Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keberhasilan situs Tokopedia.com berdasarkan sistem informasi model DeLone & McLean. Peneliti menganalisis variabel kualitas informasi, kualitas sistem, konsumsi, kepuasan pengguna dan manfaat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purpusive sample yang terdiri dari 170 responden. Teknik analisis untuk mengolah data adalah structural equation modeling (SEM) dengan Amos versi 22. Hasil dari penelitian ini, variabel KIP (Path Quality Information) berpengaruh terhadap KUP (Path) dan CTP berpengaruh terhadap USP() dan USP berpengaruh terhadap MBP(). Berdasarkan hasil analisis jalur bahwa kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dengan nilai estimasi 0,509, nilai SE 0,051, nilai CR 9,996 dan probabilitas signifikan, kemudian kepuasan penggunaan berusaha menggunakan nilai estimasi 0,776, nilai SE 0,61 CR 12,721 dan nilai probalitasnya signifikan, dan pemakaian berpengaruh terhadap net manfaat web Tokopedia.com dengan nilai estimasi 0,675, nilai SE 0,55, nilai CR 12,180 dengan probabilitas signifikan.
Kata Kunci : Analisis, Sukses, AMOS, DeLone dan McLean,Tokopedia.
Unduhan
-
Terakhir download 03 May 2025 20:05
File Tesis
-
diunduh 269x |
Ukuran 1,804 KB
- Delone, William H, McLean, Ephrain R, Measuring e-Commerce Success: Appying The Delone & McLean Information System Success Model. Internasional Journal Of Electronic Commerce. 2004, Vol. 9, No. 1, pp. 31-47
- Delone, William H. 2002. Information System Success Revisited. Proceading Of The 35th Hawaii International Conference On System Sciences.
- Ghozali, Imam. 2008. Konsep & Aplikasi dengan program AMOS 16.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
- Indrajani, Shelly. 2007. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasiskan Web Pada PT. DairyFood Internusa. Seminar Nasional dan Informatika 2007; Bali.
- Jogiyanto, HM. 2005. Analisa & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikai Bisnis. Yogjakarta: Penerbit Andi
- Jogiyanto , HM. 2007. Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi
- Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan System Informasi. Yogjakarta: Penerbit Andi
- Molla, Alemayehu, Licker, Paul S. 2001. E-Commerce System Success: An Attempt To Extend And Respecify The Delone and McLean Model OF IS Succes. Journal Of Electronic Commerce Research, Vol. 2, No, 4, 2001.
- Perez-Mira, Begona. 2010. Dissertation Validity of Delone and McLean’s Model Of Information System Success At The Web SITE Level Of Anaysis.
- Pujani, Vera, Besra, Eri. Model Penggunaan Website E-Commerce di Indonesia: Analisa Kualitatif dan Kuantitatif
- Raymond McLead, Jr. 2008. Management Information System Informasi Management.
- Rofiq, Ainur. 2007. Pengaruh Dimensi Kercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia). Tesis Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi. Malang.
- Santoso, Singgih. 2015. Structural Equation Modeling. Konsep dan Aplikasi dengan AMOS. Membuat dan menganalisis Model SEM Menggunakan Program AMOS 22. Jakarta: Penerbit PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia
- 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabet
- Widodo, Prabowo Pudjo (2006), Langkah-langkah dalam SEM Pemodelan Persamaan Struktural, Jakarta.