ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SAP PADA PT. IK PRECISION INDONESIA CIKARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE

research
  • 17 Jan
  • 2024

ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SAP PADA PT. IK PRECISION INDONESIA CIKARANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE

Perusahaan memiliki sistem aplikasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan proses bisnis yang dijalankannya sehingga semua informasi dapat tersedia dengan cepat dan akurat. Di PT. IK Precision Indonesia menggunakan System Aplication and Product (SAP) yang sering disebut aplikasi Alifta. SAP adalah software aplikasi untuk membantu mengintegrasikan semua proses yang ada dalam area fungsional perusahaan, antar departemen, maupun antar lokasi yang berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pengguna sistem SAP yang sudah terimplementasi di PT. IK Precision Indonesia terhadap produktivitas kerja karyawannya. Penelitian ini akan berfokus dalam analisis usability sistem, data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Metode ini digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna dan efektifitas sebuah sistem. Hasil Analisis menunjukkan bahwa SAP memiliki tingkat ketergunaan yang dapat diterima oleh pengguna dengan skor 75.69 dalam kategori “Acceptable” berdasar rentang nilai penerima. Penelitian ini memberikan indikasi bahwa SAP telah memenuhi standar usability, tapi tidak menutup kemungkinan masih ada sistem yang perlu diperbaiki oleh pengembang dan juga memberikan masukan pada PT. IK Precision Indonesia untuk lebih meningkatkan produktivitas kerja karyawan dalam meningkatkan implementasi System Applications Product in Data Processing (SAP). Hasil penelitian diharapkan mampu memberikan rekomendasi saran untuk mengembangkan sistem informasi dan teknologi di lingkungan perusahaan.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] Khairunnisa, “IJIRSE: Indonesian Journal of Informatic Research and Software Engineering Comparison of the SUS Method and the PIECES Framework to Evaluate the Satisfaction Level of SAP Users at PTPN IV Perbandingan Metode SUS dan PIECES Framework Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna SAP pada PTPN IV,” Makalah: Diterima 12 Desember, vol. Vol. 3. No. 1, 2022, Diakses: 10 April 2023. [Daring]. Tersedia pada:
https://journal.irpi.or.id/index.php/ijirse

[2] R. Akbar dan Y. Rahmi Arici, “Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Sistem Informasi Pembelian, Persediaan, dan Penjualan Barang pada Toko Emi Grosir dan Eceran,” 2018. [Daring]. Tersedia pada: http://www.forecastingclouds.com

[3] Nurlina, “STUDI KELAYAKAN IMPLEMENTASI SAP DENGAN METODE FIT/GAP ANALYSIS DAN CBA,” 2019.

[4] A. Nioga, K. Candra Brata, dan L. Fanani, “Evaluasi Usability Aplikasi Mobile KAI Access Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) Dan Discovery Prototyping (Studi Kasus PT KAI),” 2019. [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id

[5] V. Yoga Pudya Ardhana, “Evaluasi Usability E-Learning Universitas Qamarul Huda Menggunakan System Usability Scale (SUS),” 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://djournals.com/jieee

[6] B. Pudjoatmodjo dan R. Wijaya, “TES KEGUNAAN (USABILTY TESTING) PADA APLIKASI KEPEGAWAIAN DENGAN MENGGUNAKAN SYSTEM USABILTY SCALE (STUDI KASUS?: DINAS PERTANIAN KABUPATEN BANDUNG),” 2019.

[7] R. Machmud, Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus pada T3- Online). 2018.

[8] M. Hamdan Romadhon dan Y. Yudhistira, “Sistem Informasi Rental Mobil Berbsasis Android Dan Website Menggunakan Framework Codeigniter 3 Studi Kasus?: CV Kopja Mandiri,” 2021. [Daring]. Tersedia pada: www.journal.peradaban.ac.id

[9] D. N. Smk, Y. Asni, dan D. Irfan, “Terbit online pada laman web jurnal: http://javit.ppj.unp.ac.id JAVIT (JURNAL VOKASI INFORMATIKA) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA DALAM PEMANFAATAN ELEARNING PADA MASA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS),” Agu 2018. [Daring]. Tersedia pada: http://javit.ppj.unp.ac.id

[10] A. Pracita, N. Soewarno, dan Isnalita, “ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI ERP TERHADAP PROFITABILITAS DAN NILAI PERUSAHAAN,” Akuntansi Universitas Jember, vol. 16, hlm. 55–65, Jun 2018.

[11] G. Theresia Pontoh, R. Ulfha Irwan, dan F. Astari, “ANALISIS ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP) TERHADAP BUSINESS MODEL INOVATION (BMI),” 2021.

[12] A. L. Qomariyah, D. Durinta, P. Program, P. A. Perkantoran, J. P. Ekonomi, dan F. Ekonomi, “PENERAPAN SYSTEM APPLICATION AND PRODUCT (SAP) PADA ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN DI PT KAI (PERSERO) DAOP 8 SURABAYA.” 2020[Daring]. Tersedia pada: http://www.keretaapi.co.id

[13] I. Mahardhika, H. Kusumawardhana, N. Hendrakusma Wardani, dan A. R. Perdanakusuma, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS),” 2019. [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id

[14] M. Ulul, A. Iryanto, W. Hayuhardhika, N. Putra, dan A. D. Herlambang, “Evaluasi Usability Aplikasi SIAP TARIK Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS) Pada Puskesmas Tarik Sidoarjo,” 2019. [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id

[15] I. Kartika, “HUBUNGAN PERILAKU ORGANISASI KEMAHASISWAAN DI LINGKUNGAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PASUNDAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PERIODE 2018/2019 (Survey Pada Mahasiswa Himpunan Pendidikan Ekonomi),” https://api.core.ac.uk/oai/oai:repository.unpas.ac.id:43613, Sep 2019.

[16] A. Produktivitas, P. Pada, U. D. Karya, J. Syarifuddin, dan L. Yani, “Operation Management,” 2019.