ANIMAL DISCOVERY GAME (ADIGA) UNTUK GAME EDUKASI MENGGUNAKAN RPG MAKER MZ

research
  • 15 Feb
  • 2023

ANIMAL DISCOVERY GAME (ADIGA) UNTUK GAME EDUKASI MENGGUNAKAN RPG MAKER MZ

Pada saat anak mulai memasuki usia dini (0 sampai 6 tahun) pada usia ini mereka berfokus pada bagaimana memerankan perasaan serta nurani, belajar sambil bermain, belajar melalui komunikasi, dan interaksi sosial, belajar melalui lingkungan serta belajar memenuhi hasrat dan kebutuhan mereka. Perkembangan teknologi saat ini membuat anak-anak lebih mudah untuk mengakses aplikasi terutama game yang sering ada di pasaran, namun belum banyak game yang menyelipkan edukasi didalamnya terutama pengenalan hewan. Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh denny firmansyah dan kawan-kawan meneliti tentang Game Edukasi Pengenalan Nama Buah dalam Bahasa Inggris Menggunakan RPG Maker MV Dari semua aspek diatas, maka penulis mencoba untuk membuat sebuah permainan bernama ADIGA(Animal Discovery Game) dengan harapan agar anak – anak dapat lebih mengenal hewan dan lebih menyayangi hewan serta menjaga lingkungan.

Unduhan

 

REFERENSI

[1] I. Widaningrum, H. Prasetiyo and I. P. Astuti, "Android Based Math & Trash Educational Game Using Scirra Construct 2 and Adobe Phonegap," JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), vol. 4, no. 1, pp. 37-49, 2020.

[2] D. Firmansyah, M. Martini and H. Murtina, "Game Edukasi Pengenalan Nama Buah Dalam Bahasa Inggris Menggunakan RPG Maker MV," INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 5, no. 1, pp. 25-34, 2020.

[3] D. Nurdiana, D. Rahadian and A. Suryadi, "Game Edukasi Pengenalan Nama Buah dan Sayuran dalam Bahasa Inggris untuk Sekolah Dasar," JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 198-204, 2017.

[4] S. L. Rahayu and Fujiati, "Penerapan Game Design Document dalam Perancangan Game Edukasi yang Interaktif untuk Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 5, no. 3, pp. 341-346, 2018.

[5] L. D. Pratama, W. Lestari and A. Bahauddin, "Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik?," At-Ta'lim: Jurnal Pendidikan, vol. 5, no. 1, pp. 39-50, 2019.

[6] C. Hoyle, RPG Maker MZ for Beginners: Vol. 1, Independently published, 2022.

[7] M. Rachmat Destriana, S. M. Syepry Maulana Husain, M. Nurdiana Handayani and S. Aditya Tegar Prahara Siswanto, Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase "Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah", Deepublish, 2021

[8] S. K. M. Muhamad Alda, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek, MEDIA SAINS INDONESIA, 2021.

[9] Yurindra, Software Engineering, Deepublish, 2017.

[10] L. V. Aprilian and M. H. K. Saputra, Belajar cepat metode SAW, Kreatif, 2020.

[11] W. Wibawanto, Game Edukasi RPG (Role Playing Game), LPPM UNNES, 2020.

[12] R. Chopra, Software Quality Assurance A Self-Teaching Introduction, Mercury Learning & Information, 2018.

[13] S. Sintaro, R. Ramdani and S. Samsugi, "Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah di Indonesia," Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 1, pp. 51-57, 2020.

[14] M. F. Akbar, Damayanti and H. Sulistiani, "Game Edukasi Pengenalan Hewan Langka Berbasis Android Menggunakan Construct 2," Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), vol. 7, no. 2, pp. 275-282, 2020.


[15] F. Yulianto, Y. T. Utami and I. Ahmad, "Game Edukasi Pengenalan Buah buahan Bervitamin C Untuk Anak Usia Dini," Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : JANAPATI, vol. 7, no. 3, pp. 242-251, 2018.

[16] R. I. Borman and Y. Purwanto, "Impelementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Bahaya Sampah pada Anak," JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), vol. 5, no. 2, pp. 119-124, 2019.

[17] N. Azizah and R. D. Suwoto, "Aplikasi Pengenalan Buah dan Binatang Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini," Jurnal Warna :Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia dini, vol. 6, no. 1, pp. 8-14, 2021.

[18] S. N. Wahyuni and C. Andiyoko, "Pembuatan Game Berbasis Pembelajaran Menggunakan RPG Maker MV," Journal of Computer Networks, Architecture and High Performance Computing, vol. 1, no. 1, pp. 24-28, 2019.

[19] A. D. Jubaedi and S. Bahri, "Model Pembelajaran Kosakata Tiga Bahasa Berbasis Game (Studi Kasus Pengenalan Buah - buahan)," Jurnal PROSISKO, vol. 5, no. 2, pp. 102-108, 2018.