Penerapan Data Mining Untuk memprediksi Penjualan Produk Makanan Kucing Pada Glora Catshop Menggunakan Algoritma Apriori

research
  • 24 Oct
  • 2023

Penerapan Data Mining Untuk memprediksi Penjualan Produk Makanan Kucing Pada Glora Catshop Menggunakan Algoritma Apriori

ABSTRAK

Mamilitina Zalukhu (11211594), Penerapan Data Mining Untuk memprediksi Penjualan Produk Makanan Kucing Pada Glora Catshop Menggunakan Algoritma Apriori

Pada penjualan produk makanan kucing yang mengalami peningkatan penjualan setiap harinya, produk yang dijual dengan bermacam merk, merk mempengaruhi masyarakat untuk membeli produk tersebut, untuk mengetahui merk dengan penjualan terbanyak diperlukan algoritma apriori untuk dapat mengetahuinya, dengan bantuan tools RapidMiner, maka produk dengan penjualan terbanyak dapat diketahui. Algoritma apriori termasuk jenis aturan asosiasi pada data mining. Salah satu tahap analisis pola asosiasi yang menarik perhatian banyak peneliti untuk menghasilkan algoritma yang
efisien adalah analisis pola frekuensi tinggi. Penting tidaknya suatu asosiasi dapat diketahui dengan support dan confidence. Support adalah probabilitas konsumen membeli beberapa produk secara bersamaan dari jumlah seluruh transaksi, sedangkan confidence adalah kuatnya hubungan antar item dalam aturan asosiasi yang terbentuk oleh metode asosiasi dalam data mining. Algoritma apriori dapat membantu untuk pengembangan strategi pemasaran.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] A. Damuri, U. Riyanto, H. Rusdianto, and M. Aminudin, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelayakan Penerima Bantuan Sembako,” J. Ris. Komput., vol. 8, no. 6, pp. 219–225, 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3655\

[2] M. Badaruddin, “Prediksi Persediaan Perlengkapan Hewan Peliharaan Pada Toko Poopy Cat Store Menggunakan Algoritma Apriori,” vol. 5, pp. 824–830, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i3.3063.

[3] S. Ependi and M. Akbar, “Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk dengan Algoritma Apriori,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 220–225, 2021.

[4] F. Rahmawati and N. Merlina, “Metode Data Mining Terhadap Data
Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori,” vol.d, no. 1, pp. 9–20, 2018.

[5] R. Takdirillah, “Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika,” vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2020, doi: 10.29408/edumatic.v4i1.2081.

[6] J. Teknologi, S. Informasi, and V. I. No, “INTEGRASI METODE NEIVE BAYES DAN SOFTWARE RAPIDMINER DALAM ANALISIS HASIL USAHA PERUSAHAAN DAGANG Rika Nofitri , Novica Irawati Sekolah Tinggi Manajemen Infromatika dan Komputer Royal

[7] I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 671, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1566.

[8] P. Studi, S. Informasi, F. Sains, and U. I. N. S. Riau, “ASOSIASI PADA DATA PEMINJAMAN BUKU DI PERPUSTAKAAN,” vol. 4, no. 1, pp. 77–80, 2018.

[9] A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan Data Mining using Apriori Algorithm for Product Recommendation for Customers,” vol. 7, no. July, pp. 103–108, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.

[10] “1,2,3 1,” vol. 10, pp. 2013–2016, 2017.