Resume Tesis

research
  • 09 Feb
  • 2023

Resume Tesis

 

SMK AL-Wahyu adalah organisasi yang bergerak dalam dibidang ilmu pendidikan, sebagai bidang usaha yang bergerak dalam bidang pendidikan tentu memiliki guru dan siswa dengan keragaman pengetahuan yang dapat dijadikan aset berharga bagi sekolah, baik pengetahuan individu maupun pengetahuan berdasarkan pengalaman.Dengan banyaknya sumber ilmu yang dimiliki siswa dan guru,sudah saatnya ilmu tersebut dimampaatkan dan dikelola .Sehingga proses sharing pengetahuan bisa di tersalurkan dengan baik. Namun tidak ada media sebagai sarana transfer knowledege yang  ada saat ini,sehingga pengetahuan yang ada pada pada guru dan siswa tidak bisa tersalurkan. Hal ini dikarenakan pengetahuan tersebut tidak terdokumentasi dengan baik sehingga tidak dapat dijadikan referensi pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan yang sudah ada.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah aplikasi knowledge sharing dalam bentuk e-learning dapat diterapkan pada sekolah smk al-wahyu sehingga menciptakan knowledge management system (KMS) yang baik dan dapat mendukung proses pembelajaran dan inovasi bagi sekolah. Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang telah diuraikan diatas, maka diperlukanlah sebuah knowledge management system yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, untuk itu digunakanlah pendekatan analisis KM Model Inukshuk (Menurut Girard yang dikutip oleh Dalkir 2011, p91).

Metode penelitian yang digunakan adalah berupa data primer berasal dari penyebaran kuesioner kepada 80 orang responden yang terdiri dari guru, siswa dan kepala sekolah untuk mendapatkan gambaran umum dan kebutuhan aplikasi yang akan diterapkan. Metode perancangan sistem yang digunakan adalah The 10-step KM Road Map (Tiwana, 1999).Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi website berbentuk e-learning knowledge management system (KMS) yang didalamnya terdapat fitur-fitur yang dibutuhkan dalam proses knowledge sharing di Sekolah Smk Al-Wahyu.

 

 

Kata kunci:

Knowledge Management System, E-Learning, Knowledge Sharing

Unduhan

 

REFERENSI

Davenport, Thomas, H, and Laurence Prusak Working Knowledge: How       Organizations Manage What They Know. Havard Business School Press, Boston. 1998.

 

Satria Wahono, Romi. 2003. Pengantar Unified Modeling Language (UML). Ilmu Komputer.com

 

Setiarso, Bambang. Knowledge Sharing in Organizations: models and mechanism”.Kualalumpur (Malaysia) : Special Library Conference (Slib 2005), May 15-17, 2005

 

Tobing, Paul L. Knowledge Management. Konsep, Arsitektur dan Implementasi.      Graha Ilmu.Yogyakarta.2007

 

Nonaka, I and Noboru Konno, The Concept of “Ba”: Building Foundation for Knowledge Creation, California Management Review Vol.40 No. 3, 1998.

 

Nonaka, Ikujiro and Takeuchi H. The Knowledge Creating Company: How Japanesse Companies Create the Dynamics In Innovatio. Oxford University Press. 1995.

 

Davidson, Carl and Philip Voss. Knowledge Management, and Introduction to creating competitive advantage from intellectual capital. VisionBook. New Delhi. 2003

 

Widayana, Lendy. 2005. Knowledge Management : Meningkatkan Daya Saing Bisnis. Jawa Timur : Bayumedia Publishing.

 

Bechina AA & Bommen T. (2006).Knowledge Sharing Practices:Analysis of a Global Scandinavian Consulting Company. The Electronic Journal of Knowledge Management Volume 4 Issue 2, pp 109 – 116.

 

 

Tseng (2010), The effects of hierarchical culture on knowledge management prosess, Emerald 33, 829.

 

Tobing (2007), Knowledge management, Graha Ilmu, Yogyakarta, Indonesia. 8-24.

 

Gottschalk (2007), Knowledge Management System In Law Enforcement : Technologies and Technique, Idea Group Publishing, USA. 27.

 

Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, PT Remaja Rodakarya, Bandung., 2003.

 

Spector, J. Michael, and Gerald S. Edmonds, Knowledge Management in Instructional Design,Publications of Eric Digest, Syracuse University, September 2002.

 

Sugiyono.(2001), Statistik Nonparametrik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Tiwana, Amrit (2000). TheKnowledge ManagementTollkit. Prentice Hall PTR. Upper Saddle River, NJ 07458

 

Nonaka, Ikujiro and Takeuchi H (1995). The Knowledge Creating Company: How Japanesse Companies Create the Dynamics In Innovatio. Oxford University Press

 

Munawar. (2005). Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu

 

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung, Penerbit Alfabeta

 

 

Romi Satria Wahono. 2008. Knowledge Management dan Kiat Praktisnya,  http://romisatriawahono.net/2008/05/06/knowledge-management-dan-kiatpraktisnya/.  (25 September 2014)

 

Romi Satria Wahono. 2008. /pengantar-elearning-dan-pengembangannya/ http://ilmukomputer.org/2008/11/25 (25 September 2014)