Saat ini karyawan PT MCF menggunakan sistem informasi dalam melakukan pekerjaannya, hal ini dilakukan karena sistem yang terkomputerisasi memberikan kemudahan dalam pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan. Oleh karena itu, dilakukan analisis pengaruh kualitas kinerja sistem informasi terhadap karyawan PT MCF Jakarta Timur menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). End user computing merupakan suatu ruang lingkup yang memungkinkan pengguna secara langsung dapat menyelesaikan sendiri persoalan terhadap kebutuhan informasi. Model EUCS menekankan kepuasan (satisfaction) pengguna akhir terhadap aspek teknologi, dengan menilai content (isi), accuracy (keakuratan), format (bentuk), timeliness (waktu), dan ease of use (kemudahan penggunaan) dari sebuah sistem. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasaan pengguna sistem informasi PT MCF dan menganalisis tingkat kepuasan pengguna sistem informasi PT MCF. Berdasarkan analisa yang dilakukan, terdapat lima faktor yang mempengaruhi kepuasaan pengguna sistem informasi PT MCF, yaitu content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Hasil perhitungan rata-rata tingkat kepuasan pengguna pada variabel content didapatkan hasil 4,39 dengan kategori sangat puas, variabel accuracy didapatkan hasil 4,50 dengan kategori sangat puas, variabel format didapatkan hasil 4,41 dengan kategori sangat puas, variabel easy of use didapatkan hasil 4,35 dengan kategori sangat puas, dan variabel timeliness didapatkan hasil 4,44 dengan kategori sangat puas.
11207067 - NIKODEMUS GILAR NUARTOMO
1. Krisdiantoro, Y., I. Subekti, and Y.W.J.J.A.A. Prihatiningtias, Pengaruh kualitas sistem dan kualitas informasi terhadap manfaat bersih dengan intensitas penggunaan sebagai variabel mediasi. 2018. 5(2): p. 149-167.
2. Mubaraq, M.R. and H.J.E.-J.A. Trihatmoko, Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi dan Perceived Usefulness terhadap Kepuasan End User Software Akuntansi. 2020. 30(10): p. 2566-2577.
3. Apsari, I.A.P. and I.B.P.J.E.-J.A.U.U. Astika, Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Informasi, dan Perceived Usefulness pada Kepuasan Pengguna SIMDA. 2020. 30(3): p. 611-623.
4. Sari, N. and I.J.E.-J.A. Putra, Pengaruh Efektivitas Penggunaan, Kepercayaan dan Kualitas Sistem Informasi Akuntansi pada Kinerja Karyawan. 2019. 370(10.24843).
5. Hutahaean, J.J.B.U., Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta: CV. 2014.
6. Saputra, A. and D.J.V. Kurniadi, Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. 2019. 7(3): p. 58-66.
7. Kristanto, A., Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. 2018.
8. Anggraeni, E.Y., et al., Pengantar Sistem Informasi. 2017: Penerbit Andi.
9. Trimahardhika, R. and E.J.J.I. Sutinah, Penggunaan Metode Rapid Application Development Dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. 2017. 4(2).
10. Ginting, G., et al., Sistem Informasi. 2022: Yayasan Kita Menulis
11. Rukun, K. and B.H. Hayadi, Sistem Informasi Berbasis Expert System. 2018: Deepublish.
12. Prandhana, A.R., N. Nurhayati, and E.J.P.A. Haimatusadiah, Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Informasi, Kualitas Sistem terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna. 2016: p. 926-933.
13. Amalia, S.M. and D.J.e.o.M. Pratomo, Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi (Studi Pada Pengguna Sistem Informasi Akuntansi Di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung). 2016. 3(2).
14. Dr. H. Awan Setiawan, S.K.M.T., D. Prof. Dr. Ir. H. Iman Sudirman, and D. Dr. Ir. H. M. Nurman Helmi, Strategi Efektivitas Implementasi Sistem Informasi Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Informasi Di Perguruan Tinggi. 2022: Cipta Media Nusantara.
15. Simarmata, J., et al., Pengantar Manajemen Sistem Informasi. 2020: Yayasan Kita Menulis.
16. Rukmiyati, N.M.S. and I.K.J.E.-J.E.d.B.U.U. Budiartha, Pengaruh kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan perceived usefulness pada kepuasan pengguna akhir software akuntansi (studi empiris pada hotel berbintang di provinsi bali). 2016. 5(1): p. 115-142.
17. Wattimena, N. and A.D.J.S. Manuputty, Evaluasi Kualitas Informasi Pada Sistem Informasi Naskah Kuno Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga. 2021. 25(1): p. 74-81.
18. Sululing, S., et al., Penerimaan Penggunaan E-KKN SISIRU Dengan Pendekatan Model Penerimaan Teknologi di Universitas Muhammadiyah
Luwuk. 2022. 2(1): p. 73-88.
19. Yazid, M.A., S.H. Wijoyo, and R.I.J.J.P.T.I.d.I.K.e.-I. Rokhmawati, Evaluasi Kualitas Aplikasi Ruangguru Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode EUCS (End-User Computing Satisfaction) dan IPA (Importance Performance Analysis). 2019. 2548: p. 964X.
20. Rahmawati, D. and T. Hidayat, Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Akademik (SINA) Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang Berdasarkan Instrumen End User Computing Satisfaction (EUCS). 2021.
21. Damayanti, A.S., Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction). 2018, Universitas Brawijaya.
22. Fitriansyah, A. and I.J.Q.J.o.I.S. Harris, Pengukuran kepuasan pengguna situs web dengan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). 2018. 2(1).
23. Sugandi, M.A. and R.N.J.S.J.S.I. Halim, Analisis End-User Computing Satisfaction (EUCS) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma. 2020. 9(1): p. 143-154.
24. Ulinuha, G. and I.J.J.K.I.S.D.P. Novitaningtyas, Analisis kepuasan mahasiswa terhadap sistem pembelajaran daring berdasarkan end user computing satisfaction. 2021. 2(1): p. 1.
25. Rachmawati, N.L. and D.J.J.o.I.S.M. Krisbiantoro, Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction: Studi Kasus: Universitas Amikom Purwokerto. 2021. 3(1): p. 1-7.
26. Darwati, L. and F.J.J.I.J.S.I. Fitriyani, Teknologi Informasi dan Komputer, Analisis pengukuran tingkat kepuasan pengguna aplikasi OVO menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). 2022. 12(2).
27. M Noer Saputra, M., Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen PT. Mega Central Finance (MCF) Cabang Jambi. 2022, Universitas Batanghari.
28. Pranita, M.J., D.H. Zulfikar, and C.E.J.J. Gunawan, Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Keagenan PERISAI Menggunakan End User Computing Satisfaction (Studi Kasus: BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palembang). 2019. 5(2): p. 91-104.
29. SAPUTRA, A. and E. Yulianingsih. Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Hallo Palembang Dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. in Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS). 2020.
30. Setyoningrum, N.R.J.J.o.A.I. and Computing, Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). 2020. 4(1): p. 17-21.
31. Evitria, D., J.N. Utamajaya, and A.J.J. Hermawansyah, Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Layanan GOFOOD Menggunakan Metode PIECES Framework. 2022. 9(3): p. 522-527.