Promosi merupakan hal yang paling utama dalam memperkenalkan dan menawarkan sebuah produk ataupun jasa yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Sasaran yang akan kita tuju harus jelas dan harus tepat guna mendapatkan target pasar yang efektif dan efisien. Memasarkan produk baik barang maupun jasa tidak semata-mata memperkenalkan produk kita kepada masyarakat, namun bagaimana perusahaan mempengaruhi konsumen melalui desain komunikasi visual. Pemilihan lokasi pemasangan iklan dinilai salah satu hal yang sangat penting guna memasarkan produk suatu perusahaan. Ketidak efektifan pemasangan iklan dinilai sangat merugikan sutau perusahaan dikarenakan tidak efisiensinya harga pemasangan iklan dengan biaya jual suatu produk. Untuk itu iklan terutama baligho harus tepat sasaran kepada konsumen dalam pemasangannya. Penerapan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) dalam system pendukung keputusan dalam menentukan lokasi pemasangan baligho diharapkan membantu pihak advertising secara khusus dan pihak perusahaan selaku konsumen pada umumnya agar dapat menentukan alternative dimana pemasangan baligho yang strategis. Dari empat kriteria yang dipilih yaitu lokasi, akses jalan, fasilitas umum dan hambatan, dapat ditentukan beberapa alternative kelayakan suatu lokasi yang terbagi menjadi sangat layak, layak dan tidak layak. Penentuan lokasi strategis berdasarkan perhitungan AHP ini akan dituangkan dalam sebuah aplikasi yang berbasis web dengan tujuan untuk membantu pelaku advertising selaku penyedia dan pelaku bisnis selaku konsumen agar lebih mudah dan cepat dalam menentukan lokasi strategis baligho yang akan dipasang atau disewa
Tesis Vadlya Maarif (14001677)
Chae And Hoegg, “The Future Looks “Right”: Effects of the Horizontal Location of Advertising Images on Product Attitude”. JOURNAL OF CONSUMER RESEARCH, Inc. Vol. 40, August 2013
Kusrini (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit : CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Novaliyn. Pengambilan Keputusan Pemilihan dan Penempatan Promosi Pada Bidang Outdoor dengan Analytical Hierarchy Process Untuk PT. Rakantara Gaya Pesona”. Binus University, Jakarta, Indonesia, 11480
Pradana, Teguh. 2015. Penerapan Metode Weighted Produck Untuk Menentukan Lokasi Pemasangan Iklan. Jurnal SPIRIT Vol. 7, No. 20853092
Pramana, Jaka. 2013. Sistem pendukung keputusan penentuan lokasi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Menggunakan metode analytical Hierarchy process (studi kasus stmik budi darma medan). Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, ISSN: 2301-9425 Volume : IV, Nomor: 2, Agustus 2013
Renooij, S., Multiattribute Decision Making Under Certainly: The Analytic Hierarchy Process, 2005, http://www.es.uu.nl/does/vakken/bk/sheets-7.pdf
Sutabri, Tata (2012). Analisis Sistem Informasi. Penerbit: CV. Andi Offset, Yogyakarta.
Syagnik (SJ) Banerjee, “Location-Based Mobile Advertisement and Gender Targeting”. Journal of Research in Interactive Marketing, Vol. 6, ISS : 3. Pp. 198-214
Wahyudi, Agustinus Sri. (1996). Manajemen Strategik Pengantar Proses Berpikir Strategik. Penerbit: PT. Bina Rupa Aksara