Muhammad Adi Riyanto (11213146), Perancangan UI/UX Aplikasi Pemeliharaan dan Perawatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dengan Metode Design Thinking di PT Diagnos Laboratorium Utama, Tbk.
Pemeliharaan dan perawatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di PT Diagnos Laboratorium Utama, Tbk mengalami beberapa permasalahan terkait pemantauan pemeliharaan dan perawatan APAR yang prosesnya masih dilakukan secara manual, sehingga pemantauan terhadap APAR secara manual tersebut tidak efektif karena prosesnya cenderung membutuhkan waktu yang lama dan pemantauan yang sering terlewat sehingga menyebabkan APAR tersebut tidak terkendali dengan baik. Setelah penulis melihat permasalahan yang ada, penulis memiliki ide atau gagasan dengan membuat Perancangan UI/UX Aplikasi Pemeliharaan dan Perawatan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Tujuan dari ide perancangan aplikasi UI/UX ini dibuat agar memudahkan User dalam pengelolaan terhadap pemantauan APAR yang dapat memindai APAR yang ada dilapangan dan dapat menampilkan data APAR secara keseluruhan dengan lengkap, memudahkan user mengetahui cara penggunaan dan pemeliharaan APAR serta menciptakan keefektifan dan efisiensi dalam bekerja. Pada skripsi ini, penulis mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan membuat gagasan atau ide dengan cara Perancangan UI/UX Aplikasi Pemeliharaan dan perawatan APAR dengan menggunakan Figma melalui metode Design Thinking. Terkait dengan hasil yang dicapai penulis menggunakan Maze yang terintegrasi dengan figma untuk melakukan demo perancangan aplikasi UI/UX serta penilaian melalui kuesioner, untuk hasil yang dari tingkat kesulitan setelah demo aplikasi dan kuesioner di sebar adalah sebesar 4,3/5,0, dengan hasil yang di dapat tersebut aplikasi ini dapat dikatakan layak untuk digunakan oleh user hanya saja perlunya sosialiasi lebih lanjut jika nantinya aplikasi ini akan di rilis.
11213146_Muhammad Adi Riyanto
[1] M. Etwin Fibrianie Soeprapto., M. Dwi Cahyadi., and ST. , M. S. Ditha Nizaora., Pengantara Budaya K3. CV. Literasi Nusantara Abadi, 2021.
[2] S. M. A. Dwitya P, M. N. Fauzan, and S. F. Pane, Tutorial Pembuatan Prototype Pendeteksi Kebakaran (FiDo) Berbasis IoT dengan Metode Naive Bayes, vol. 978-623-7898-98–6. Kreatif Industri Nusantara, 2020.
[3] E. Yaodah Kodratillah, N. Nurhidayanti, and A. Fitrotun Nisa, “APLIKASI PENGECEKAN ALAT PEMADAM API RINGAN (APAR) BERBASIS ANDROID PADA PT. XYZ DI BEKASI,” Vol. 13 No. 3 September 2022, pp. 2407–3903, 2022.
[4] U. Utan Sufandi, D. Trihapningsari, W. Mellysa, and P. Layanan Bahan Ajar, “Peluang Penelitian UI/UX pada Pengembangan Aplikasi Mobile: Systematic literature review UI/UX Research Opportunities in Mobile Application Development: Systematic Literature Review,” 2022.
[5] H. Himawan and M. Yanu F, Interface User Experience. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur , Yogyakarta, 55283 Telp. (0274) 486188,486733, Fax. (0274) 486400, 2020.
[6] M. Agus Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” 2020 [Online]. Available: https://my.cic.ac.id/.
[7] Staiano Fabio, Designing and Prototyping Interfaces with Figma. Manglurkar Kaustubh, 2022.
[8] K. Angelina, E. Sutomo, and V. Nurcahyawati, “10. Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking 70-78,” Vol. 9 No. 1 (2022) 70 - 78, pp. 2443–3640, 2022, doi: 10.38204/tematik.v9i1.915.
[9] D. Benyon, Designing User Experience: A guide to HCI, UX and interaction design, 4th ed. Pearson; 4th edition (January 9, 2019), 2019.
[10] A. N. Dharmayanty, “Review Maze.design- Tools Usability Testing Online,” 2019. https://medium.com/gizalab/review-maze-design-tools-usability-testing-online-bdbcdecd126a (accessed Jan. 09, 2023).
[11] D. A. Rusanty, H. Tolle, and L. Fanani, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
[12] N. Aulia, S. Andryana, and A. Gunaryati, “User Experience Design Of Mobile Charity Application Using Design Thinking Method,” SISFOTENIKA, vol. 11, no. 1, p. 26, Dec. 2020, doi: 10.30700/jst.v11i1.1066.
[13] A. Ar Razi et al., “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA
MODEL PERANCANGAN UI/UX APLIKASI PENANGANAN LAPORAN KEHILANGAN DAN TEMUAN BARANG TERCECER,” Jurnal Desain Komunikasi Visual, vol. 03, no. 02, 2018, [Online]. Available: http://bit.do/demandia
[14] M. A. Dr. W. Darmalaksana, “Metode Design Thinking Hadis Pembelajaran, Riset & Partisipasi Masyarakat,” 2020.
[15] I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, vol. 2, no. 1, pp. 4555, Jun. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.
[16] P. D. Studi et al., “Proceeding 2 nd Conference on Safety Engineering and Its Application PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INSPEKSI APAR BERBASIS ANDROID SERTA ANALISA DENGAN METODE BCA,” 2018.
[17] F. Fariyanto and F. Ulum, “PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI