ANALISA DESAIN UI/UX APLIKASI POS PADA APOTIK JATIMAKMUR DENGAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN (HCD)

research
  • 11 Jan
  • 2024

ANALISA DESAIN UI/UX APLIKASI POS PADA APOTIK JATIMAKMUR DENGAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN (HCD)

Pada era digital dan globalisasi saat ini, teknologi informasi telah berkembang semakin pesat. Perkembangan ini didukung oleh pengguna internet yang terus mengalami peningkatan di seluruh dunia dan penggunaan teknologi informasi dalam berbagai bidang. Apotik Jatimakmur didirikan pada tahun 1996 dan berlokasi di Jl. Raya Jatimakmur No.12, Jatimakmur, Pondokgede, Bekasi, Jawa Barat. Untuk membantu proses bisnisnya Apotik Jatimakmur menggunakan Aplikasi POS (Point Of Sales) dalam melakukan penjualan, report penjualan dan pencatatan stok barang masuk dan keluar. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisa dan menilai User Interface dan User Experience aplikasi POS agar dapat diketahui kekurangankekurangan yang ada dan dapat diperbaiki sebagaimana mestinya. Human Centered Design (HCD) merupakan salah satu pendekatan perancangan sistem dengan focus pada penggunanya dan melibatkan pengguna pada semua proses penyelesaian masalahnya dengan cara memusatkan perhatian pada pengguna. HCD bertujuan agar sistem bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pengguna. Selain itu, HCD juga dapat meningkatkan kepuasan pengguna, aksesibilitas, efektivitas dan efisiensi.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] P. Kurniawan and S. Rani, “Perancangan Desain UI / UX Aplikasi PeduliPanti Menggunakan Metode Human-Centered Design,” 2022.

[2] C. Damayanti, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Analisis UI / UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale,” vol. 6, pp. 551–559, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3526.

[3] E. F. Yehdeya, C. H. Primasari, T. A. Purnomo Sidhi, Y. P. Wibisono, D. B. Setyohadi, and M. Cininta, “Analisis User Interface (UI) Dan User Experience (UX) Sudut Elevasi Pemukul Gamelan Metaverse Virtual Reality Menggunakan User Centered Design (UCD),” JIKO (Jurnal Inform. Dan Komputer), vol. 7, no. 1, p. 137, 2023, doi: 10.26798/jiko.v7i1.757.

[4] T. Pangestu and I. Aknuranda, “Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Aset Masjid Menggunakan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: Masjid Ibnu Sina Jl.Veteran Malang),” vol. 4, no. 11, pp. 3987–3994, 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

[5] Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus?: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.

[6] Setiyo Adi Nugroho, Daniel Rudjiono, and Febrian Rahmadhika, “Perancangan Identitas Perusahaan Dalam Bentukstationery Desain Di Rumah Kreasi Grafika,” Pixel J. Ilm. Komput. Graf., vol. 14, no. 1, pp. 48–57, 2021, doi: 10.51903/pixel.v14i1.456.

[7] Novita Kurnia Ningrum, I. U. Wahyu Mulyono, and Z. Umami, “Rancang Bangun Design UI/ UX pada Aplikasi PANTAU menggunakan Pendekatan Design Thinking,” Elkom J. Elektron. dan Komput., vol. 15, no. 2, pp. 422– 433, 2022, doi: 10.51903/elkom.v15i2.940.

[8] G. Putu, A. P. Wulantari, N. Kadek, A. Wirdiani, and P. Wira Buana, “Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X),” JITTER J. Ilm. Teknol. dan Komput., vol. 2, no. 3, pp. 459–470, 2021, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/77839.

[9] A. R. Setiadi and H. Setiaji, “Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor,” Automata, vol. 1, no. 2, pp. 228–233, 2020.

[10] G. Jaya, N. S. Ameiliawati, and A. Hermanto, “Analisis dan Perancangan Aplikasi Point of Sales Menggunakan Metode Human Centered Design,” 2019.

[11] E. Habinuddin, W. Q. S, I. Suhartini, and Z. Arsyad, “Untuk Pengelolaan Kegiatan Masjid Menggunakan Human-Centered Design,” vol. 12, no. 1, pp. 1–11, 2022.

[12] C. L. Siahaan and M. Kom, “Desain Ui / Ux Website Inventory Barang Pada Pt Dari Visi Teknologi Menggunakan Metode User-Centered Design,” vol. 05, no. 01, pp. 31–35, 2023.

[13] V. Handayani, “Design Science Research Methodology ( Studi Kasus?: Min 4 Jakarta ) Analisis Dan Perancangan Ui / Ux Aplikasi E-Learning Berbasis Gamifikasi Dengan Design Science Research Methodology ( Studi Kasus?: MIN 4 Jakarta ),” Tek. Inform. UIN Jakarta, p. 197, 2021.

[14] Y. Rahmi, “Analisis Pengaruh Strategi Service Recovery Yang Dilakukan Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah Di Kota Semarang,” J. Stie Semarang, vol. 4, no. 2, p. 3, 2012.