Sistem pembelajaran di SMK Citra Bangsa Jakarta pada saat pembelajaran jarak jauh berlangsung tidak berada pada satu sistem, seperti di WhatsApp, Google Classroom, YouTube, dan lain-lain yang memberi kesan ‘acak-acakan’. Tujuan penelitian ini adalah agar interaksi pembelajaran antara guru dan siswa menjadi lebih mudah, dan hanya menggunakan satu sistem atau wadah. E-learning merupakan sebuah inovasi perkembangan teknologi informasi di dunia pendidikan. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian untuk membuat sebuah sistem informasi e-learning berbasis web pada SMK Citra Bangsa Jakarta untuk mendukung proses pembelajaran agar lebih optimal. Penelitian ini dilakukan dengan mempelajari buku, jurnal, maupun catatan perkuliahan sebagai bahan referensi yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan langsung kepada narasumber yang terkait dengan permasalahan. Dalam hal ini penulis melakukan wawancara dengan kepala sekolah yaitu: Bapak Purwanto, S.Kom. tentang sejarah sekolah, proses atau metode pembelajaran apa yang dipakai di sekolah tersebut. Website E-learning ini memiliki beberapa fitur utama yang biasanya terjadi pada proses pembelajaran tatap muka, seperti absensi, pengumuman, pemberian tugas dan materi, serta pemberian nilai.
11212269 - MUHAMMAD ENDRICO ALDI
[1] R. A.S. and M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Cetakan Ke. Bandung: Informatika Bandung, 2019.
[2] G. Albert Taher, H. Ramadhan, M. H. Irfani, and L. Amelia, “SISTEM INFORMASI E-LEARNING PADA SMA NEGERI 16 PALEMBANG BERBASIS WEB.”
[3] M. Stefanus and J. F. Andry, “Pengembangan Aplikasi E-Learning Berbasis Web Menggunakan Model Waterfall Pada Smk Strada 2 Jakarta,” J. Fasilkom, vol. 10, no. 1, pp. 1–10, 2020.
[4] A. H. Elyas, “Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran,” War. Dharmawangsa, no. 56, 2018.
[5] E. Y. Anggraeni and R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET, 2017.
[6] D. Aldo, Ardi, Y. G. Nengsih, I. Syafrinal, and N. Putra, Pengenalan Teknologi Informasi. Insan Cendekia Mandiri, 2020.
[7] Elgamar, BUKU AJAR KONSEP DASAR PEMROGRAMAN WEBSITE DENGAN PHP, Cetakan Pe. Malang: CV. Multimedia Edukasi, 2020.
[8] A. Nurofik et al., Pengantar Teknologi Informasi. Cirebon: Penerbit Insania, 2021.
[9] Y. Ariani, S. Ahmad, Y. Helsa, and A. K. Kenedi, Model Penilaian Kelas Online pada Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
[10] B. B. Wahyujati, Metode Perancangan Rangkuman Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2022.
[11] A. P. Adi, Panduan Cepat Belajar HTML, PHP, & MYSQL. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2020.
[12] I. Y. Supardi, Semua Bisa Menjadi Programmer JavaScript & Node.js. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2020.
[13] C. Surya and M. Jannah, Desain Web bagi Pemula Menggunakan HTML dan CSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2020.
[14] R. A. Putra, Membuat Aplikasi Ujian Seleksi Penerimaan Pegawai dengan Codeigniter dan Ajax. Yogyakarta: Lokomedia, 2019.
[15] P3M STMIK Widya Cipta Dharma, Sebatik Vol 25 No 2. Kalimantan Timur: STMIK Widya Cipta Dharma, 2021.
[16] M. S. Iksanudin, Belajar Santai OOP PHP. Guru Programmer, 2017.
[17] A. M. Maatuk, E. K. Elberkawi, S. Aljawarneh, H. Rashaideh, and H. Alharbi, “The COVID-19 pandemic and E-learning: challenges and opportunities from the perspective of students and instructors,” J. Comput. High. Educ., pp. 1–18, 2021.
[18] M. Irfan, B. Kusumaningrum, Y. Yulia, and S. A. Widodo, “Challenges during the pandemic: use of e-learning in mathematics learning in higher education,” Infin. J., vol. 9, no. 2, pp. 147–158, 2020.