PENERAPAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MENENTUKAN PEMBAYARAN INSENTIF STAFF MARKETING & SALES PADA PT. BANK DANAMON SIMPAN PINJAM CABANG TUGU DEPOK

research
  • 09 Jul
  • 2018

PENERAPAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM MENENTUKAN PEMBAYARAN INSENTIF STAFF MARKETING & SALES PADA PT. BANK DANAMON SIMPAN PINJAM CABANG TUGU DEPOK

ABSTRAK

 

Eko Nuryudani Wijaya (11161467), Penerapan Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Menentukan Pembayaran Insentif Staff Marketing & Sales Pada PT. Bank Danamon Simpan Pinjam Cabang Tugu Depok.

 

Pemberian reward atau insentif kepada staff marketing & sales merupakan salah satu cara efektif dan ekonomis dalam rangka meningkatkan kualitas lingkungan kerja di dalam perusahaan. Pada saat ini PT. Bank Danamon Simpan Pinjam Cabang Tugu Depok menggunakan sistem berupa memorandum dalam pembayaran insentif kepada staff marketing & sales. Sistem yang berjalan saat ini (existing) masih berfokus hanya pada aspek kuantitatif, yaitu pengukuran dalam penilaian hanya terangkum dalam volume angka, dan diperlukan sebuah aspek kualitatif yang dapat memberikan pengukuran yang mencerminkan penilaian non-teknis sebagai pembanding dalam penyesuaian pembayaran insentif dengan penerapan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sebagai pendukung keputusan level manejerial dalam menentukan pembayaran insentif. Maka, disusunlah beberapa kriteria pengukuran dalam AHP, yaitu presensi, pemenuhan target, kualitas kerja, tanggung jawab, kejujuran, kedisiplinan, wawasan, inovasi, komunikasi, dan kerjasama yang dibantu dengan perangkat software Expert Choice version 11 dan Microsoft Excel version 2016. Dari penelitian ini, akan didapatkan sebuah penerapan perhitungan pembanding kedua aspek tersebut berupa rumus penyesuaian yaitu Nilai Penyesuaian = IF(Bobot Nilai Priority >= 0,17; Insentif Memorandum + (0,5*Nilai Matrikulasi) ; Insentif Memorandum – (0,5*Nilai Matrikulasi). Dari perhitungan rumus tersebut, akan didapatkan sebuah Hasil Nilai Penyesuaian yang dapat menunjukkan bahwa semakin tinggi penilaian yang diberikan, maka berbanding lurus dengan semakin besarnya pembayaran insentif terhadap staff marketing & sales.

 

Kata Kunci:   Pembayaran Insentif, Kuantitatif, Kualitatif, Analytical Hierarchy Process (AHP), Kriteria

Unduhan

 

REFERENSI

Semarang: J@TI Undip Vol. 9, No. 3 September 2014: 181. Diambil dari: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jgti/article/view/7366

(02 November 2017)

 

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

 

 

Suhud, Laksita Utama. 2009. Start-Up Business Wizards 21 Strategi Sukses Untuk Memulai Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

 

 

Utama, Ditdit Nugeraha. 2017. Sistem Penunjang Keputusan Filosofi, Teori, dan Implementasi. Yogyakarta: Garudawhaca.