ANALISIS USABILITY USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI ZAP MENGGUNAKAN METODE HEURISITIC EVALUATION

research
  • 17 Jan
  • 2024

ANALISIS USABILITY USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI ZAP MENGGUNAKAN METODE HEURISITIC EVALUATION

Klinik kecantikan adalah tempat yang menyediakan dan menawarkan jasa pelayanan dibidang kecantikan, perawatan, serta memantau kesehatan kulit, rambut, kuku dan lainnya. Dalam era globalisasi saat ini klinik kecantikan semakin banyak persaingan dan kompetisi semakin hari semakin ketat dan luas. Pt. Zulu Alpha Papa (ZAP Group) adalah merupakan salah satu perusahaan terbesar dan bertumbuh dengan begitu pesat di industri kecantikan Indonesia. ZAP Premiere salah satu group ZAP adalah klinik kecantikan yang bertujuan untuk menyembuhkan masalah-masalah yang di alami wanita yang lebih advance dari yang ada di ZAP Clinic seperti Melasma, Kerutan, Bekas luka dan lain sebagainya. Seiring berjalannya pengoperasian aplikasi mobile ZAP tentu memungkinkan munculnya masalah atau kendala terhadap pengguna. Permasalahan yang terjadi mencakup User Interface ataupun User Experience, untuk mengukur sejauh mana kepuasan dan kenyamanan pengguna saat menggunakan aplikasi mobile ZAP dan pengguna masih kurang memahami bagaimana cara pemesanan melalui aplikasi mobile ZAP serta apakah tampilan pengguna telah mudah untuk digunakan. Heuristic Evaluation adalah proses pemeriksaan atau inspeksi usability yang dilakukan oleh evaluator yang merupakan pakar usability. Dari hasil 3 skor tertinggi yang didapat dari kuesioner yaitu 4.43, 4.36, dan 4.26 yang dinyatakan Tidak ada masalah dalam aplikasi pemesanan online ZAP (ZAP Premiere). Dari hasil skor terendah yang didapat dari kuesioner yaitu 2.30 yaitu perlu adanya perbaikan pada standar dan konsistensi setiap tampilan halaman pada aplikasi masih belum memberikan informasi dengan jelas, di bagian deskripsi produk treatment ada yang berisikan deskripsi dengan jelas, ada yang belum terisi deskripsi dengan jelas, dan pengunaan bahasa deskripsi ada yang memakai bahasa indonesia dan bahasa inggris, belum konsisten.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] A. Zulkifli and U. Rahmalisa, “Implementasi Framework Laravel pada Aplikasi Klinik Kecantikan Qatrunnada SkinCare,” JUSIBI (Jurnal Sist. Inf. dan EBisnis), vol. 4, no. 1, pp. 49 59, 2022.

[2] S. Nuryani, “Pengembangan Aplikasi Mobile Booking Online Perawatan Gigi Dengan Metode Prototype Studi Kasus di Klinik Gigi Budiono, drg. Kota Bandung,” Intelektiva J. Ekon. Sos. Hum., vol. 2, no. 6, pp. 18–28, 2021.

[3] M. Subhan and A. D. Indriyanti, “Penggunaan Metode Heuristic Evaluation sebagai Analisis Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi BCA Mobile,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 2, no. 3, pp. 30–37, 2021.

[4] A. Ilham Nur Yahya and D. Rahman Prehanto, “Analisis.User.Interface.dan.User.Experience.Menggunakan Metode.Heuristic.Evaluation.pada.Aplikasi.My.FirstMedia,” vol. 03, no. 03, pp. 61–70, 2022.

[5] Darmawati, “ANALISIS MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA MAHASISWA SEMESTER I PRODI PENDIDIKAN JASMANI UNIMERZ TAHUN 2022,” J. Innov. Res. Knowl., vol. 2, no. 10, pp. 2013–2015, 2023.

[6] M. I. FAIZAL, V. N. INTAN, and R. FIRMANSYAH, “Analisis Sistem Informasi Manajemen Bagi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19,” JEMSI (Jurnal Ekon. Manajemen, dan Akuntansi), vol. 7, no. 1, pp. 9–16, 2021.

[7] A. Ayuningtyas, E. F. Rahmawati, and T. Sagirani, “Penerapan Metode Double Diamond pada Desain User Interface Website,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 11, no. 1, pp. 11–22, 2023.

[8] C. J. P. Apriliana Latifah Hanum, Tiara Karunia miranti, Diah Fatmawati, Muhamad Frendi Diyon, “ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI MOBILE PEDULI LINDUNGI MENGGUNAKAN HEART METRICS,” J. Syntax Admiration, vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.

[9] A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 3, pp. 206–212, 2019.

[10] L. Armyoktora and A. Muzakir, “Evaluasi User Experience Menggunakan Pendekatan Heuristic Pada Sistem Informasi Akademik Universitas Bina Darma Palembang,” J. Softw. Eng. Ampera, vol. 2, no. 3, pp. 154–165, 2021.

[11] I. W. Sudiarsa and I. G. B. Wiraditya, “Analisis Usability Pada Aplikasi Peduli Lindungi Sebagai Aplikasi Informasi Dan Tracking Covid-19 Dengan Heuristic Evaluation,” INTECOMS J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 354–364, 2020.

[12] F. N. Fauziah, S. Hanapiah, and S. Wahab, “TINJAUAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP TEMPAT PELAYANAN PENDAFTARAN DI PUSKESMAS SUGIH MUKTI CIWIDEY BANDUNG 2021,” vol. 1, no. May, pp. 1754–1761, 2021.

[13] M. F. J. Muhammad Rifqi Firdaus, Dini Silvi Purnia, Kartika Handayani, “ANALISIS PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE CAKRAWALAMEDIA.CO.ID DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0,” vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020.

[14] N. Dalimunthe, F. Nazari, K. Purba, and A. Adawiyah, “EVALUASI WEBSITE PEMKO PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION,” vol. 5, no. 2, pp. 245–250, 2019.

[15] M. Mulyani, K. Rizky, and N. Wardani, “Penerapan Metode Heuristic Evaluation Pada Analisis User Interface Website Simak Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang,” vol. 6, no. 3, 2022.