Sistem Ujian Online sudah sangat marak sekali dikalangan pendidikan. Salah satu perguruan tinggi swasta yang ikut merealisasikannya adalah STMIK NUSA MANDIRI .Dalam mengimplementasikannya menimbulkan reaksi pada diri penggunanya, yaitu berupa penerimaan maupun penolakan. Penerimaan sebuah teknologi sangat dipengaruhi oleh kesiapan dari pengguna terhadap teknologi tersebut, hal ini sudah dibuktikan secara empiris oleh Walczuch et al (2007). Beradaptasi dari penelitian tersebut dan penelitian pendukung lainnya maka penelitian yang berjudul “Kajian Kesiapan dan Penerimaan Teknologi Sistem Ujian Online : Studi Kasus STMIK Nusa Mandiri” ini bertujuan untuk mengkaji apakah mahasiswa di STMIK Nusa Mandiri Jakarta sudah memiliki kesiapan dan menerima teknologi terhadap sistem yang diberlakukan. Model yang digunakan untuk menggambarkan hubungan yang faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan dan pengguna Sistem Ujian Online tersebut adalah Technology Readness Index (TRI) pada Technology Acceptance Model (TAM) dengan metode penelitian menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) pada perangkat lunak Analisys of MOment Structure (AMOS) versi 21.0.
Daftar Referensi
Fatonah, N.S. (2012). Kajian Efektivitas E-Learning Dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar: Studi Kasus Universitas Mercubuana. Tesis Magister Komputer Program Pascasarjana Universitas Budi Luhur: Jakarta.
Gardner, C., dan Amoroso D.L. (2004). ”Development of an instrument to Measure the Acceptance of Internet technology by Consumers,” Proceedings of the 37th Hawaii Internationa Cofference on System Sciences.
Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan. Penerbit Andi.
Kartika, E.S. (2009). Tesis: Analisis Penerimaan Sistem Informasi iCons Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model Pada Karyawan PT. Bank Negara Indonesia (PERSERO) Tbk. Di Kota Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.
Maria, S., Dan Widodo, P.P. (2010). ”Kajian Penggunaan Adobe Photoshop Berdasarkan Pendekatan TAM: Studi Kasus Pada SMK Negeri 5 Tangerang”, STMIK Nusa Mandiri, Jakarta.
Parasuraman,A,.dan Colby, C.L. (2001). Techno-Ready Marketing: How and Why Your Customers Adopt Technology, Free Press, NewYork, 2001.
Pikkarainen, T., Pikkarainen, K., Karjaluoto, H., dan Pahnila, S. (2004). Consumer Acceptance of Online Banking: an Extension of The Technology Acceptance Model. Internet Research Volume 14 - Number 3 pp. 224-235.
Santoso, S. (2010). Statistik Nonprametrik, Konsep, dan Aplikasi dengan SPSS 17. PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.
-------------. (2011). Structural Equation Modeling (SEM) Konsep & Aplikasi dengan AMOS 18. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Walczuch,R. ,Lemmink, J., dan Streukens, S. (2007). The Effect Of Service Employees' Technology Readness on Technology Acceptance. ScienceDirect Information & Management (44:206-215:2007).
Waluyo, M. (2011). Panduan dan Aplikasi Structural Equation Modelling (Untuk Aplikasi Model Dalam Penelitian Teknik Industri, Psikologi, Sosial, dan Manajemen). Penerbit Indeks: Jakarta Barat.
Wibowo, A. (2008). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dalam Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). KNSI 2008, p.29-36.