Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi knowledge management system media pembelajaran e-learning. Saat ini proses belajar mengajar di SMK Tridaya Jakarta masih menggunakan metode pembelajaran secara terpusat, dimana guru menjadi fokus utama untuk dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik sehinga dapat dipahami oleh siswa. Dimana Transfer Knowledge masih terbatas pada masing-masing guru dan belum terdokumentasi atau penggunaan teknologi untuk menyatukan knowledge para guru. Maka Knowledge Management System merupakan cara yang paling efektif dan solusi dalam mengatasi masalah sharing dan transfer knowledge guru dan siswa di SMK Tridaya Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah model SECI dalam pembentukan knowledge, perancangan menggunakan UML, pengujian perangkat lunak dengan blackbox testing dan pengujian kualitas perangkat lunak dengan ISO 9126 dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Hasil dari penelitian adalah suatu aplikasi Knowledge Management System media pembelajaran e-learning sebagai teknologi transfer knowledge yang membantu proses belajar-mengajar guru dan siswa di SMK Tridaya Jakarta.
ringkasan tesis ani
Al-Qutaish, Rafa, E. 2010. “Quality Models in Software Engineering Literature: An Analytical and Comparative Study.” Journal of American Science 6: 166-175.
Bechina AA & Bommen T. 2006. Knowledge Sharing Practices: Analysis of a Global Scandinavian Consulting Company. The Electronic Journal of Knowledge Management Volume 4 Issue 2, pp 109 – 116.
Davidson, Carl and Philip Voss. 2003. Knowledge Management an Introduction to Creating Competitive Advantage from Intellectual Capital. New Delhi : Vision Book
Dalkir, Kimiz. 2005. Knowledge Management in Theory and Practices. Oxford:Elseiver Inc
Dennis, Alan, et.al. 2005."Systems Analysis and Design with UML – 3rd Edition". John Wiley & Sons, Inc,
Irma Becerra-Fernandez, Avelino Gonzalez and Rajiv Sabherwal, 2004. Knowledge Management: Challenges, Solutions, and Technologies, Prentice Hall
Koran, Jaya Kumar C. 2002, Aplikasi ‘E-Learning’ Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Di Sekolah-Sekolah Malaysia: Cadangan Perlaksanaan Pada Senario Masa Kini, Pasukan Projek Rintis Sekolah Bestari Bahagian Teknologi Pendidikan, Kementerian Pendidikan Malaysia.
Nonaka, Ikujiro and Takeuchi H. 1995. The Knowledge Creating Company : How Japanese Copanies Create the Dynamics in Innovation. Oxford : University Press
Pressman, S, Roger. 2012. Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th ed. Dialihbahasakan oleh Nugroho, Adi, et.al. Yogyakarta: ANDI
Rosenberg, M. J. 2001. E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. New York: McGraw-Hill.
Setiarso, Bambang. 2009. Knowledge Management And Knowledge Sharing In Indonesia Iinstitute Of Sciences (LIPI) : Facing Lot Of Challenges To Disseminate Scientific Knowledge For The Society. Asia-Pacific Conference on Library & Information Education & Practice
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wahono, Romi Satrio dan Sri Dharwiyanti (Pengantar Unified Modelling Language (UML). Diunduh di: www.IlmuKomputer.com (akses tanggal 25 Januari 2015)
Widayana, Lendy. 2005. Knowledge Management : Meningkatkan Daya Saing Bisnis. Jawa Timur : Bayumedia Publishing,