PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN MOTOR HONDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI (Study Kasus PT. Mitra Harta Usaha Gemilang)

research
  • 09 Jul
  • 2018

PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN MOTOR HONDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI (Study Kasus PT. Mitra Harta Usaha Gemilang)

ABSTRAK

 

 

Mega Dahlia (11161510), Penerapan Data Mining PadaPenjualan Motor Honda DenganMenggunakanMetodeAlgoritmaApriori (Study Kasus PT. Mitra Usaha HartaGemilang)

 

Perusahaan memerlukan kecerdasan bisnis untuk mengembangkan proses bisnis, memonitorwaktu, biaya kualitas dan pengendalian.Gartner Groupmendefinisikan kecerdasan bisnis atau business intelligence (BI) sebagai berikut

Business intelligence is the process of transforming data into information and through discovery transforming that information into knowledge”. Dalam definisi ini disampaikan bahwa kecerdasan bisnis merupakan proses pengubahan data menjadi informasi. Dari kumpulan informasi yang ada akan diambil polanya menjadi pengetahuan. Tujuan kecerdasan bisnis adalah untuk mengubah data yang sangat banyak menjadi memiliki nilai bisnis melalui laporan analistik.

 

Kata Kunci : Penjualan Motor, MetodeAlgoritma, Data Mining

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

 

Kusrini,2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pengambil Keputusan. Yogyakarta : Andi.

 

Muhammad, Abulwafa. 2010. Pemilihan Karyawan Berprestasi Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus PT. United Tractors Tbk Cabang. Padang). Jural Tekhnologi Informasi & Pendidikan, Vol.1, No.2, Maret 2010.

 

Rivai, Veithzal & Sagala, E.J. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk perusahaan. Jakarta : PT. Rajagravindo Persada.

 

Sutrisno, Edy. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana Prenada     Media Group.

 

Tominanto, 2014. Rancang Bangun Sistem Pendukung KeputusanDengan Metode Analitical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Pada RSUD Dr.Moewardi). Duta.com ISSN:2086-9346 Volume 6 2 April 2014

 

Pernadi, dkk.2015. Implementasi Analitical Hierarchy Proces (AHP) untuk penilaian Kinerja Pada bagian Customer Service Representative (CSR) di PT. Bank Permata Tbk.  Jurnal Ilmiah Komputasi , Volume 14 nomor: 1, Juni 2015 ISSN: 1412-9434.