Aplikasi Lazada merupakan salah satu e-commerce yang ada di Indonesia. Memiliki berbagai campaign menarik yang ditawarkan bagi para penggunanya, salah satunya Gajian Ganti Handphone. Tentu pembuatan halaman campaign telah berdasarkan pertimbangan banyak hal, salah satunya tampilan desain halaman. Namun dalam penggunaannya masih ditemui beberapa permasalahan. Penelitian ini akan berfokus pada analisis UI dan UX dengan menggunakan metode Design Thinking dan rancangan kembali prototipe desain antarmuka halaman campaign tersebut. Penggunaan metode Design Thinking akan mengadaptasi metode yang biasa diterapkan oleh desainer menggunakan prosedur iteratif dalam pemikiran desain dari pernyataan masalah hingga solusi masalah. Tujuannya adalah untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin sehingga ditemukan permasalahan dan solusi terbaik untuk masalah tersebut. Metode ini akan dimulai dengan tahap Understand, Observe, Define point of view, Ideate, Prototype, Test dan Reflect. Prototipe yang telah dirancang menggunakan Figma kemudian diuji kepada 5 penguji dengan menggunakan metode pengujian System Usability Scale (SUS). Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan diperoleh hasil uji dengan total nilai 88 dan disimpulkan acceptable, grade scale B dan adjective rating adalah excellent.
11180707_DINA ARISKA
[1] “Peta E-Commerce Indonesia,” iprice, 2021. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ (accessed Apr. 19, 2022).
[2] F. A. Firdausi, “Analisa dan Desain Kembali UI/UX Aplikasi Marketplace UMKM Digidesa Menggunakan Metode Design Thinking,” Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI), vol. 1, no. November, p. 1, 2021.
[3] E. Y. Anggraeni and R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2017.
[4] M. R. Ridha, U. Usman, and D. Y. Prasetyo, “Desain dan Implementasi Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indragiri),” Jurnal Buana Informatika, vol. 6, no. 2, pp. 131–142, 2015, doi: 10.24002/jbi.v6i2.406.
[5] Rectmedia, “Apa Perbedaan Mobile Aplikasi dan Mobile Web,” Rectmedia, 2022. https://rectmedia.com/apa-perbedaan-mobile-aplikasi-dan-mobile-web/ (accessed May 24, 2022).
[6] Majapahit Teknologi, “Pengertian Keunggulan & Manfaat Mobile Apps,” Majapahit Teknologi, 2020. https://majapahit.id/blog/2021/03/17/apa-itu-mobile-apps#hpengertian-mobile-apps
[7] K. C. Laudon and C. G. Traver, E-commerce 2020-2021: business. technology. society. 2021.
[8] P. Deacon, “UX and UI Strategy: A step by step Guide on UX and UI design,” Journal of Chemical Information and Modeling, p. 40, 2020.
[9] U. Russ and C. Carolyn, A Project Guide to UX Design, Second. US: New Riders, 2012.
[10] Masterweb, “Tutorial Figma Desain Aplikasi Android,” Masterweb, 2019. https://blogs.masterweb.com/tutorial-figma/ (accessed Jul. 20, 2022).
[11] M. Lewrick, P. Link, and L. Leifer, The Design Thinking Toolbox. New Jersey: John Wiley & Sons, Inch., 2020.
[12] U. Ependi, T. B. Kurniawan, and F. Panjaitan, “System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review,” Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 65–74, 2019, doi: 10.24176/simet.v10i1.2725.
[13] U. Ependi, A. Putra, and F. Panjaitan, “Evaluasi tingkat kebergunaan aplikasi administrasi penduduk menggunakan teknik system usability scale,” Register: Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. 5, no. 1, pp. 63–76, 2019, doi: 10.26594/register.v5i1.1412.
[14] A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Ui/Ux Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan Dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia), vol. 3, no. 02, p. 219, 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1549.
[15] B. Vallendito, “Pemodelan User Interface Dan User Experience Menggunakan Design Thinking,” Barly Vallendito, p. 30, 2020.
[16] F. Fariyanto and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021.
[17] G. Nabila and S. Wahyuni, “MDP Student Conference (MSC) 2022 Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas,” pp. 231–238, 2022.
[18] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
[19] E. Susanti, E. Fatkhiyah, and E. Efendi, “Pengembangan Ui / Ux pada aplikasi MVoting,” Simposium Nasional RAPI, pp. 364–370, 2019.
[20] S. Nurlela and D. Ariska, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” 2022.
[21] D. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. 2013.