KLASIFIKASI KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-OPEN DENGAN METODE ALGORITMA NAIVE BAYES DI KELURAHAN JATIMELATI

research
  • 27 Jun
  • 2023

KLASIFIKASI KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI E-OPEN DENGAN METODE ALGORITMA NAIVE BAYES DI KELURAHAN JATIMELATI

Efektifitas sebuah aplikasi adalah salah satu indikator yang mempengeruhi tingkat kepuasan sebuah aplikasi. Tingkat efektifitas aplikasi tersebut patut dipertanyakan ketika banyaknya keluhan dari pengguna aplikasi tersebut. Permasalahan yang dihadapi saat ini, khususnya di wilayah Kelurahan Jatimelati yakni salah satu Kelurahan di Kecamatan Pondokmelati Kota Bekasi, yaitu informasi terkait penggunaan aplikasi E-Open yang belum sepenuhnya diketahui oleh warga masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasi kepuasan pengguna aplikasi e-Open dengan menerapkan teknik data mining dengan menggunakan metode algoritma naïve bayes. Klasifikasi ini adalah puas dan tidaknya pengguna aplikasi e-Open, hasil penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat membantu masyarakat untuk mengevaluasi terhadap layanan e-Open, untuk meningkatkan pelayanan pada pengguna/warga masyarakat khususnya di wilayah Kelurahan Jatimelati.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] C. I. Sokat, B. Huda, S. Masruroh, and ..., “Aplikasi Layanan Publik Berbasis Android Pada Kantor Kelurahan Kabupaten Karawang,” Conf. Innov. Appl. Sci. Technol., no. Ciastech, pp. 429–436, 2020, [Online]. Available: http://publishing-widyagama.ac.id/ejournalv2/index.php/ciastech/article/view/1898

[2] R. Wati, “Penerapan Algoritma Genetika Untuk Seleksi Fitur Pada Analisis Sentimen Review Jasa Maskapai Penerbangan,” J. Evolusi, vol. 4, no. 1, pp. 25–31, 2016.

[3] J. Liu, Z. Tian, P. Liu, J. Jiang, and Z. Li, “An Approach of Semantic Web Service Classification Based on Naive Bayes,” in 2016 IEEE International Conference on Services Computing (SCC), 2016, pp. 356–362. doi: 10.1109/SCC.2016.53.

[4] R. T. Vulandari, “Data Mining: Teori dan Aplikasi Rapidminer,” 2017.

[5] D. Suyanto, “Data Mining untuk klasifikasi dan klasterisasi data,” Bandung Inform. Bandung, 2017.

[6] S. Joshi, B. Pandey, and N. Joshi, “Comparative analysis of Naive Bayes and J48 Classification Algorithms,” Int. J. Adv. Res. Comput. Sci. Softw. Eng., vol. 5, no. 12, pp. 813–817, 2015.

[7] M. F. Arifin, “Penerapan Algoritma Klasifikasi C4. 5 Dalam Rekomendasi Penerimaan Mitra Penjualan Studi Kasus: PT Atria Artha Persada.” Universitas Mercu Buana Jakarta, 2018.

[8] A. K. Uysal and S. Gunal, “The impact of preprocessing on text classification,” Inf. Process. Manag., vol. 50, no. 1, pp. 104–112, 2014.

[9] C. Meaney, R. Moineddin, T. Voruganti, M. A. O’Brien, P. Krueger, and F. Sullivan, “Text mining describes the use of statistical and epidemiological methods in published medical research,” J. Clin. Epidemiol., vol. 74, pp. 124–132, 2016.

[10] A. Saleh, “Implementasi metode klasifikasi naive bayes dalam memprediksi besarnya penggunaan listrik rumah tangga,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 3, pp. 207–217, 2015.

[11] E. Prasetyo, “Data mining konsep dan aplikasi menggunakan matlab,” Yogyakarta Andi, vol. 1, 2012.

[12] D. Dahri, F. Agus, and D. M. Khairina, “Metode Naive Bayes Untuk Penentuan Penerima Beasiswa Bidikmisi Universitas Mulawarman,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 11, no. 2, p. 29, 2016, doi: 10.30872/jim.v11i2.211.

[13] M. P. Gupta, S. Kanungo, R. Kumar, and G. P. Sahu, “A study of information technology effectiveness in select government organizations in India,” Vikalpa, vol. 32, no. 2, pp. 7–21, 2007, doi: 10.1177/0256090920070202.

[14] F. Sebayang and Z. J. H. Tarigan, “Ketersediaan Sistem Informasi Terintegrasi terhadap Kepuasan Pengguna. Jurnal Keuangan dan Perbankan,” J. Keuang. dan Perbank., vol. 13, no. 2, pp. 325–336, 2009.

[15] D. Supriatna and T. F. Jin, “Analisis Pengaruh Kepuasan Pengguna Public Computer Terhadap Efisiensi Dan Efektifitas,” vol. 8, no. 2, pp. 111–134, 2006.

[16] J. W. Palmer, “Web site usability, design, and performance metrics,” Inf. Syst. Res., vol. 13, no. 2, pp. 151–167, 2002.

[17] M. Rezki, D. N. Kholifah, M. Faisal, P. Priyono, and R. Suryadithia, “Analisis Review Pengguna Google Meet dan Zoom Cloud Meeting Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” J. Infortech, vol. 2, no. 2, pp. 264–270, 2020, doi: 10.31294/infortech.v2i2.9286.

[18] J. R. Raco, “Metode Kualitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya),” Grasindo. Grasindo, 2010.

[19] A. Andriani, “Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis Penjualan Suku Cadang Sepeda Motor Menggunakan Metode Association Rules Pada PT. Sejahtera Motor Gemilang,” J. Ilm. Tekhnik Inform. Univ. Nusant. PGRI. Kediri, 2013.