aplikasi SIKDA Generik dengan P-Care BPJS Kesehatan di kabupaten Lamongan.