Katiga Official merupakan jenis usaha perorangan yang bergerak dalam bidang penjualan pakaian dan aksesoris wanita. Katiga Official didirikan oleh Kirana Purwaningrum selaku pemilik usaha pada awal tahun 2022. Karena masih tergolong baru, maka untuk penjualan produk dari Katiga Official ini masih menggunakan sosial media seperti whatsapp, facebook dan instagram, sehingga menyulitkan pemilik toko untuk mengelola produk di tokonya. Proses pemesanan barang di toko ini juga masih dengan cara mengirimkan pesan pribadi di akun instagram Katiga Official dan juga lewat pesan whatsapp kepada pemilik toko. Pemasaran produk juga belum optimal sehingga masih sulit bagi pelanggan untuk mengetahui segala hal tentang produk di toko ini. Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mendesain sistem penjualan berbasis web (website) pada Toko Katiga Official dengan harapan untuk lebih memaksimalkan penjualan dan mempermudah pelanggan melakukan transaksi pembelian. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis untuk merancang sistem penjualan berbasis web ini adalah teknik pengumpulan data yang mencangkup observasi, wawancara, studi pustaka, dan metode pengembangan sistem diantaranya analisa kebutuhan sistem, desain, code generation, testing dan support. Dengan penerapan sistem ini maka pembeli di Toko Katiga Official tidak lagi mengalami kesulitan untuk melakukan transaksi pembelian dan mempermudah pemilik toko untuk melakukan penjualan serta mengelola produk di toko Katiga Official.
11213298 - MOHAMAD FAHRUROZI
[1] G. Gata and M. Luthfan, “Implementasi E-Commerce Untuk Penjualan Pakaian Bekas Pada Toko Second Original,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 232–241, 2021, doi: 10.36080/idealis.v4i2.2846.
[2] T. Maria Bernadetta and A. Aribowo, “Pengembangan Aplikasi Berbasis Web untuk Pemesanan Jasa Sablon Pakaian,” Pros. Semin. Nas. Teknoka, vol. 5, no. 2502, pp. 106–115, 2020, doi: 10.22236/teknoka.v5i.338.
[3] N. Tamsir, Y. J. W. Soetikno, and others, “Aplikasi Penjualan Baju Kaos Berbasis Web dan Android,” SISITI Semin. Ilm. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 1–8, 2021.
[4] G. Yanto, Y. E. Anroni, and M. Idris, “Sistem Informasi Penjualan Produk Baju Pada Toko Inyiak Padang Berbasis Web,” Rang Tek. J., vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.31869/rtj.v2i2.1469.
[1] A. H. Setiawan and R. Wijanarko, “Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Sistem Informasi Penjualan Roti Berbasis Web (Studi Kasus di CV Mams Bakery),” J. Inform. Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 3, no. 1, pp. 52–60, 2021.
[2] G. Yanto, Y. E. Anroni, and M. Idris, “Sistem Informasi Penjualan Produk Baju Pada Toko Inyiak Padang Berbasis Web,” Rang Tek. J., vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.31869/rtj.v2i2.1469.
[3] F. Agustini, “Penerapan Metode Waterfall Pada Rancang Bangun ECommerce (Studi Kasus : PD . Aneka Furniture),” Simnasiptek, p. 204, 2017.
[4] Rintho Rante Rerung, E-Commerce, Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi - Rintho Rante Rerung - Google Buku. 2018.
[5] A. Suhendar, A. Takwim, A. M. Farkah, P. Gumilar, and V. M. Dalih, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DI SHOP BERBASIS WEB,” vol. 03, no. 02, pp. 41–47, 2021.
[6] D. Irawan, F. Fatoni, and S. Suryayusra, “Internet Positif di Lingkup Perusahaan dengan Metode Response Policy Zone,” POSITIF J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, p. 65, 2019, doi: 10.31961/positif.v5i2.787.
[7] Y. Nuryamin and H. Hermawan, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Voucher Telekomunikasi PT. Telefast Indonesia dengan Gamu 1.30 Menggunakan Metode Waterfall,” Simnasiptek, vol. 1, no. 1, pp. 218–224, 2017, [Online]. Available: http://seminar.bsi.ac.id/simnasiptek/index.php/simnasiptek2017/article/view/144/144
[8] L. A. Pratama, A. Primawati, and L. Ariyani, “Perancangan Sistem Informasi Sirkulasi Buku Pada Perpustakaan SMP Negeri 103 Jakarta,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 4, no. 2, p. 227, 2019, doi: 10.30998/string.v4i2.4179.
[9] T. Maria Bernadetta and A. Aribowo, “Pengembangan Aplikasi Berbasis Web untuk Pemesanan Jasa Sablon Pakaian,” Pros. Semin. Nas. Teknoka, vol. 5, no. 2502, pp. 106–115, 2020, doi: 10.22236/teknoka.v5i.338.