Penerapan Metode Kuantitatif Untuk Mengetahui Peningkatan Kepuasan Customer Pada E-Commerce Tokopedia PT Lerys Pet

research
  • 23 Oct
  • 2023

Penerapan Metode Kuantitatif Untuk Mengetahui Peningkatan Kepuasan Customer Pada E-Commerce Tokopedia PT Lerys Pet

ABSTRAK

Yuliana Trisna(11212651), Penerapan Metode Kuantitatif Untuk Mengetahui Peningkatan Kepuasan Customer Pada E-Commerce Tokopedia PT Lerys Pet.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan tokopedia PT Lerys Pet serta menganalisis kendala dan cara mengatasinya. Terutama berkaitan dengan permasalahan yang terjadi pada PT Lerys Pet yakni penilaian dan pendapat Customer yang sangat berpengaruh terhadap rating di E-Commerce Tokopedia PT Lerys Pet, adanya negative review ini dapat mencoreng nama baik toko dan kehilangan kepercayaan. Apabila hal ini terjadi, menunjukan ketidakpuasan Customer terhadap toko. Sehingga penjualan rendah menyebakan pendapatan kecil, rating di E-Commerce rendah sehingga mengurangi kepercayaan dan kepuasan Customer untuk berbelanja. Penelitian ini dilakukan dengan menguji 4 variabel diantaranya harga, kepercayaan, kualitas produk dan keputusan pembelian. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur dan penyebaran kuesioner. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa uji validitas nilai t hitung dari masing masing variabel lebih besar daripada t tabel(t hitung> t tabel) dengan demikian data tersebut dinyatakan valid dengan nilai validitas paling rendah 3,410 dan paling tinggi 4,765. Dan hasi uji reabilitas nilai Cronbach's Alpha 0,875 lebih besar dari 0,70 dengan jumlah item sebanyak 11. Karena Cronbach's Alpha 0,875>0,70 maka data tersebut dinyatakan reliabel.

Unduhan

 

REFERENSI

DAFTAR PUSTAKA

[1] A. Fauziah, D. W. pratito sri Nugroho, and E. S. Wardana, “Kepuasan Pelanggan Belanja Online,” Solusi, vol. 19, no. 2, pp. 80–91, 2021, doi: 10.26623/slsi.v19i2.3156.

[2] W. Srisadono, “Strategi Perusahaan E-Commerce Membangun Brand,” J. Pustaka Komunikasi, vol. 1, no. 1, pp. 167–179, 2018, [Online]. Available: https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/viewFile/552/279.

[3] F. I. dan L. S. Helling, “Analisis Pengaruh Kualitas Website,Kepercayaan,,Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia,” vol. 3, no. 3, pp. 2930–2937, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.stieww.ac.id/index.php/jrm/article/view/42/24.

[4] D. A. Aisyah and K. Falgenti, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Kinerja pada Proyek Apartemen Mega City Bekasi,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 3, pp. 343–352, 2017, doi: 10.25077/teknosi.v3i3.2017.343-352.

[5] M. Ichsan, H. M. Jumhur, M. Hum, and S. Dharmoputra, “Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia Di Wilayah Dki Jakarta Effect of Consumer Online Rating and Review To Buying,” e-Proceeding Manag., vol. 5, no. 2, pp. 1828–1835, 2018, [Online]. Available: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/6875/6774.

[6] K. Kasmi and A. N. Candra, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu,” J. Aktual, vol. 15, no. 2, p. 109, 2017, doi: 10.47232/aktual.v15i2.27.

[7] N. E. A. L. Esty, “Pengaruh Periklanan Terhadap Minat Beli Konsumen Tokopedia di Kota Palembang,” vol. 16, no. 2, pp. 118–126, 2020, [Online]. Available: http://117.74.115.107/index.php/jemasi/article/view/206/89.

[8] B. Y. Prashandyawan, A. A. Hetami, and A. Wahyuni, “Pengaruh E-Commerce Tokopedia.com Terhadap Minat Beli Pakaian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Mulawarman,” vol. 7, no. 4, pp. 267–279, 2019, [Online]. Available: chromeextension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://ejournal.ilkom.fisipunmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2019/11/JURNAL GANJIL267-279-skripsi_BryanYelandaPrashandyawan_1302055209_fisip_unmul_01_oktober_2019 (11-19-19-06-14-08).pdf.

[9] S. F. Wibowo et al., “Analisis pengaruh e-service quality dan perceived service value terhadap kepuasan pelanggan tokopedia,” vol. 10, no. 1, pp. 148–166, 2019, [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrmsi/article/view/11008/6887.

[10] F. R. Wilujeng, G. D. Rembulan, D. Andreas, and H. Tannady, “Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Dua Bisnis E-Commerce Terbesar di Indonesia dengan Menggunakan Analisis Servqual dan IPA,” Pros. Semin. Nas. Sains dan Teknol., pp. 1–9, 2019, [Online]. Available:https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/5217/3492.

[11] M. El Fikri, R. Ahmad, and R. Harahap, “Strategi Mengembangkan Kepuasan Pelanggan Online Shop Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Sabun Pyari),” J. Manaj. Tools, vol. 12, no. 1, pp. 87–105, 2020, doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

[12] R. Harahap, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Cepat Saji Kfc Cabang Asia Mega Mas Medan,” Manaj. Tools, vol. 7, no. 1, pp. 77–84, 2017, [Online]. Available: https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/178/160.

[13] R. Al Hakim, I. Mustika, and W. Yuliani, “Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi,” E- J. Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 263–268, 2021, [Online]. Available: https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/7249/2495.

[14] Arif, Sukuryadi, and Fatimaturrahmi, “Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar Di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Smp Negeri 1 Praya Barat,” J. Ilmu Sos. Dan Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 108–116, 2017.

[15] S. Manik, “Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Kantor Camat Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu,” vol. 1, pp. 257–264, 2017, [Online]. Available: https://doi.org/10.23887/ijssb.v1i4.12526.

[16] S. Rahmatullah, D. S. Purnia, and R. Triasmoro, “Analisis Kualitas Website Sekolah North Jakarta Intercultural School dengan Metode Webqual 4 . 0,” vol. 19, no. 2, 2019.

[17] I. N. & S. Hartati, Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia, 2019.

[18] M. R. & R. Fijra, Metodologi Penelitian, Pertama. Yogyakarta: Deepublish, 2021.

[19] L. Hakim, “Analisis Tingkat Kepuasan Pennguna Terhadap Website STKIP PGRI Lubuklinggau Menggunakan Metode Pieces,” vol. ix, 2018, [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=L.+Hakim%2C+“Analisis+Tingkat+Kepuasan+Pengguna+Terhadap+Website+Stkip+Pgri+Lubuklinggau+Menggunakan+Metode+Pieces&Btng=.

[20] N. Made, B. Aditya, J. Nashar, and U. Jaya, “Penerapan Metode PIECES Framework Pada Tingkat Kepuasan Sistem Informasi Layanan Aplikasi Myindihome,” vol. 3, pp. 325–332, 2022, doi: 10.30865/json.v3i3.3964.

[21] W. S. Fatmala, Suprapto, and A. Rachmadi, “Analisis kualitas layanan website-commerce berrybenka terhadap kepuasan pengunjung menggunakan metode webqual 4.0 dan importance performance analysis (ipa),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 175–183, 2018.

[22] A. Faza and A. P. Utomo, “Analisa Kualitas Layanan Website PT. Masusskita United Menggunakan Metode Webqual,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, p. 88, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i2.1155.

[23] A. K. Nugroho and P. K. Sari, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Tokopedia Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4 . 0 the Effect Analysis of Tokopedia Website Quality Towards User Satisfaction Using Webqual 4 . 0 Method,” e-Proceeding Manag., vol. 3, no. 3, pp. 2930–2937, 2016.

[24] W. Warjiyono and C. M. Hellyana, “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 139, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201852666.

[25] Abdul Gofur, “1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, vol. 4, no. 1, pp. 37–44, 2019, [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=Abdul+Gofur%2C+“1.+Pengaruh+Kualitas+Pelayanan+Dan+Harga+Terhadap%2C”+J.+Ris.+Manaj.+dan+Bisnis+Fak.+Ekon&btnG=.

[26] D. Supar and I. Suasana, “Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan,” E-Jurnal Manaj. Univ. Udayana, vol. 6, no. 3, p. 243024, 2017, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/download/28196/17930.

[27] F. Ulum and R. Muchtar, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Customer Satisfaction Website Start-Up Kaosyay,” J. Tekno Kompak, vol. 12, no. 2, p. 68, 2018, doi: 10.33365/jtk.v12i2.156.

[28] D. Nana and H. Elin, “Memilih Metode Penelitian Yang Tepat: Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen,” J. Ilmu Manaj., vol. 5, no. 1, p. 288, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ekonologi/article/view/1359/1118.

[29] U. Silalahi, Metodologi Analisis Data dan Interpretasi Hasil Untuk Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT Refika Aditama, 2018.

[30] V. A. Wijaya and R. Oktavianti, “Pengaruh Brand Image E-Commerce Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Pada Pelanggan Tokopedia),” Prologia, vol. 2, no. 2, p. 531, 2019, doi: 10.24912/pr.v2i2.3740.

[31] S. Rahayu, “Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E-Commerce Tokopedia,” Mbia, vol. 20, no. 1, pp. 40–50, 2021, doi: 10.33557/mbia.v20i1.1271.

[32] M. Robby, R. Al, and M. Pradana, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Pada E-Commerce Elevenia Website Quality Analysis Using Webqual Method on Elevenia E-Commerce,” vol. 8, no. 5, pp. 5627–5634, 2021.