Dalam era teknologi informasi yang berkembang pesat, terutama dalam bisnis ecommerce, Sinar Mulya Studios menghadapi kendala pemesanan manual dan pengelolaan data yang lambat. Tujuan dari perancangan ini adalah merancang sebuah aplikasi pemesanan online booking online self photo studio berbasis website serta media promosi yang bertujuan meningkatkan kemudahan dan kualitas pelayanan bagi pelanggan. Penelitian ini menerapkan metode design thinking untuk merancang solusi pada website Self Photo Studio. Dengan populasi sebanyak 20 responden, sampel diambil secara acak (simple random sampling) dengan jumlah minimum 17 orang. Pendekatan gabungan data kualitatif dan kuantitatif melalui wawancara, observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Proses pengolahan data mengikuti tahapan Empathize hingga Testing, dengan pengujian kepada calon pengguna. Keseluruhan penelitian bertujuan memastikan desain UI/UX yang optimal dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini, pendekatan design thinking berhasil menghasilkan sistem booking online self photo studio yang mengatasi permasalahan pemesanan di Sinar Mulya Studios. Dengan melibatkan pengguna dari tahap awal, seperti pembuatan user persona dan empathy map, serta melalui proses iteratif dari tahap Ideate hingga Testing, desain antarmuka yang responsif dan intuitif berhasil diciptakan. Pengujian usability dengan System Usability Scale (SUS) menunjukkan skor rata-rata 80, menandakan penerimaan yang baik dari pengguna. Diharapkan sistem ini memberikan efisiensi dan kenyamanan lebih dalam pemesanan, serta meningkatkan pengalaman pelanggan di Sinar Mulya Studios.
11190058 - AYU RETNO ANDINI
[1] N. Ratama, Munawaroh, and S. Mulyati, “Sosialisasi Penggunaan Ecommerce Dalam Perkembangan Bisnis Di Era Digital,” Abdi J. Publ., vol. 1, no. 1, pp. 6– 12, 2022.
[2] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
[3] D. R. Prehanto, S. Kom, and M. Kom, Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Scopindo Media Pustaka, 2020.
[4] S. Branson, UX/UI DESIGN: Introduction Guide To Intuitive Design And UserFriendly Experience. 2020.
[5] H. Shally, “Analisa Dan Perancangan Ui / Ux Aplikasi Penjualan,” vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2023.
[6] Albert Chipman, UX / UI Design 2022: A Complete Beginners to Pro Step by Step Guide to UX/UI Design and Mastering the Fundamentals of Web Design with Latest Tips & Techniques. 2021.
[7] R. Adytia, I. Rahman, R. K. Dewi, and H. M. Az-zahra, “Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Digital Marketing Youtube untuk UMKM menggunakan Metode Human-Centered Design,” vol. 6, no. 4, pp. 1635–1644, 2022.
[8] D. Benyon, Designing User Experience 4th 4E David Benyon.pdf.
[9] F. Staiano, Designing and Prototyping Interfaces with Figma, vol. 2, no. 2. 2022.
[10] E. C. Shirvanadi, “PERANCANGAN ULANG UI / UX SITUS E-LEARNING AMIKOM ( STUDI KASUS?: AMIKOM CENTER ) PERANCANGAN ULANG UI / UX SITUS E-LEARNING AMIKOM CENTER DENGAN METODE DESIGN THINKING ( STUDI KASUS?: AMIKOM CENTER ),” 2021.
[11] F. U. Feri Fariyanto, Suaidah, “PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING ( STUDI KASUS?: KAMPUNG KURIPAN ),” vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021.
[12] Cornel Hillmann, UX for XR: User Experience Design and Strategies for Immersive Technologies (Design Thinking). 2021.
[13] H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, K. S. Wacana, K. Salatiga, and J. Tengah, “PERANCANGAN UI / UX APLIKASI KTM MULTIFUNGSI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” no. 5, pp. 111–125, 2022.
[14] M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, and N. Sulistiyowati, “Perancangan UI / UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” Inf. Manag. Educ. Prof. J. Inf. Manag., vol. 7, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.51211/imbi.v7i1.1949.
[15] D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/view/13234%0Ahttps://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech/article/download/13234/5717
[16] Y. Fitriyah, “Perancangan dan Evaluasi Aplikasi Sistem Informasi Registrasi Online (SIREGOL) Berbasis Website menggunakan System Usability Scale (SUS),” J. Bhakti Setya Med. Politek. Kesehat. Bhakti Setya Indones., vol. 6, no. 1, p. 10, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.poltekkesbsi.ac.id/index.php/bsm
[17] E. Z. Dewi, M. Fransisca, R. I. Handayani, and F. L. D. Cahyanti, “Analysis and Design of UI / UX Mobile Applications for Marketing of UMKM Products Using Design Thinking Method,” vol. 7, no. 4, pp. 2329–2339, 2022.