IMPLEMENTATION TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) ON ACCEPTANCE OF THE ZOOM APPLICATION INONLINE LEARNING

research
  • 08 Apr
  • 2023

IMPLEMENTATION TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) ON ACCEPTANCE OF THE ZOOM APPLICATION INONLINE LEARNING

Penerapan pembelajaran online diberbagai institusi pendidikan dalam Pandemi Covid-19,memberikan dampak sikap perilaku yang mana banyak pendidik dan peserta didik juga mengeluh terbatasnya sarana teknologi, pengoperasian maupun jaringan internet di beberapa daerah atau kuota untuk mengakses pembelajaran online.Diikuti populernya aplikasi Zoomdalam menunjang pendidikan, penulis melakukan penelitian penerapan Technology Acceptance Model(TAM) terhadap penerimaan aplikasi Zoomdalam pembelajaran online guna mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi dalam pembelajaran online dengan 4 variabel disertai pengujian hipotesis regresi linear berganda, uji-F dan uji-T memakai SPSS.Pengujian menghasilnya Perceived Usefulness, Perceived Ease of Usedan Behavioral Intention to Usemempengaruhi Actual System Usagedengan hasil yang signifikan sebesar 20,21 dan positif. Behavioral Intention to Uselebih mendominasi daripada variabel lainnilainya sebesar 5,31, sedangkan untuk yang terendah adalah Perceived Ease of Usedengan nilai (-0,50)

REFERENSI

Adminspssstatistik. (2016). SPSS Statistik: Olah Data Statistik dengan Menggunakan SPSS.Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. INFO Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 12(7), 13–18.

Hendikawati, P., & Hidayati, N. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Sistem Aplikasi SIMPKL Pada Implementasi Kegiatan Praktek Kerja Lapangan Menggunakan Analisis TAM. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 10(2), 74–82. Retrieved from http://ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/693

Herwatin, A., Purwaningrum, A., Dwi Suswarti, S., Maryama Alfianne, D., Aprilia, F., Rifatul Azizah, L., ... Sulistyaningsih. (2019). Antologi Pustakawan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya Dengan Metode TAM | Hidayat | Jurnal Informatika. Jurnal Informatika, 4(2), 163–173. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/2096

Hunaifi, N. (2018). Penerapan Metode Tam Terhadap Penerimaan Sistem Informasi Produksi Garment. Jurnal Informatika, 5(2), 221–227.

Ilmi, M., Liyundira, F. S., & Rachmawati, A. (2020). Perkembangan Dan Penerapan Theory Of Acceptance Model ( TAM ) Di Indonesia. Relasi: Jurnal Ekonomi, 16(2), 436–458.

Josina. (2020). Zoom Capai 300 Juta Pengguna Aktif Harian.

Oktofiyani, R., Nurmalasari, & Anggraeni, W. (2016). Penerimaan Sistem E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model ( Tam ) Study Kasus Siswa / I Kelas X Di SMU Negeri 92 Jakarta. Jurnal PILAR Nusa Mandiri, 12(1), 46–53. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/258

Qonita, A. A., Sulton, & Soepriyanto, Y. (2019). Persepsi Kegunaan, Kemudahan Dan Aksebilitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2018 Terhadap Penerapan SIPEJAR Menggunakan Model TAM (Technology Acceptance Model). Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 140–148.

Raharjo, S. (2019). SPSS Indonesia: Olah Data Statistik dengan SPSS.Rahayu, F. S., Budiyanto, D., & Palyama, D. (2017). Analisis Penerimaan e-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model ( TAM ) ( Studi Kasus : Universitas Atma Jaya Yogyakarta ). JUTEI, 1(2), 85–95. https://doi.org/10.21460/jutei.2017.12.20

Ramadhani, H., & Monalisa, S. (2017). Analisis Penerapan Sistem Informasi Pengelolaan Nilai Raport Menggunakan Metode TAM. Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 65–69.Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.