Saat ini pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting karena pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) bagi pembangunan bangsa dan negara. Evaluasi pada suatu kegiatan pembelajaran sangatlah penting sebagai tolak ukur pemahaman bagi penerima materi pembelajaran.Pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) ataupun jenjang pendidikan lainnya sering melakukan evaluasi pembelajaran dalam jangka waktu per semester yang biasanya dilakukan minimal dua kali yaitu ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Pada umumnya sekolah - sekolah dalam pelaksanaan UTS dan UAS menggunakan sistem ujian berbasis kertas (Paper Based Test). Artikel ini membahas tentang implementasi Computer Based test (CBT) pada pelaksanaan ujian di SMP. Aplikasi ini mememiliki tiga hak akses yaitu admin sebagai pengelola aplikasi yang dapat menginput data ujian, siswa dan data guru, dan guru sebagai user yang dapat menginput soal ujian mata pelajaran yang dievaluasi, serta siswa sebagai peserta pada pelaksanaan ujian. Aplikasi ini dapat menampilkan hasil ujian ketika siswa telah menjawab seluruh soal, dan dapat menampilkan rekapitulasi hasil nilai mata pelajaran per siswa kelas yang dapat dilihat oleh guru.
11182727_ Muhamad Aji Sobirin, Muhammad Ilham, dan Nur Afifah
[1] Nurkholis, “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI
Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto,” vol. 1, no. 1, hal. 24–44, 2013.
[2] Maiti dan Bidinger, “Pengaruh Citra Tubuh Terhadap Penyesuaian Diri Masa Pubertas Siswa-Siswa SMP NU Syamsuddin Kelas VII-VIII,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699, 1981.
[3] O. A. M. A. H Kara, “済無No Title No Title No Title,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., vol. 7, no. 2, hal. 107–15, 2014.
[4] K. Khaerudin, “Administrasi, Analisis Butir, dan Kaidah Penulisan Tes,” J. Madaniyah, vol. 1, no. 12, hal. 97–128, 2017, [Daring]. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/195112-ID administrasi-analisisbutir-dan-kaidah-p.pdf.
[5] M. D. Cookson dan P. M. R. Stirk, “済無No Title No Title No Title,” hal. 7–23, 2019.
[6] F. Putrawansyah dan A. Arif, “Pengembangan Komputer Assisted Test (CAT) Pada Penerimaan Mahasiswa Baru Di Sekolah Tinggi Teknologi Pagaralam,” J. Ilm. Betrik, vol. 9, no. 01, hal. 34–45, 2018, doi: 10.36050/betrik.v9i01.29.
[7] G. D. Wardani dan H. Lubis, “Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Pkn,” PEMA J. Pendidik. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 1, hal. 8–13, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema.
[8] Y. Heriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car,” J. Intra-Tech, vol. 2, no. 2, hal. 64–77, 2018.
[9] M. Destiningrum dan Q. J. Adrian, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),” J. Teknoinfo, vol. 11, no. 2, hal. 30, 2017, doi: 10.33365/jti.v11i2.24.
[10] D. Hariyanto et al., “Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Perpustakaan,” Jupiter, vol. 13, no. 1, hal. 110–117, 2021.
[11] M. Sitinjak Daniel Dido Jantce TJ dan J. Suwita, “Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kursus Bahasa Inggris Pada Intensive English Course Di Ciledug Tangerang,” Ipsikom, vol. 8, no. 1, hal. 1–19, 2020.
[12] H. Riyadli, A. Arliyana, dan F. E. Saputra, “Rancang Bangun Sistem Informasi Keuangan Berbasis WEB,” J. Sains Komput. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, hal. 98–103, 2020, doi: 10.33084/jsakti.v3i1.1770.
[13] N. Gligorijevic, D. Robajac, dan O. Nedic, “Повышенная Чувствительность Тромбоцитов К Действию Инсулиноподобного Фактора Роста 1 У Больных Сахарным Диабетом 2-Го Типа,” Биохимия, vol. 84, no. 10, hal. 1511–1518, 2019, doi: 10.1134/s0320972519100129.
[14] S. Julianto dan S. Setiawan, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada Po. Handoyo Berbasis Online,” Simatupang, Julianto Sianturi, Setiawan, vol. 3, no. 2, hal. 11–25, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.amikmahaputra.ac.id/index.php/JIT/article/view/56/48.
[15] N. F. Andhini, “Bab IV Metode Penelitian,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699, 2017.
[16] B. A. B. Ii dan T. Pustaka, “Politeknik Negeri Sriwijaya,” Sumber Elektron., vol. VI, no. 7, hal. 4–28, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://electrozone94.blogspot.co.id/2013/10/panel-surya-.
[17] Anonim, “Bab II Landasan Teori,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 8–24, 2019.
[18] M. Chakraborty dan S. Bhattacharyya, “Thermonuclear X-ray bursts from the 401-Hz accreting pulsar IGR J17498-2921: Indication of burning in confined regions,” Mon. Not. R. Astron. Soc., vol. 422, no. 3, hal. 2351–2356, 2012, doi: 10.1111/j.1365-2966.2012.20786.x.
[19] G. A. Prabawa, “Sistem Informasi Manajemen Try Out CBT (Computer Based Test) Untuk Sekolah Menengah Pertama,” Indones. J. Appl. Informatics, vol. 5, no. 2, hal. 76, 2022, doi: 10.20961/ijai.v5i2.35268.
[20] L. Lidya Wati, K. Kasmawi, dan S. Mawarni, “Implementasi Computer Based Test (Cbt) Di Sekolah Menengah Kejuruan,” Batoboh, vol. 3, no. 1, hal. 83, 2018, doi: 10.26887/bt.v3i1.491.
[21] S. W. Dwi Lestari, Akhmad Arif Musadad, “Jurnal CANDI,” Pengguna. Comput. Based Test Sebagai Sarana Eval. Dan Pengaruhnya Terhadap Ef. Penilai. Pada Mata Pelajaran Sej. Di Sma Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016, vol. 19, no. 1, hal. 125–137, 2019.
[22] D. A. S. Agustina, “Perancangan Aplikasi Computer Based Test (Cbt) Berbasis Web (Studi Kasus Di Smp Negeri 2 Kuta - Badung),” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 2, no. 1, 2017, doi: 10.36002/jutik.v2i1.223