PENGARUH APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA SMP AL - IKHLAS PONDOK GEDE DENGAN METODE SMART

research
  • 06 Mar
  • 2023

PENGARUH APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PADA SMP AL - IKHLAS PONDOK GEDE DENGAN METODE SMART

Akibat pandemi virus Covid-19 yang semakin meluas, banyak negara dengan terpaksa harus memberlakukan peraturan bersekolah di rumah atau school from home. Secara umum biasanya school from home atau yang lebih dikenal dengan home schooling diartikan dengan cara atau kegiatan belajar mengajar yang tidak dilakukan di sekolah umum. Dan biasanya dilakukan di rumah atau juga melalui sekolah online yang sudah tersedia. Tetapi faktanya sekarang ini school from home dilakukan sebagai solusi karena adanya wabah Covid-19. Hal ini juga karena school from home dinilai menjadi solusi paling tepat untuk memutus penyebaran wabah virus Covid-19 dan demi keselamatan para pelajar dan mahasiswa itu sendiri. Padahal di Indonesia sendiri home schooling belum umum dijadikan sebagai budaya belajar di Indonesia walaupun sudah ada sebelumnya. Tujuan dari penelitian yang
dilakukan oleh peneliti adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat Pengaruh Kegiatan Belajar Mengajar Online Melalui Aplikasi Google Classroom Terhadap Siswa SMP Al - Ikhlas Pondok Gede. Pada tahap ini penulis akan menentukan tujuan yang ingin dicapai dari permasalahan yang telah diteliti, tujuan penelitian ini yaitu menerapkan metode
Simple Muli Attribute Ratting Technique (SMART) dalam Pengaruh Kegiatan Belajar Mengajar Online Melalui Aplikasi Google Classroom Terhadap Siswa SMP Al - Ikhlas Pondok Gede dengan Metode SMART. Di dalam tahap pengolahan data, hasil dari sebar kuisioner sebanyak 20 orang dan hasil dari wawancara sebanyak 5 orang akan dianalisis secara deskriptif dengan topik yang sudah kami rancang, lalu data tersebut akan diketahui seberapa pengaruhnya Google Classroom dalam kegiatan belajar mengajar online di SMP Al - Ikhlas Pondok Gede. Pada hasil yang didapatkan, penulis dapat memberikan kesimpulan penelitian tentang Pengaruh Kegiatan Belajar Mengajar Online Melalui Aplikasi Google Classroom Terhadap Siswa SMP Al - Ikhlas Pondok Gede dengan Metode SMART dengan mengambil 2 nilai terendah dan tertinggi sesuai hasil perhitungan ranking yaitu, Alternatif A3 dengan nilai 3.164, dan Alternatif A5 dengan nilai 0.329 yang dihasilkan melalui perhitungan alternatif menggunakan rumus slovin.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] B. Siswa and S. M. A. Smk, “3139-5832-1-Pb,” vol. 1, no. 2, pp. 101–106, 2020.


[2] M. I. H. Saputra and N. Nugraha, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) (Studi Kasus: Penentuan Internet Service Provider Di Lingkungan Jaringan Rumah),”
J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 25, no. 3, pp. 199–212, 2020, doi: 10.35760/tr.2020.v25i3.3422.


[3] S. Saefudin and S. Wahyuningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang,”
JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 33–37, 2017, doi: 10.30656/jsii.v1i0.78.

[4] B. Siswa, S. Kasus, D. I. Mi, and M. A. Arif, “E Thesis Like,” 2021.

[5] A. S. Manalu, “Dengan metode SMART ( Simple Multi Attribute Dengan metode SMART ( Simple Multi Attribute Rating Technique ) Berbasis Web Studi,” 2018.

[6] A. N. Nasution, “Penerapan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Untuk Penentuan Bintang Nararia Bhayangkara ( Studi Kasus : Kepolisian Daerah Riau ),” pp. 1–129, 2013.

[7] A. F. Boy and D. Setiawan, “Penerapan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique) dalam Pengambilan Keputusan Calon Pendonor Darah pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Tanjung Morawa,” J. SAINTIKOM (Jurnal Sains Manaj. Inform. dan Komputer), vol. 18, no. 2, p. 202, 2019, doi: 10.53513/jis.v18i2.160.

[8] P. T. Febrianto, S. Mas’udah, and L. A. Megasari, “Implementation of online learning during the covid-19 pandemic on Madura Island, Indonesia,” Int. J. Learn. Teach. Educ. Res., vol. 19, no. 8, pp. 233–254, 2020, doi: 10.26803/ijlter.19.8.13.

[9] K. Wardany, S. Anjarwati, and M. H. Qulubi, “Implementation of Online Learning Model in Class X of Senior High School during COVID-19,” Int. J. Educ. Curric. Appl., vol. 4, no. 1, pp. 26–32, 2021.

[10] A. Ngafif, “Online Learning Perception During Covid-19 Pandemic,” vol. 10, no. 1, pp. 75–82, 2021.

[11] R. Hamid, I. Sentryo, and S. Hasan, “Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period,” J. Prima Edukasia, vol. 8, no. 1, pp. 86–95, 2020, doi: 10.21831/jpe.v8i1.32165.

[12] R. Sukmawati, E. K. Dewi, and R. Indriati, “Implementasi Metode SMART untuk Mengidentifikasi Perkembangan Anak dalam Mengikuti Ekstra,” Nusant. Enginering, vol. 3, no. 1, pp. 59–64, 2016.

[13] M. Safrizal, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Teladan dengan Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technique),” J. CoreIT, vol. 1, no. 2, pp. 25–29, 2015.


[14] L. L. Nafsi and N. Trisnawati, “Efektivitas Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Aplikasi Komputer Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran,”
Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 38–52, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1722.


[15] W. N. F. Winda and A. S. N. Aninditya, “Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Peserta Didik Kelas 6 Sd Negeri Jarakan Di Masa Pandemi Covid-19,”
Bahtera Indones. J. Penelit. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 6, no. 2, pp. 120–134, 2021, doi: 10.31943/bi.v6i2.108.


[16] R. S. Sasmita, “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,”
J. Pendidik. dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 99–103, 2020, doi: 10.31004/jpdk.v1i2.603.


[17] W. E. Afrianti, “PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI ( Studi Pada Program Studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia ) SKRIPSI Oleh : Nama : Wahyuni Eka Afrianti FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA YOGYAKARTA,” pp. 1–122, 2018, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/6173