PENERAPAN METODE DESIGN THINKING UNTUK PERANCANGAN UI DAN UX PADA APLIKASI NGAJI YUK

research
  • 16 May
  • 2023

PENERAPAN METODE DESIGN THINKING UNTUK PERANCANGAN UI DAN UX PADA APLIKASI NGAJI YUK

Belajar di rumah pada masa wabah covid sedikit banyak menjadi kendala bagi anak, sehingga orang tua dituntut untuk turut serta dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah dengan belajar Al-Qur''an .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media baru yang memudahkan guru untuk menilai dan menerima pembayaran secara mudah dengan perancangan tampilan User Interface dan User Experience aplikasi belajar mengajiyang memudahkan dan menarik untuk murid, guru, dan orang tua dengan mengunakan metode design thinking yang memiliki beberapa proses yaitu emphasize, define, ideate, prototype, dan test pada pengguna. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapatdisimpulkan perancangan tampilan aplikasi NgajiYuk ini menarik minat belajar mengaji anak-anak, membantu mempermudah guru untuk memberikan materi pembelajaran serta melakukan penilaian pembelajaran,dan memudahkan orang tua memantau hasil belajar anak-anak.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] A. S. Putra And F. R. Radita, “Paradigma Belajar Mengaji Secara Online Pada Masa Pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),” Mataazir J. Adm. Dan Manaj. Pendidik., Vol. 1, No. 1, Pp. 49–61, 2020, [Online]. Available: Https://Jurnal.Stain-Madina.Ac.Id/Index.Php/Mata/Article/View/41

[2] S. Z. Hadi, T. Nur, And N. Ulya, “Partisipasi Orang Tua Dalam Mendukung Belajar Mengaji Al-Qur ’ An Anak Di Masa Pandemi,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., Vol. 3, No. 5, Pp. 2705–2713, 2021.

[3] M. N. Yati And N. Rochmawati, “Aplikasi Belajar Mengaji Berbasis Android.”

[4] Y. Yulius And E. Pratama, “Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual,” Besaung J. Seni Desain Dan Budaya, Vol. 6, No. 2, Pp. 111–116, 2021, Doi: 10.36982/Jsdb.V6i2.1720.

[5] A. J. Penelitian, S. Keagamaan, M. Mengaji, D. I. Kabupaten, And I. Hilir, “Membaca Dan Menghafal Al-Qur ’ An Pada Program Abstrak Membaca Dan Menghafal Al-Qur ’ An Pada Program,” Vol. 1, No. Januari, Pp. 79–88, 2022.

[6] M. Agus Muhyidin, M. A. Sulhan, And A. Sevtiana, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” 2020. [Online]. Available: Https://My.Cic.Ac.Id/.

[7] M. Irsan, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Notifikasi Berbasis Android Untuk Mendukung Kinerja Di Instansi Pemerintahan,” J. Penelit. Tek. Inform., Vol. 1, No. 1, Pp. 115–120, 2015, [Online]. Available: Http://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Justin/Article/View/9984/9752

[8] Dimarzio, Jerome. Beginning Android Programming With Android Studio. John Wiley & Sons, 2016.

[9] E. Setyawati, H. Wijoyo, D. Prasada, And T. F. Stiyo, Rancang Bangun System Informasi Berbasis Android. 2021. [Online]. Available: Https://Insancendekiamandiri.Co.Id/Wp-Content/Uploads/2021/03/HadionWijoyo-Rancang-Bangun-System-Informasi-Berbasis-Android.Pdf

[10] Malewicz, M., & Malewicz, D. (2020). Designing User Interfaces. Malewicz, D. Malewicz.–2020.–419 P.

[11] Steven, B. (2020). Ux/Ui Design: Introduction Guide To Intuitive Design And User-Friendly Experience.

[12] A. D. Apprentice. (2021). App Design Apprentice Notice Of Rights Notice Of Liability.

[13] S. Y. Sutanto, F. Kurniawan, R. Rijaya, And ..., “Penerapan Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Supplier Sayur,” Mdp Student …, Pp. 284–289, 2022, [Online]. Available: Https://Jurnal.Mdp.Ac.Id/Index.Php/Msc/Article/View/1761

[14] S. Maharani, D. P. Kynta, B. A. Fernando, M. Naufal, B. Putra, And M. R. Pribadi, “Nimblespace Dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” Pp. 313–320, 2022.

[15] B. J. Ourelia, L. Yahya, G. Wilson, Y. S. Dewa, And ..., “Perancangan Ux Dan Ui Aplikasi Kulurkilir Dengan Pendekatan Metode Design Thinking,” Mdp Student …, Pp. 398–405, 2022, [Online]. Available: Https://Jurnal.Mdp.Ac.Id/Index.Php/Msc/Article/View/1787

[16] A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali Uin Antasari Banjarmasin,” Vol. 17, No. 33, Pp. 81–95, 2018.