Pengujian Tingkat Reliabilitas Metode Weight Aggregated Sum Product Assessment Menggunakan Pearson Correlation

research
  • 06 Jan
  • 2024

Pengujian Tingkat Reliabilitas Metode Weight Aggregated Sum Product Assessment Menggunakan Pearson Correlation

Kegiatan penilaian terhadap guru merupakan kegiatan yang umum di lakukan. Penilian guru teladan
merupakan salah satu kegiatan yang diadakan setiap tahun di sekolah khususnya di SMP PGRI Babelan.
Pemilihan guru teladan yang dilakukan oleh SMP PGRI Babelan haruslah seminimal mungkin terbebas dari halhal
yang
dapat
merusak
hasil
seperti
melakukan
penilaian
secara
subjectif
untuk
itu
penulis
melakukan
penelitian

dengan
menggunakan
salah
satu
metode
multi
attribute
decision
making
yaitu
metode
WASPAS.
Kriteria
yang

digunakan

dalam pemilihan guru teladan di SMP PGRI Babelan antara lain Etika, Metodik dan Didaktik,
Tanggung Jawab, Kredibilitas, KetidakHadiran dengan tahapan dari metode WASPAS sendiri terdiri dari
tahapan normalisasi matriks, pencarian nilai Qi
(1)
yaitu nilai Weighted Sum Model (WSM), pencarian nilai Qi
(2)

yaitu nilai Weighted Product Model (WPM) dan tahapan metode WASPAS itu sendiri sehingga didapat bahwa
alternatif ke-6 merupakan guru yang paling direkomendasikan oleh metode WASPAS dengan nilai 0.9860
disusul dengan alternatif ke-1 dengan perolehan nilai 0.8907 dan diujikan kembali tingkat reliabilitasnya dengan
menggunakan Pearson Correlation.

Unduhan

  • 2021 Genap.pdf

    Pengujian Tingkat Reliabilitas Metode Weight Aggregated Sum Product Assessment Menggunakan Pearson Correlation

    •   diunduh 131x | Ukuran 225 KB

 

REFERENSI

Chandra, K. A., & Hansun, S. (2019). Sistem
Rekomendasi Pemilihan Laptop Dengan
Metode Waspas. Jurnal Ecotipe (Electronic,
Control, Telecommunication, Information, and
Power Engineering), 6(2), 76–81.
https://doi.org/10.33019/ecotipe.v6i2.1019
Haryanti, T., Kurniawati, L., & Riyadi, S. (2019).
Sistem Pendukung Keputusan Penentuan
Rumah Tangga Miskin Pada Desa Cibangkong
Dengan Metode Waspas. Jurnal Riset
Informatika, 1(4), 197–204.
https://doi.org/10.34288/jri.v1i4.103
Hasyim, M. A. N., Cahyani, I. Y., & Rosdiana, U. R.
dan S. (2019). KEPUASAN DAN KUALITAS
PENGGUNAAN SIAKADEMIK UNTUK
MEMBERIKAN MANFAAT DALAM
PEMBELAJARAN. 23(3), 2019.
cholar.google.es/scholar?hl=es&as_sdt=0%2C
5&q=Funcionalidad+Familiar+en+Alumnos+d
e+1°+y+2°+grado+de+secundaria+de+la+insti
tución+educativa+parroquial+“Pequeña+Belén
”+en+la+comunidad+de+Peralvillo%2C+ubic
ada+en+el+distrito+de+Chancay++periodo+2018&btnG=

LUBIS, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan
4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum,
Dan Bisnis, 4(2), 0–5.
https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Lukita, C., Nas, C., & Ilham, W. (2020). Analisis
Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas
Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata
Pelajaran Dengan Menggunakan Metode
Perbandingan WASPAS dan MOORA. Jurnal
Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi,
5(3), 130–137.
https://teknosi.fti.unand.ac.id/index.php/teknos
i/article/view/1326/pdf
Murtina, H. (2018). Sistem Informasi Pengelolahan
Data Persediaan Obat Menggunakan Metode
Waterfall. 3(1), 1–10.
Murtina, H. (2020). Weight Aggregated Sum
Product Assesment dalam Penentuan Siswa

Terbaik. 4(2), 113–122.
Murtina, H., & Mailasari, M. (2017). Pengukuran
Tingkat Reliabilitas Metode Simple Additive
Weighting Menggunakan Metode Pearson
Correlation. INFORMATION SYSTEM FOR
EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 2(1),
21–30. http://ejournalbinainsani.ac.id/index.php/ISBI/article/view/6
11

Suhara, A. M., Firmansyah, D., & Permana, I.
(2020). Abdimas Siliwangi Abdimas
Siliwangi. PELATIHAN PEMBELAJARAN ELEARNINGSOCRATIVEPADA

GURU
BAHASAINDONESIA KABUPATEN
SUBANG, 03(01), 49–59.

Zavadskas, E. K., Kalibatas, D., & Kalibatiene, D.
(2016). A multi-attribute assessment using
WASPAS for choosing an optimal indoor
environment. Archives of Civil and
Mechanical Engineering, 16(1), 76–85.
https://doi.org/10.1016/j.acme.2015.10.002
Zavadskas, E. K., Turskis, Z., Antucheviciene, J., &
Zakarevicius, A. (2012). Optimization of
weighted aggregated sum product assessment.
Elektronika Ir Elektrotechnika, 122(6), 3–6.
https://doi.org/10.5755/j01.eee.122.6.1810