Penelitian ini dilatar-belakangi sejauh mana website Bank Negara Indonesia
(BNI) dapat diterima oleh para pengguna internet non-nasabah, maka perlu
diadakannya suatu penilaian untuk mengukur website yang tersedia apakah diterima
dengan baik atau tidak, sehingga kualitas website berdasarkan persepsi pengguna
merupakan hal yang penting untuk diketahui dan dijadikan umpan balik terhadap
pihak penyedia. Serta dapat mengoptimalkan fitur maupun menu yang terdapat
didalamnya agar dapat mengakomodir kebutuhan pengguna yang berkaitan dengan
dunia perbankan. Penulis menggunakan metode WebQual 4.0 yaitu dimensi kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), kualitas interaksi
(interaction quality), dan overall impression (kepuasan pengguna). Hasilnya, 71.5% kepuasan pengguna didukung oleh ketiga faktor tersebut dan hipotesis dalam
penelitian ini diterima yang ditunjukkan oleh teknik korelasi dan regresi linear
berganda.
Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Website, Webqual 4.0
Elangovan, N. 2013. Evaluating Perceived Quality of B-School Websites, IOSR
Journal of Business and Management e-ISSN: 2278-487X, p-ISSN: 2319-
7668. Volume 12, Issue 1.
Fristanto, Hendria Tony. 2014. Pembuatan Website Promosi Dan Pemesanan
Produk Pada Home Industri Agro Santoso Jamur Punung Pacitan,
Indonesian Journal on Networking and Security Volume 3 No.3.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasanov, Jasur dan Haliyana Khalid. 2015. The Impact of Website Quality on
Online Purchase Intention of Organic Food in Malaysia: A WebQual
Model Approach, Procedia Computer Science 72 : 382 – 389.
Hidayat, Rahmat. 2010. Cara Praktis Membangun Website Gratis. Jakarta : PT
Elex Media Komputindo.
Ilias, Azleen., Rahida Abdul Rahman, dan Mohd Zulkeflee Abd Razak. 2013.
How Satisfied Are Users with Financial Information Websites?,
Proceedings of the 2nd Applied International Business Conference.
Medyawati, Henny dan Ahsin Mabruri. 2012. Website Quality: Case Study on
Local Government Bank and State Own Bank in Bekasi City, Procedia -
Social and Behavioral Sciences 65 : 1086 – 1091.
Nada, Noora Qotrun dan Setyoningsih Wibowo. 2015. Pengukuran Kualitas
Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0,
Jurnal Informatika UPGRIS Volume 1 Nomor 2.
Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Penerbit Ghalia Indonesia.
Putra, Zahreza Fajar Setiara, Mohammad Sholeh, dan Naniek Widyastuti. 2014.
Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode
Webqual 4.0, Jurnal JARKOM Vol. 1 No. 2.
Putri, Nia Septiana. 2014. Komunikasi Organisasi dalam Mensosialisasikan
Budaya Organisasi Prinsip 46 PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
Kantor Cabang Utama Samarinda, eJournal Ilmu Komunikasi Volume 2
Nomor 2 : 385-399.
Supranto, J. 2001. Statistik: Teori dan Aplikasi Edisi Keenam. Jakarta : Penerbit
Erlangga.