Kemudahan hidup sekarang sudah sampai di mana semuanya bisa didapatkan di dalam genggaman melalui smartphone. Membeli keperluan apapun bisa hanya dengan menggunakan smartphone. Platform untuk melakukan jual beli pun kian beragam, dari e-commerce, aplikasi dan website. Namun website memiliki keunggulan, dimana hanya suatu brand / merk yang ada di website tersebut, dan juga sudah jelas barangnya. Untuk meningkatkan daya saing di pasar, maka urbansquad juga akan berinovasi dengan membuat website sendiri, agar pelanggan setia lebih mudah lagi dalam melakukan pembelian. Pada website akan jelas tercantum deskripsi mengenai produk, dari bahan kaos, ukuran, warna dan lain-lain. Perancangan website ini bertujuan agar pembeli lebih mudah dan menjangkau lebih banyak pembeli, bahkan besar harapan bisa menjangkau luar negeri. Untuk memudahkan proses perancangan website, maka dipilih metode design thikining dalam prosesnya. Metode design thinking berfokus pada kebutuhan para pengguna dan itu sangat diperlukan demi kepuasan pengguna. Perancangan website ini harus bersifat user friendly agar setiap kalangan tidak mendapatkan hambatan berarti dalam pembelian. Dengan menggunakan metode wawancara berharap agar hasil dari perancangan ini bisa sesuai dengan kebutuhan pembeli. Perancangan website agar lebih mempermudah pelanggan untuk mendapatkan produk sesuai dengan yang diinginkan.
AHMAD SYAFIIH, JUNAEDI, dan KRISHNA SAVITRI JENNY APRIWANTI
[1] R. Risald, “Implementasi Sistem Penjualan Online Berbasis E-Commerce Pada Usaha Ukm Ike Suti Menggunakan Metode Waterfall, “J. Inf. Technol vol. 1, no.1, pp. 37-42, 2021, doi: 10.32938/jitu.v l i l.1393.
[2] R. Pala, “E-Commerce and Urban People (Community Survey of Ujung Bulu City of Bulu Kumba Regency of South Sulawesi Province About ECommerce Activities),” J. Stud. Komun. Dan Media, vol. 21, no. 1, Pp. 1-12, 2017,[Online]. Available : https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/view/986
[3] R. A. Fauzi, L. R. Anuggilarso, A. R. Hardika, and D. I. S. Saputra, “Penggunaan Konsep Flat Design pada Markers Semaphore Augmented Reality,”InfoTekJar(Jurnal Nas. Inform. Dan Teknol. Jaringan), vol. 4 , no. 1, pp. 42-46, 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v4il.1375.
[4] Ansor, M. M. (2020). Analisis dan Perancangan User Interface Marketplace Hidroponik Berbasis Lean UX (Studi Kasus Perani Hidroponik di Kabupaten Banyuwangi). Repository Dinamika.
[5] “When to use which user-experience research methods,” Nielsen Norman Group. [Online]. Available: https://www.nngroup.com/articles/which-uxResearch-methods/. [Accessed: 12-Dec-2022].
[6] Brilianto, N. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Piranti Bergerak Sistem Informasi Cerdas Untuk Edukasi Bahaya Tsunamu – Antarmuka Aplikasi. Gadjah Mada University.
[7] W. Hidayatullah, “PENERAPAN KONSEP DESIGN THINKING TERHADAP USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE DALAM WEBSITE,” 2021, [online]. Avaliable : https://www.academia.edu/45209739/PENERAPAN_KONSEP_DESGIN_THINKING_TERHADAP_USER_INTERFACE_DAN_USER_EXPERIENCE_DALAM_WEBSITE
[8] Budistria, P. Y. (2020). Perancangan Desain User Interface/User experience Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) Dengan Metode Lean User Experience (Lean UX) Pada Universitas WR Supratman. Jurnal Ekonomi Voulme 18, Nomor1 Maret201, 2(1),41-49.
[9] H. Hilmawan and Y. F. Mangaras, Interface User Experience. Yogyakarta, Indonesia: LPPM UPN Veteran Yogyakarta, 2020.
[10] Dwinawan. (2018). Beberapa Info untuk Kamu yang Akan Memulai Membuat Desain UI Untuk Pertama Kali. Retrieved from https://medium.com/insightdesign/beberapa-info-untuk-kamu-yang-akanmemulai-membuat-desain-ui-untuk-pertama-kali-5b25cfe02590.
[11] Inggrid Roswita Lae. (2020). Analisis strategi pengembangan usaha toko Cellular service di Atambua. 8.
[12] C. Lim, A. Clearesta Sumarlie, N. Margatan, and D. Andana Haris, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Cerdas Seputar Corona (Cerna) Dengan Metode Design Thinking,” Comput. J. Sci. Inf. Syst., vol. 5, no. 2, pp. 52-60, 2021
[13] M. A. Sidiq, “Penerapan Metode Design Thinking Untuk Perancangan Aplikasi Manajemen Penanganan Barang Bukti Digital (Studi Kasus: Data Multimedia),” p.72, 2020.
[14] R. Iqbal Amirul Insan. (2019). Analisis dan Perancangan Sistem ECommerce Berbasis Web Pada Koperasi Mahasiswa. Repository Dinamika,4(1), 75-84.
[15] E. Susilo, “Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability,” 2019, [online]. Available : https://www.edisusilo.com/caramenggunakan-system-usability-scale/#google_vignette
[16] H. Alathas, “Bagaimana Mengukur Kebergunaan Produk dengan System Usability Scale (SUS) Score,” 2018. https://medium.com/kelasux/bagaimanamengukur-kebergunaan-produk-dengan-system0usability-scale-sus-score
[17] Utama, B. S. (2020). Perancangan Ulang User Interface dan User Experience Pada Website Cosmic Clothes. 8-45.
[18] Datya, A. I. (2019). Implementasi Elemen User Interactive(UI) Dan User Experience (UI) Dalam Perancangan Antarmuka Sistem Informasi E-Tourism Di Bali Berbasis Web,153-160. Retrieved from https://www.jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/sintesa/article/view/829/726
[19] R. Mardita and H. Priambodo, Menjadi UI Designer. Depok, Indonesia : Design Thinker Lab,2021.