PERANCANGAN SISTEM PAKAR PENANGANAN KOMPLAIN PADA JARINGAN INTERNET MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

research
  • 23 May
  • 2023

PERANCANGAN SISTEM PAKAR PENANGANAN KOMPLAIN PADA JARINGAN INTERNET MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Jaringan komputer sangat erat sekali dengan internet dan telah menjadi satu kebutuhan utama pada suatu instansi atau perusahaan. Pada penggunaan internet masih banyak sekali permasalahan yang sering di alami baik itu dalam perangkat jaringan maupun koneksi internet yang sering mengamai kelambatan dalam penggunannya. Dari beberapa permasalahan tersebut maka harus adanya media yang dapat membantu pengguna internet dalam menyelesaikan permasalahan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah membantu menyelesaikan permasalahan yang sering dialami oleh pelanggan atau pengguna internet dengan menggunakan metode forward chaining. Forward chaining method merupakan strategi penelusuran solusi dari permasalahan-permasalahan dari sekumpulan data atau fakta agar menimbulkan presepsi yang akan datang, terutama pada konsumen PT. Nata Jaya Elektro. Belum adanya media yang mewadahi keluhan konsumen menjadi tujuan utama dibuatnya penelitian ini, keluhan yang ada bisa berupa perangkat keras atau perangkat lunak yang menjadi kendala dalam pengunaan internet. Diharapkan dengan adanya sistem yang dibuat ini dapat membantu permasalahan yang ada dan dapat di pergunakan dengan semestinya.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] Perancangan System Informasi Penanganan Keluhan Konsumen Berbasis Web Pada Pt. Industira Batu Ceper Tangerang, Rosmawati Dwi 2019.

[2] Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Virus Covid-19 pada Manusia Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining, Sari Noorlima Yanti1, Endah Budiyati2 Vol. 5, No. 4, Desember 2020.

[3] Sistem Pakar Dengan Metode Forward Chaining Untuk Diagnosa Gejala COVID-19, Muhammad Wijaya Volume 1, No. 6, Mei 2021.

[4] Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review, Yudin Wahyudin1, Dhian Nur Rahayu2 2020.

[5] Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPP, Dede Wira Trise Putra1, Rahmi Andriani2. Vol. 7 No. 1 April 2019.

[6] Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Anugrah Setia Berbasis Web Menggunakan Php Dan Mysql, Adhe Nora Ayu Saimona1, Budi Kurniawan2, Dian Sri Agustina3, Vol. 4, No. 1, Juni 2021, Hal. 44-54.

[7] Pemrograman dan bahasa pemrograman.

[8] Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online, Lisma Yana Siregar 2020.

[9] Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Mata Pada Manusia Menggunakan Metode Forward Chaining, Muafi, M. Kom Vol. 1, No. 1, November 2020.

[10] Sistem Pakar Untuk Menentukan Paket Layanan Tv Kabel Dan Internet Sesuai Dengan Budget Menggunakan Metode Forward Chaining, Muhammad Choifu Sanjaya Vol. 05 No. 02 Agustus 2021.

[11] Sistem Pakar untuk Mendeteksi Kerusakan Jaringan Internet pada Indihome di Pematangsiantar, Muhammad Sya’I Vol. 2, No. 1, Juni 2022, Hal. 37-46.

[12] Penerapan Metode Forward Dan Backward Chaining Untuk Mendiagnosis Penyakit System Pencernaan Berbasis Android.

[13] Sistem Pakar Penanganan Komplain Pada Komputer Dan Jaringan Menggunakan Metode Forward Chaining, Itsnaanul Kiroom Rohmatulloh 2020.

[14] Implementasi Metode Forward Chaining untuk Identifikasi Penyakit Kulit dan Alternatif Penangananny, Rohana Yola P. Hutasoit VOL. 6, NO. 1, 2021.

[15] Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Kegagalan Koneksi TCP/IP Menggunakan Metode Forward Chaining, Galih Ernawa Yogiswara1, Sekreningsih Nita2, Nasrul Rofiah Hidayati3 2022.

[16] Pengaruh Struktur Organisasi, Fasilitas Kerja dan Beban Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai BPR Chandra Muktiartha Yogyakarta, Inayat Hanum Indriati Vol. 18, No.1, April 2021.