Rukun Warga 06 Jatisari Kota Bekasi adalah lembaga pemerintah yang bersentuhan langsung dalam melayani warga.
Salah satu pelayanan yang diberikan adalah penyampaian keluhan dilingkungan sekitar dan pembuatan surat
pengantar untuk berbagai keperluan. Sistem pelayanan yang diberikan bisa di bilang masih konvensional, dan
terdokumentasi secara manual. Dengan sistem yang berjalan saat ini tentunya masih cukup merepotkan warga
terutama saat penyampaian keluhan lingkungan sekitar karena tidak terdokumentasi dengan baik sehingga
tindaklanjut masih kurang maksimal. selain itu juga masalah yang terjadi jika warga ingin mengajukan pembuatan
surat pengantar. Penerapan teknologi sistem informasi untuk pelayanan warga akan sangat membantu untuk
membuat sistem tersebut lebih baik lagi. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi yang bisa diakses kapanpun
dan dimanapun untuk menciptakan pelayanan yang lebih maksimal. E-Lapor adalah sebuah aplikasi berbasi web
yang diperuntukkan untuk membantu memaksimalkan pelayanan warga. Aplikasi dirancangan menggunakan UML
dan dibangun dengan bahasa pemrograman HTML & PHP, serta untuk desain antarmuka menggunakan CSS dan
untuk databasenya adalah MySQL. Pengujian aplikasi ini menggunakan black box dan usability testing dengan hasil
yang menunjukkan bahwa aplikasi berfungsi dengan semestinya, sesuai dengan rancangan yang telah dibuat.
Artikel Jurnal
Amrin, Larasati, M. D., & Satriadi, I. (2020). Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi
Pengolahan Nilai Pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, VI(1), 135–
140. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2
Firmansyah, Y., Maulana, R., & Fatin, N. (2020). Sistem Informasi Pengaduan Warga Berbasis Website ( Studi
Kasus : Kelurahan Siantan Tengah , Pontianak Utara ). Jurnal Cendikia, XIX(April), 397–404.
https://jurnal.dcc.ac.id/index.php/JC/article/view/328
Fridayanthie, E. W., & Mahdiati, T. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERMINTAAN ATK
BERBASIS INTRANET (STUDI KASUS: KEJAKSAAN NEGERI RANGKASBITUNG). JURNAL
KHATULISTIWA
INFORMATIKA,
IV(2),
126–138.
https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jki.v4i2.1264
Hidayat, R., & Listianingsih, L. (2018). Perancangan Sistem Keluhan Pelanggan Berbasis Web E-RCM dengan
Model Waterfall pada PT. Unggul Cipta Teknologi. SinkrOn, 2(April), 112–118.
https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/download/113/75/407
Ibrahim, W. H., & Maita, I. (2017). Sistem Informasi Pelayanan Publikberbasis Web Pada Dinas Pekerjaan
Umum Kabupaten Kampar. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 17–22.
Iriadi, N., Priatno, Ishaq, A., & Yulianti, Wi. (2019). Sistem Informasi Penyewaan Lapangan Futsal Berbasis
Web Pada Futsal Station Bekasi. Indonesian Journal on Networking and Security, 8(4), 1–8.
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i1.16483
Lorensa, R., & Sari, Y. I. S. (2020). APLIKASI PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB DI KABUPATEN
BANGKALAN.
Jurnal
Simantec,
9(1),
29–32.
https://journal.trunojoyo.ac.id/simantec/article/download/9737/5375
Pamungkas, C. A. (2017). Dasar pemrograman web dengan PHP (Cetakan pe). Deepublish.
Purnia, D. S., Rifai, A., & Rahmatullah, S. (2019). Penerapan Metode Waterfall dalam Perancangan Sistem
Informasi Aplikasi Bantuan Sosial Berbasis Android. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2019, 1–
7.
Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android.
Jurnal Sistem Informasi (JSI), 6(1), 661–671.
Ridwan, A., Asri, & Hamrul, H. (2017). Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Website Pada Kantor Harian
Palopo.
Prosiding
SEMATIK,
7,
161–172.
http://journal.uncp.ac.id/index.php/semantik/article/view/1072/927
Saputra, E., Mazalisa, Z., & Andryani, R. (2014). USABILITY TESTING UNTUK MENGUKUR PENGGUNAAN
WEBSITE INSPEKTORAT KOTA PALEMBANG. Jurnal Teknik Informatika, 12, 4–9.
Simarmata, J. (2010). Perancangan Basis Data. CV. Andi Ofsset.
Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem
Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan).
Jurnal
Ilmu
Komputer
Dan
Informatika,
3(1),
1–9.
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/algoritma/article/download/3148/1871
Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek.
Informatika.
Tristianto, C. (2018). PENGGUNAAN METODE WATERFALL UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM
MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN PEDESAAN. Jurnal Teknologi Informasi ESIT, XII(1),
8–22. https://doi.org/10.1093/nq/182.23.321-a