ANALISIS KUALITAS APLIKASI SATUSEHAT MOBILE PADA MASYARAKAT RW 010 KELURAHAN JAKASAMPURNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL

research
  • 24 Jan
  • 2024

ANALISIS KUALITAS APLIKASI SATUSEHAT MOBILE PADA MASYARAKAT RW 010 KELURAHAN JAKASAMPURNA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL

Asal muasal wabah Covid-19 menyebar dari kota Wuhan di provinsi Hubei China. pandemi ini menyebar ke seluruh dunia setelahnya dan menjadi penyebab di awal tahun 2020. 11 Maret 2020 WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia memberikan dampak bahwa Covid-19 menjadi pandemi global. Setiap negara kemudian diminta untuk meningkatkan tanggap daruratnya terhadap penyebaran virus ini. Berdasarkan sifat virusnya, Covid-19 merupakan penyakit menular yang ditularkan dari hewan ke manusia dan dapat menyebar melalui udara. Penyakit ini ditandai dengan gejala paruparu atau pernafasan yang terlihat seperti flu, sakit ginjal, batuk dan demam. Analisa kualitas pada aplikasi SATUSEHAT Mobile pada masyarakat Di RW 010 kelurahan jakasampurna menggunakan metode webqual 4.0. Implementasi setiap proses, Tahap penelitian merupakan rangkaian langkah proses peneliti untuk mengetahui permasalahan dengan melalui wawancara serta pengumpulan data dari Aplikasi SATUSEHAT sebagai acuan dari kurang berdaya gunanya website tersebut Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan dan harapan hasil pribadi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan self-efficacy tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Selain itu, kepuasan pengguna merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi niat pengguna untuk terus menggunakan sistem administrasi elektronik aplikasi SatuSehat. Solusi sehat untuk pencegahan pandemi berikutnya, serta platform untuk integrasi dan standarisasi data kesehatan individu untuk mengimplementasikan rekam medis elektronik dan mempercepat transformasi digital di sektor kesehatan.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] R. Hermawati, “SISTEM INFORMASI PENGADUAN DAN MONITORING KEGIATAN PADA DINAS SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KABUPATEN BALANGAN BERBASIS WEB.” Universitas Islam Kalimantan MAB, 2022.

[2] V. No and M. Webqual, “PENGGUNA APLIKASI MYARS MENGGUNAKAN,” vol. 9, no. 2, pp. 214–222, 2021, doi: 10.35508/jicon.v9i2.5273.

[3] H. Alifiarga, “Penerapan metode webqual 4.0 pada pengukuran kualitas website pencarian kerja (studi kasus: Jobstreet).” Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah …, 2019.

[4] N. M. Widyaningsih, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA WEBSITE JURNAL ONLINE MENGGUNAKAN WEBQUAL (STUDI KASUS: BULETIN PENELITIAN SISTEM KESEHATAN).” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2018.

[5] T. Wijayanti, F. Nugraha, and A. P. Utomo, “Rancang Bangun Sistem Manajemen Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Di Kabupaten Kudus,” J. Comput. Inf. Syst. Ampera, vol. 3, no. 1, pp. 56–65, 2022.

[6] S. Syaifullah and D. O. Soemantri, “Pengukuran kualitas website menggunakan metode webqual 4.0 (studi kasus: Cv. Zamrud multimedia network),” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2016.

[7] F. Romadhon, “Aplikasi Layanan Pengaduan Masyarakat Berbasis Android dengan Bantuan Teknologi Google Maps API (Studi Kasus: Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kulon Progo).” University of Technology Yogyakarta, 2019.

[8] J. R. Soeprapto and M. Kuning, “Analisis Kualitas Layanan Website SIKMB menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Pada BP Batam),” vol, vol. 6, p. 15, 2019.

[9] J. Sinuraya, “Pengukuran Kualitas Website Dengan Metode WebQual 4 . 0 ( Studi Kasus Website Politeknik Negeri Medan ),” vol. 06, pp. 51–59, 2019.

[10] R. de L. E. Padmowati and A. T. Buditama, “Aplikasi Perangkat WebQual 4.0 Untuk Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Student Portal Unpar,” 2019.

[11] N. T. W. Swara and N. Oktaviani, “Analisis Kualitas Layanan Website Ppdb Sma Negeri 2 Palembang Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Penerapan Metode Webqual 4.0,” in Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS), 2019, pp. 959–967.

[12] A. R. Adam, “Analisi Pengukuruan Kualitas Layanan Website Pedulilindungi Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Pros. SNST Fak. Tek., vol. 12, no. 1, pp. 245–252, 2022.

[13] I. Imron, “Analisis Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna dengan Metode Webqual 4.0 Studi Kasus: Rumah Wisata Keramik F. Widayanto Depok,” J. Ilm. Inform. Glob., vol. 10, no. 1, 2019.

[14] S. Juniantoro, I. P. Wardhani, and A. R. Kardian, “Perhitungan Persentase User Interface Website Portal Berita Menggunakan Metode Skala Likert,” J. Ilm. KOMPUTASI, vol. 21, no. 1, pp. 63–70, 2022.

[15] A. Mustopa, S. Agustiani, S. K. Wildah, and M. Maysaroh, “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Perspekt. J. Ekon. dan Manaj. Akad. Bina Sarana Inform., vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2020.

[16] S. C. Wibisono, A. Hamzah, and U. Lestari, “Analisis Kualitas Final Proyek Website Milik Bank Boyolali Terhadap Pengguna Akhir (Metode WebQual 4.0),” J. Jarkom, vol. 3, no. 1, pp. 47–55, 2015.

[17] R. A. Pamungkas, E. Alfarishi, E. Aditiarna, A. Muklhisin, and R. F. A. Aziza, “Analisis Kualitas Website SMK Negeri 2 Sragen dengan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysist (IPA),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 1, p. 17, 2019.

[18] D. Menggunakan, M. Webqual, A. Razby, and E. Dazki, “245 | Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim,” pp. 245–252, 2022.

[19] V. H. Pranatawijaya and R. Priskila, “Pengembangan Aplikasi Kuesioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert dan Guttman. 5 (November), 128–137.” 2019.

[20] I. M. Sari, R. Efendi, and L. Chairani, “Hubungan Sistem Pembelajaran Daring dengan Kesehatan Mental Orang Tua di Era COVID-19?: Uji Chi-Square dan Dependency Degree,” pp. 624–631, 2020.