Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan gaya design thinking dalam desain yang dapat diterapkan secara bertahap dan mudah dipahami, sehingga karya visual dapat diimplementasikan secara akurat dalam media apa pun. Dengan memahami metode design thinking, desainer akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang karakteristik dan proses penciptaan, sehingga penciptaan karya memiliki kualitas, inovasi, dan objektivitas yang lebih tinggi serta dapat diterima oleh khalayak banyak. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah tampilan aplikasi membaca pada smartphone berbasis Android yang menyajikan dalam bentuk teks, gambar, dan elemen suara. Dalam aplikasi ini, juga terdapat novel, puisi, beserta berita terbaru yang di-update setiap harinya. Penelitian ini membahas tentang analisis masalah, analisis kebutuhan sistem, analisis data manual, dan perancangan sistem pendukung keputusan menggunakan metode design thinking untuk perancangan UI / UX pada aplikasi KuyBaca. Setelah dilakukan proses perancangan dan pengujian terhadap responden, didapatkan bahwa perancangan aplikasi memudahkan pengguna dalam melakukan aktivitas di dalam aplikasi. Keefektifan UI / UX pada aplikasi KuyBaca dapat dibuktikan dari hasil pengujian terhadap desain. Pengguna dapat memahami alur aplikasi dan dapat menjalankan tugasnya.
11180300 - RAGIL TEGAR IMANDA
[1] E. Harianto, “‘Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa,’” J. Didakt., vol. 9, no. 1, pp. 1–8, 2020, [Online]. Available: https://jurnaldidaktika.org/
[2] Asep Awaludin, “Perpustakaan Digital : Solusi Membaca di Masa Pandemi,” https://dpk.bantenprov.go.id, 2020. https://dpk.bantenprov.go.id/Layanan/topic/289
[3] N. R. Melya Nur Yati, “Aplikasi Belajar Mengaji Berbasis Android,” J. Manaj. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 89–97, 2018.
[4] Y. Yulius and E. Pratama, “Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual,” Besaung J. Seni Desain dan Budaya, vol. 6, no. 2, pp. 111–116, 2021, doi: 10.36982/jsdb.v6i2.1720.
[5] A. Haryanta, A. Rochman, and A. Setyaningsih, “Perancangan Sistem Informasi Perencanaan dan Pengendalian Bahan Baku Pada PT. Hema Medhajaya,” J. Sisfotek Glob., vol. 7, no. 1, pp. 87–95, 2017.
[6] T. Geology, “川南 — 黔北地区下志留统龙马溪组沉积相 展布 及 演 化 1 , 23,” vol. 9, no. 2, 2021.
[7] R. D. P. Permatasari and Afrina, “Sistem Informasi Geografis Lokasi Pemetaan Masjid Berbasis Android Kota Lubuklinggau,” LIS Liga Ilmu Serantau, pp. 42–50, 2018.
[8] B. Kurniawan and M. Romzi, “Perancangan Uiux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Sist. Inf. Mahakarya, vol. 05, no. 1, pp. 1–7, 2022.
[9] M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” J. Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
[10] V. Alvina and Ekrut.com, “Figma Adalah: 4 Fitur, Fungsi, Cara Kerjanya, serta Bedanya dengan UI/UX Lainnya,” www.ekrut.com, 2022. https://www.ekrut.com/media/figma-adalah (accessed Nov. 05, 2022).
[11] P. Ladita, “Analisis penerapan aplikasi android tokocrypto menggunakan pendekatan design thinking dibantu dengan platform design toolkit v.2,” J. Teknol., 2020.
[12] W. Darmalaksana and M. Ag, Metode design thinking hadis . 2020. [Online]. Available: http://digilib.uinsgd.ac.id/34057/1/Full-DESIGN THINKING HADIS 04102020.pdf
[13] F. C. Wardana, I. G. Lanang, and P. Eka, “Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile,” J. Emerg. Inf. Syst. Bus. Intell., vol. 03, no. 04, pp. 1–12, 2022.
[14] A. R. Ridwansyah, C. Dinata, N. Savitri, N. Rahmawati, N. Herdiana, and A. Rahman, “Perancangan UI / UX Pada Aplikasi Bapakkost Idemopet dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” MDP Student Conf. 2022, vol. 1, no. 1, pp. 504–511, 2022.
[15] U. I. Ux, P. Fitur, R. Helpdesk, and T. Sistem, “INTI NUSA MANDIRI PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA MODEL PERANCANGAN,” vol. 17, no. 1, pp. 24–31, 2022.