Moch Hery (11220044), Audit Sistem Informasi Pada Aplikasi Moodle AIOCBT Di SMA Negeri 102 Jakarta Menggunakan Framework COBIT 5
Pada tahun 2020, wabah pandemi melanda diseluruh negara-negara di dunia. Tak luput bidang pendidikan ketika masa pandemi mengalami perubahan yang besar dan signifikan. Sebelumnya kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara tatap muka/ offline, berubah menjadi pembelajaran secara daring/ Online. Di SMA Negeri 102 Jakarta menerapkan media pembelajaran menggunakan aplikasi Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) AIOCBT, aplikasi ini berguna untuk membantu guru dan murid untuk saling terhubung pada masa pandemi. Moodle sebuah aplikasi yang bisa digunakan pada komputer dan gawai/ smartphone yang mengharuskan terdapat jaringan internet. Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana keefektifan media pembelajaran moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) pada proses belajar mengajar, maka dilakukan penelitian Audit Sistem Informasi pada Aplikasi Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) AIOCBT menggunakan framework COBIT 5. Penelitian menitik beratkan pada domain Deliver, Service and Support dan Monitor, evaluate and Asses pada framework COBIT 5 Dengan mengukur tingkat kemampuan yang berfokus pada domain Deliver, Service and Support dengan subdomain DSS01, DSS02, DSS03, DSS04, DSS05, DSS06. Maka hasil didapatkan nilai rata-rata sebesar 3,89 dan memiliki nilai gap sebesar 0,96. Untuk domain MEA difokuskan pada subdomain MEA01, MEA02. Sedangkan hasil nilai rata-rata pada domain Monitor, evaluate and Asses untuk tingkat kemampuan adalah 3,91 dan memiliki nilai gap sebesar 1,09. Maka hasil dari evaluasi tata kelola system IT untuk domain Deliver, Service and Support dan Monitor, evaluate and Asses memiliki indikasi berada pada level Predictable Process. Bahwasanya objek yang diteliti sudah baik sesuai dengan proses yang sudah berjalan, dan juga sudah ditetapkan guna mencapai tujuan dalam prosesnya.
Kata Kunci: pendidikan, moodle, Cobit 5, audit.
[1] A. Puspita Sari and A. Setiawan, “The Development of Internet-Based Economic Learning Media using Moodle Approach,” International Journal of Active Learning, vol. 3, no. 2, pp. 100–109, 2018, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal
[2] Triyono, B. Santosa, and M. Sayuti, “Implementasi Media Belajar E-Learning Moodle Dalam Konteks Aktivitas Belajar,” 2023. [Online]. Available: www.smkmuh1- skh.sch.id.
[3] L. Wira Aftriyati, P. Yuanita, and Y. Roza, “PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR MENGGUNAKAN MOODLE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI SPLTV,” vol. 12, no. 2, pp. 2086–2098, 2023, doi: 10.24127/ajpm.v12i2.6951.
[4] E. Sugiharyanti, “Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Moodle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 3, pp. 438–444, May 2023, doi: 10.51169/ideguru.v8i3.539.
[5] P. Sindiani, R. S. Dewi, and F. A. Bahrudin, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Moodle Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik,” 2023, [Online]. Available: http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
[6] R. Doharma, A. A. Prawoto, and J. F. Andry, “AUDIT SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (STUDI KASUS: PT MEDIA CETAK),” JBASE - Journal of Business and Audit Information Systems, vol. 4, no. 1, Apr. 2021, doi: 10.30813/jbase.v4i1.2730.
[7] E. Zuraidah and C. Budihartanti, Buku Audit Sistem Informasi dan Manajemen Menggunakan Cobit 4 dan 5. Graha Ilmu, 2021.
[8] A. Solechan, Audit Sistem Informasi. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2021.
[9] H. D. Surjono, Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. Edisi Kedua. 2013.
[10] ISACA, COBIT 5: Enabling Processes. Rolling Medows, 2012.
[11] I. Purwanto and R. Mardjono, “Cobit 5 dalam Proses Audit Tata kelola Teknologi Informasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tulang Bawang – Lampung,” Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, vol. 12, no. 2, p. 259, Dec. 2021, doi: 10.36448/jsit.v12i2.2361.
[12] T. Rahayu, N. Matondang, and B. Hananto, “Audit Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Cobit 5,” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, vol. 13, no. 1, pp. 117–123, 2020, doi: 10.24036/tip.v13i1.305. 79
[13] S. S. Adiputra, C. Rudianto, S. Informasi, F. T. Informasi, U. Kristen, and S. Wacana, “Evaluasi Layanan E-Learning Universitas Kristen Satya Wacana Menggunakan Framework COBIT 5 . 0 Domain Monitor , Evaluate , Assess ( MEA ),” vol. 3, no. 1, pp. 19–25, 2023.
[14] S. Syukhri, M.Giatman, Ambiyar, Wakhinuddin Simatupang, “Audit Sistem Informasi pada E-Learning Universitas Negeri Padang Menggunakan Framework COBIT 4.1,” 2021.
[15] R. G. N. G. Pasyha and E. B. Wagiu, “Analisa Tata Kelola Sistem Informasi Universitas Advent Indonesia menggunakan Framework COBIT 5 ( Domain EDM ),” Seminar Nasional Informatika 2020, vol. 1, no. 1, pp. 321–330, 2020.
[16] R. Boy, J. I. Sihotang, and J. Moedjahedy, “Analisa Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Zoom Meeting Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Deliver, Service, and Support (DSS),” CogITo Smart Journal, vol. 8, no. 1, pp. 35–46, 2022, doi: 10.31154/cogito.v8i1.389.35-46.
[17] J. Sabtu, “Penerapan Tata Kelola Teknologi Informasi dan Pengukuran Maturity Level Menggunakan Domain MEA (Monitor, Evaluate Dan Assess) Dengan Framework COBIT (Studi Kasus: Sistem Informasi Akademik AIKOM,” Metik Jurnal, vol. 5, no. 1, pp. 25–35, 2021, doi: 10.47002/metik.v5i1.204.
[18] ISACA, A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT. 2012. [Online]. Available: http://linkd.in/ISACAOfficial