This study aims to analyze the mediating effect of customer satisfaction on product quality and service
quality variables on customer loyalty at Hanamasa restaurant in Jakarta. Sampling used purposive sampling
method, the collected data was processed using SmartPLS 3.0 software. The results showed that customer
satisfaction was not significant as a mediating variable on the effect of product quality on loyalty, while on the
effect of service quality on loyalty, customer satisfaction became a significant mediating variable. The findings of
this study also show that service quality has a significant impact on customer satisfaction, and customer
satisfaction has a significant impact on loyalty.
Keywords : Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction, Loyalty
Hasil Cek Plagiarsm-Mediation Of Consumer Satisfaction On Product Quality And Quality Of Service To Customer Loyalty Hanamasa Restaurant In Jakarta
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli
Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis, 3(2), 242–253.
Arianto, S. D. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam, Kualitas Pelayanan dan Keragaman Produk terhadap
Kepuasan Konsumen CV. Dua Merpati Kudus. IAIN KUDUS.
Donni Juni Priansa. (2020). MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA, Fokus pada Organisasi Publik dan
Peningkatan Kualitas Aparatur. Alfabeta.
Efnita, T. (2017). Pengaruh variasi produk, kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen
pada wedding organizer. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan
Kewirausahaan, 2(2).
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris.
BP Undip. Semarang
Hariyanto, H., Arief, M. Y., & Praja, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Minat Beli
Ulang Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Toko F3 Situbondo. Jurnal
Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(3), 1861–1872.
Jeremia, K., & Djurwati, P. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust, Dan Consumer Satisfaction Terhadap
Consumer Loyalty Pada CV. Sarana MarineFiberglass. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,
Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 831–840.
Kotler, P. and K. L. K. (2016). Marketing Managemen (15th ed.). Pearson Education,Inc.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Strategi Pemasaran. Preshallindo, Jakarta.
Musay, F. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Kfc Kawi
Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 3(2), 74236.
Prasetyani, I. W., Waluyo, H. D., & Budiatmo, A. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Kualitas
Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Beat Di Pt. Nusantara Sakti
Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 3(2), 1–7.
Ramli, R. A. L. P. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Tingkat
Penjualan Mobil Toyota Yaris Di Wilayah Batam. BENING, 7(1), 43–52.
Riana, I. R. (2021). PENGARUH PERSEPSI ETIKA BISNIS ISLAM, PERSEPSI KUALITAS PRODUK DAN
PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN UMKM KOTA
YOGYAKARTA. Jurnal REKSA: Rekayasa Keuangan, Syariah Dan Audit, 8(1), 59–66.
Sidi, A. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Digital Marketing terhadap Loyalitas
Pelanggan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(1), 1–8.
Sukawirantini, N. L. P. A., & Farhaeni. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Tingkat Penjualan Pada Papa Ron’s Pizza Teuku Umar–Denpasar. Majalah Ilmiah Widyacakra, 1(02).
Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Jasa, Karakteristik Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi.
Tjiptono, Fandy. (2015). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy, & Chandra, G. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian). Andi Offset.
Utomo, D. P., & Khasanah, I. (2018). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Lokasi Pelanggan, Kualitas Produk Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Super Sambel Semarang Cabang Lamper).
Diponegoro Journal of Management, 7(4), 178–188.
Weenas, J. R. S. (2013). Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan
pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi,
1(4).
Windarti, T., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan
konsumen produk donat madu (studi pada konsumen CV. Donat Madu Cihanjuang–Pekanbaru). Riau
University.