ANALISA UI/UX WEB PICK UP ONLINE TEKNISI PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA MENGGUNAKAN DESIGN THINKING

research
  • 21 Mar
  • 2023

ANALISA UI/UX WEB PICK UP ONLINE TEKNISI PADA PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA MENGGUNAKAN DESIGN THINKING

Pada PT. Telekomunikasi Indonesia sistem pembagian order pada teknisi yang dilakukan help desk area dan team leader masih menggunakan cara manual, yaitu dengan teknisi melakukan absensi pada buku yang telah disediakan. Sistem absensi yang dilakukan teknisi pun menggunakan metode FiFo (First in, First out), teknisi yang melakukan absensi urutan pertama maka mendapatkan order paling pertama. Hal ini menyebabkan banyak teknisi yang melakukan absensi lebih awal agar mendapatkan order, kemudian setelah mendapatkan order teknisi tidak segera menindak lanjuti order tersebut. Dampaknya banyak pelanggan yang mengajukan complaint akibat hal tersebut. Web pick up online memudahkan help desk area dan team leader untuk membagikan order, karerna tidak lagi menggunakan cara manual. Teknisi melakukan absensi terlebih dahulu pada web absensi, kemudian teknisi melakukan pick up order atau pengambilan order secara mandiri. Teknisi yang sudah melakukan pick order dapat terpantau oleh help desk dan team leader area melalui web pick up online teknisi, karena teknisi harus melakukan update setelah melakukan pick up, apakah order tersebut terkendala reschedule pelanggan, tidak jadi pasang, pelanggan tidak dapat dihubungi, teknisi menuju lokasi dengan eviden maps tersambung pada hand phone teknisi, kendala di lokasi tidak ada jaringan. Sehingga tidak ada lagi isu setelah order diterima teknisi tidak segera ditindak lanjuti, jika teknisi tidak melakukan update selama lebih dari 2 jam maka teknisi akan terkena sanksi terminate tidak dapat melakukan pick up order selama satu hari tersebut dan order yang sudah di pick up akan hangus.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] N. Y. S. Munti and D. A. Syaifuddin, “Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, no. 2, pp. 1799–1805, 2020.


[2] PT.Telekomunikasi Indonesia, “PT.Telekomunikasi Indonesia biasa disebut Telkom Indonesia atau bisa di sebut dengan Telkom saja adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Salah satu produk Telkom adalah Indone,”
Latar Belakang Perushaan, 2021.

[3] kompas, “IndiHome sebagai pemimpin pasar internet tetap juga sukses menambah 450.000 pelanggan untuk periode Juli-September 2021, sehingga total pelanggan yang dilayani mencapai 8,4 juta pelanggan. Dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, jumlah pelanggan,” kompas, 2021.


[4] Schlatter (2013), “Schlatter (2013) memberikan sebuah panduan untuk menyusun sebuah desain aplikasi yang mudah digunakan dengan membaginya ke dalam beberapa komponen yang berpengaruh sebagai” berikut,”
Desain Apl., 2020.

[5] F. A. Firdausi, “Marketplace Umkm Digidesa Menggunakan Metode Design Thinking,” 2021.


[6] Jesse James Garrett, “Menurut Jesse James Garrett dalam bukunya UX terbagi menjadi 5 Elemen,” 2020.


[7] M. . Dr. Nursapia Harahap, “Dr. Nursapia Harahap, M.A mengenai penelitian kualitatif, apabila seseorang ingin memahami latar belakang suatu persoalan, atau interaksi individu di dalam suatu unit sosial atau mengenai suatu kelompok ind
ividu secara mendalam, utuh, holistik, intensif, ,” 2019.


[8] 3 .، ف. ت1 .“ ,غ. شPenelitian Kualitatif”.


[9] A. Hadi, Asrori, and Rusman,
Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. 2021.

[10] P. D. Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif. 2018.

[11] J. UNY, “Penelitian kualitatif”.

[12] Thalha Alhamid dan Budur Anufia, “penelitian kualitatif, yang menjadi instrumen atau alat penelitian adalah peneliti itu sendiri,” 2019.

[13] M. A. Sidiq, “Penerapan Metode Design Thinking Untuk Perancangan Aplikasi Manajemen Penanganan Barang Bukti Digital (Studi Kasus: Data Multimedia),” p. 72, 2020.