PT. Pollux Properti Indonesia merupakan pengembang proyek properti, termasuk pengembang,
investasi, perdagangan, dan jasa penyewaan properti. Sistem penagihan yang ada masih dilakukan
secara manual, yaitu dengan sms dan telepon secara manual. Hal ini membutuhkan sumber daya
yang banyak dan kurang efisien dalam waktu, disamping pembayaran tagihan masih menggunakan
satu fix virtual account sehingga kurang fleksibel bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran.
Pada penelitian ini, menghasilkan aplikasi berbasis web sistem informasi transaksi tagihan layanan
purna jual, dengan menggunakan framework laravel. Metode yang digunakan dalam
mengembangkan software adalah waterfall, dimana metode ini dimulai dari analisa kebutuhan,
desain sistem dan software, coding, testing, dan implementasi. Hasil dari penelitian ini ialah dengan
diimplementasikannya aplikasi sistem yang telah dibuat pada PT. Pollux Properti Indonesia,
sebagai sarana penagihan dan pembayaran yang berjalan secara otomatis, serta memudahkan
pengembang untuk menagih, pembayaran, serta melakukan pemeriksaan pembayaran yang masuk.
Serta memudahkan pelanggan dalam membayar tagihan dan memeriksa riwayat transaksi yang
telah dilakukan
JURNALTMJ
[1] Nuraeni, F., Agustin, Y. H., & Herman, D. (2017, November). PERANCANGAN
APLIKASI PENAGIHAN ANGSURAN KREDIT BERBASIS ANDROID PADA
PERUSAHAAN PEMBIAYAAN. In Seminar Nasional Informatika (SNIf) (Vol. 1,
No. 1, pp. 298-304).
[2] Susilawati, D., Rohman, R. S., Suhada, S., Susilawati, S., Prayudi, D., Marsusanti,
E., & Suherman, A. (2018). Sistem Informasi Pengingat Pembayaran Pinjaman
Berbasis Sms Gateway Pada Koperasi PKK Sejahtera. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
[3] Nugrahutama, L. D. Y., Sophia, E., & Wahyuningsih, D. (2019). SISTEM
MANAJEMEN DAN REMINDER OTOMATIS JADWAL PEMBAYARAN
TAGIHAN BERBASIS ANDROID PADA CV ARIYA DVC COMPUTER
MALANG. Teknologi Informasi: Teori, Konsep, dan Implementasi: Jurnal Ilmiah,
131-142.
[4] Rahardja, U., Aini, Q., & Thalia, M. B. (2018). Penerapan Menu Konfirmasi
Pembayaran Online Berbasis Yii pada Perguruan Tinggi. Creative Information
Technology Journal, 4(3), 174-185.
[5] Prasetyo, A. Z., Hanafi, M., & Agung, N. (2018). Perancangan Sms Gateway
sebagai Reminder Pembayaran Tagihan Layanan Internet di Muna Net Media.
Jurnal Komtika (Komputasi dan Informatika), 2(2), 71-75.
[6] Marlina, L., Marzal, J., & Mauladi, M. (2018). RANCANG BANGUN DAN
EVALUASI SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN ELEKTRONIK PADA
UNIVERSITAS JAMBI. JUSS (Jurnal Sains dan Sistem Informasi), 1(1), 5-12.
[7] S. Kendal, Object Oriented Programming using C#, 2nd ed. bookboon, 2018.
[8] S. Mulyani, SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT: ANALISIS DAN
PERANCANGAN, 2nd ed. Bandung: Abdi Sistematika, 2016.
[9] Osis, J., & Donins, U. (2017). Topological UML modeling: an improved approach
for domain modeling and software development. Elsevier.
[10] Mahdiana, D. (2016). Analisa dan rancangan sistem informasi pengadaan barang
dengan metodologi berorientasi obyek: studi kasus PT. Liga Indonesia. Telematika
MKOM, 3(2), 36-43.