Agung Setiawan (11212139),: “Analisis Kualitas Layanan Website Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Ipa)”.
Perkembangan digital untuk mendukung dan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat umum maupun pihak terkait lainnya. Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta berusaha untuk memberikan pelayanan yang maksimal maka semua pelayanan bisa di akses melalui website (https://www.pta-jakarta,go.id/) Untuk Kebutuhan atau pelayanan kepada para pihak maupun internal di Lingkungan Pengadilan Di Wilayah Jakarta. Dengan adanya kemudahan dalam mengakses informasi melalui website, dapat memenuhi kebutuhan para pencari informasi secara lengkap dan dapat diakses dimana saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui lebih lanjut sudah atau belum website tersebut dalam memenuhi kebutuhan dan harapan para penggunanya maka peneliti menggunakan metode Importance Performance Analysis (Ipa) untuk memahami kebutuhan, keinginan dan kepuasan penggunanya. untuk menampilkan informasi berkaitan dengan pelayanan yang menurut pengguna sangat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas. Tingkat kesesuaian dari tiap variabel melalui perbandingan antara performance dan importance dari 21 pertanyaan yang diberikan kepada responden. Adapun Hasil dari presentase tingkat kesesuaian yang didapat ialah, semua indikator pertanyaan sudah memenuhi harapan pengguna sehingga website Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta dapat diterima oleh pengguna. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai tingkat kesesuaian yang nilainya diatas 100 %. Untuk Hasil Analisis Kuadran Dalam Importance Performance Analysis nilai rata-rata dari setiap indikator importance dan performance, Pada bagian Prioritas utama didapat nilai rata-rata
importace (tingkat kepentingan) 4,68 dan performance (tingkat kepuasan) 4,27 dengan kata lain pengguna website merasa informasi yang ditampilkan belum tepat waktu sehingga atribut dari pertanyaan ini kurang baik. Maka rekomendasi yang diberikan untuk kualitas layanan adalah Data-data atau informasi yang disajikan didalam website seharusnya diperbaharui secara berkala sehingga data yang ditampilkan up to date.
11212139_Agung Setiawan
[1] Nurudin, Hubungan Media : Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
[2] N. P. L. Santiari and I. G. S. Rahayuda, "Pengukuran Kualitas Sistem Informasi Website Alumni Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA)," vol. X, 2018.
[3] F. Sudiyono, "Pengaruh Website Quality terhadap Perceived Trust dan Dampaknya pada Repurchase Intention pada Website Matahari Mall," https://journal.untar.ac.id/, vol. 1, 2017, [Online]. Available: https://journal.untar.ac.id/index.php/jmbk/article/view/4746
[4] D. Napitupulu, "Analysis of Factors Affecting Website Quality Based on Webqual Approach (Study Case: XYZ University)," Adv. Sci. Eng. Inf. Technol., 2017.
[5] Komaruddin, Ensilopedia Manajemen, 5th ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
[6] Syafnidawaty, "ANALISIS," https://raharja.ac.id/, 2020. https://raharja.ac.id/2020/ll/14/analisis
[7] H. Abdi, "Pengertian Analisis Menurut Para Ahli, Kenali Fungsi, Tujuan, dan Jenisnya," https://hot.liputan6.com/, 2021. https://hot.liputan6.com/read/4569178/pengertian-analisis-menurut-para-ahlikenali-fungsi-tujuan-dan-jenisnya
[8] S. Syofian, Metode Penelitian Kuantitatif Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.
[9] Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2017.
[10] S. Basri, "Analisis Kuadran Harapan dan Persepsi Publik," 2011.
https://www.setabasri.com/2011/04/analisis-deskriptif-dengan-importance.html
[11] J. A. Martilia and J. C. James, "Importance-Performance Analysis," J. Mark., 1977.
[12] Algifari, Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan Pelanggan, Metode Importance-performance Analysis (IPA), Edisi PErt. Yogyakarta: BPFE, 2016.
[13] W. S. Fatmala, Suprapto, and A. Rachmadi, "Analisis Kualitas Layanan Website ECommerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)," J. Pengemb. Teknol. Inf. dan llmu Komput., vol. 2, pp. 175-183, 2018, [Online], Available: http://jptiik.ub.ac.id
[14] A. H. Sulaiman, H. Aryadita, and A. Pinandito, "Evaluasi Kualitas Layanan Website Pemerintah Kota Batu dengan Metode E-Govqual dan Importance Performance Analysis (IPA)," J. Pengemb. Teknok Inf. dan Umu Komput., vol. 2, pp. 493-502, 2018.
[15] A. Suharmini, Prosedure Penelitian. Jakarta: Rineka Clpta, 2002.
[16] Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif. Bandung, 2010.
[17] I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro, 2018.