Web Quality Analysis (ui/UX) in the marketplace using a Technology Acceptance Model (TAM) approach

research
  • 08 Apr
  • 2023

Web Quality Analysis (ui/UX) in the marketplace using a Technology Acceptance Model (TAM) approach

Pada Januari 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia adalah 202,6 juta. Para pebisnis atau perusahaan sebaiknya memanfaatkan peluang seperti ini untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Peran e-commerce juga perlu dimaksimalkan dalam meningkatkan perekonomian negara. Namun, peningkatan kepuasan konsumen dan keputusan pembelian dalam menggunakan marketplace. Tentu saja hal itu dipengaruhi oleh beberapa hal. Berdasarkan uraian tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh UI dan UX pada marketplace di Indonesia dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penulis menggunakan metode model penerimaan teknologi untuk mengukur manfaat yang dirasakan dan kemudahan penggunaan yang dirasakan sebagai variabel independen pada niat perilaku untuk menggunakan sebagai variabel dependen. Diharapkan hasil penelitian ini dapat melihat seberapa besar pengaruh UI/UX terhadap keputusan pembelian konsumen.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] We Are Social, “DIGITAL 2022: ANOTHER YEAR OF BUMPER GROWTH,” 2022. https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022-another-year-of-bumper-growth-2/ (accessed Jul. 22, 2022).
[2] M. A. Rizaty, “Transaksi E-Commerce Indonesia Diproyeksikan Capai Rp 403 Triliun pada 2021,” 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/25/transaksi-e-commerce-indonesia-diproyeksikan-capai- rp-403-triliun-pada-2021 (accessed Jul. 23, 2022).
[3] APJII, “SURVEI PROFIL INTERNET INDONESIA 2022,” 2022. https://apjii.or.id/survei (accessed Jul. 22, 2022).
[4] M. Filbert and A. Wulandari, “Analisa Penerapan E-commerce Pada Ukm Keykey Frozen Food Cimahi Tahun 2018,” eProceedings of Applied Science, vol. 4, no. 3, 2018.
[5] L. Zulfa and R. Hidayati, “ANALISIS PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KUALITAS SITUS WEB, DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA SEMARANG,” J Manage, vol. 7, pp. 1–11, 2018.
[6] R. Ariwardi, “ANALISIS PENGARUH USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN MARKETPLACE,” 2021.
[7] S. Hidayatuloh and Y. Aziati, “ANALISIS PENGARUH USER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAAN PENGGUNA MOBILE APPLICATION E-COMMERCE SHOPEE MENGGUNAKAN MODEL DELONE & MCLEAN,” 2021.
[8] L. Amanda, F. Yanuar, and D. Devianto, “Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang,” Jurnal Matematika UNAND, vol. 8, no. 1, pp. 179–188, 2019.
[9] A. T. Raharjo and A. Prasetyo, “Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Sopp Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dengan Pendekatan Tam,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 5, no. 2, pp. 129–138, 2016.
[10] I. Ghazali, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8,” Badan Penerbit Undip: Semarang, 2016.