Salah satu bentuk digitalisasi dalam upaya mempermudah pekerjaan tenaga administrasi sekolah yaitu dengan sistem informasi. Sistem informasi manajemen dipahami sekolah sebagai sistem yang berorientasi pada hal yang menekankan pada akurasi data dan akurasi tujuan untuk memperoleh berbagai data dan informasi yang dibutuhkan oleh sekolah. dinamisnya sebuah organisasi berdampak terhadap suatu sistem di organisasi tersebut, selain pimpinan hal ini berdampak ke beberapa divisi di SMPIT As-Syifa Boarding School Wanareja, dimana salah satu divisinya mengalami perubahan nama dengan tujuan mengakomodir seluruh admin yang ada disekolah. Divisi Tata Usaha (TU) berganti menjadi divisi Tenaga Administrasi Sekolah (TAS). Dengan diakomodirnya seluruh admin di sekolah, ini sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik yang efektif dan efisien, tetapi muncul dampak lainya, yaitu permasalahan terhadap penggunaan Sistem Informasi Pendidikan (SIP) dalam menunjang kegiatan administrasi di sekolah seperti server sering mengalami downtime karena masalah jaringan dan server mati karena terjadinya mati listrik, fitur layanan yang belum sepenuhnya dimanfaatkan secara maksimal (layanan yang seharusnya bisa diakomodir didalam SIP masih menggunakan platform diluar SIP (penggunaan appsheat)), dan informasi yang kurang aktual di dalamnya, karenanya perlu dilakukan audit. Tujuan audit adalah mendapatkan informasi faktual, signifikan berupa data hasil analisa, serta memberikan rekomendasi dari auditor supaya dapat digunakan untuk proses perbaikan dan/atau perubahan dalam berbagai aspek sebagai upaya mencapai tujuan sekolah secara keseluruhan. Metode yang dilakukan penulis untuk melakukan audit pada Sistem Informasi Pendidikan (SIP) yaitu menggunakan framework COBIT 5 dengan domain DSS dan MEA. Hasil analisis capability keseluruhan menunjukan nilai 3.85 yaitu masih pada tahap Predictable Process dengan nilai GAP 1.15.
11220125 - Fadly Muhamad Fathurohman
[1] M. Barkah dan T. Afrizal, “SISTEM APLIKASI TATA USAHA DI SDIT ALGHOZALI CIBINONG-BOGOR,” 1051. [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it
[2] “Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika”, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index
[3] M. Muspawi dan H. Robi’ah, “Realisasi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah dalam Peningkatan Pelayanan,” Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, vol. 4, no. 3, hlm. 232–239, Agu 2020, doi: 10.17977/um025v4i32020p232.
[4] D. Gusma Putra dan R. Rahayu, “Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi Peranan Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi (IT Governance) sebagai Faktor Penting dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan,” Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, vol. 10, no. 1, hlm. 1–07, 2020, doi: 10.24036/0110770.
[5] R. Patawala dan A. D. Manuputty, “AUDIT SISTEM INFORMASI PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SALATIGA MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 DOMAIN MONITOR AND EVALUATE,” Sebatik, vol. 25, no. 1, Jun 2021, doi: 10.46984/sebatik.v25i1.1322.
[6] Sukatmi dan R. Purnamayanti, “AUDIT SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN BARANG PADA PT. JATI EXPRESS LAMPUNG MENGGUNAKAN COBIT 5.0,” Jurnal Cendekia, vol. XVIII, hlm. 1–7, Okt 2019.
[7] Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta, 2015.
[8] Aan Komariah dan Djam’an Satori, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta, 2014.
[9] A. Solechan, “AUDIT SISTEM INFORMASI,” Semarang, Apr 2021.
[10] J. Hutahean, “KONSEP SISTEM INFORMASI,” Yogyakarta, 2014.
[11] W. Rahman dan L. Saudin, BAHAN AJAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022. [Daring]. Tersedia pada: www.penerbitwidina.com
[12] H. A. Rusdiana, M. M. Moch, S. T. Irfan, M. Kom, dan H. M. A. Ramdhadi, “Sistem Informasi Manajemen,” Bandung, Feb 2014.
[13] R. Hidayat dan Abdillah, Ilmu Pendidikan. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia(LPPPI, 2019.
[14] H. Kusbandono, D. Ariyadi, dan T. Lestariningsih, “TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI,” Ponorogo, 2019.
[15] W. Wasilah, “Audit Sistem Informasi.”
[16] H. Said, A. Amalia, A. Hanifah, E. M. Caroline, dan S. Afrizal, Audit Menggunakan COBIT 5.0 Domain DSS Dan MEA pada Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) UPN Veteran Jakarta. 2021.
[17] A. Jayanti dan R. Setyadi, “Analisis Sistem Informasi diSekolah Swasta Diponegoro 1 Purwokerto Menggunakan COBIT 5,” INISTA, vol. 5, hlm. 1–9, Nov 2022, doi: 10.20895/INISTA.V5I1.743.
[18] B. A. Saputra, F. Nabilah, K. Illahi, dan S. Mukaromah, “AUDIT SISTEM INFORMASI AKADEMIK STIKES SALSABILA MENGGUNAKAN COBIT 5 DOMAIN DSS,” vol. 8, no. 1, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.fikom-unasman.ac.id
[19] S. Matussaqdiah, L. Safitri, H. Setiawan, P. Air No, dan T. Kepulauan Riau Indonesia, “Audit Layanan Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah Kabupaten Bintan Menggunakan Cobit 5.0,” Bangkit Indonesia, vol. VIII, no. 02, 2021.
[20] M. N. Amalia, F. Akbar, I. Risdiani, A. Islaha, dan N. Srilena, “Audit Sistem Informasi pada Perpustakaan ARS University Menggunakan Framework COBIT 5,” Jurnal Sains dan Informatika, vol. 6, no. 2, hlm. 139–147, Des 2020, doi: 10.34128/jsi.v6i2.226.
[21] R. M. Faktara dan T. Haryanti, “AUDIT SISTEM INFORMASI PADA TATA USAHA DENGAN MENGGUNAKAN COBIT 4.1 DOMAIN DELIVERY AND SUPORT (DS) PADA SD N 1 SEMARANG,” 2022.
[22] Periode I, “Handout Pembimbing Skripsi Universitas Nusa Mandiri HANDOUT SKRIPSI PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS NUSA MANDIRI JAKARTA 2023.