Penjurusan siswa merupakan salah satu upaya untuk mengarahkan siswa berdasarkan kemampuan akademik dan minat siswa. Penjurusan ditentukan berdasarkan ketuntasan nilai mata pelajaran ciri khas jurusan dan pilihan minat siswa. Pada penjurusan pada siswa terkendala didasari atas nilai prestasi siswa yang unggul pada salah satu program. Akan tetapi, seringkali keputusan yang diambil dalam penjurusan siswa terkendala dilakukan tanpa melihat nilai prestasi yang unggul. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi SPK (Sistem Pendukung Keputusan) penjurusan siswa pada siswa terkendala. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian model eksperimen. Penelitian eksperimen ini mengenai sistem penunjang keputusan untuk penentuan jurusan dengan pengolahan data menggunakan Logika FIS Mamdani sedangkan penerapan sistem pendukung keputusan menggunakan Toolbox Matlab R2011b dengan hasil metode Centroid dan Bisektor. Pengujian dilakukan dengan uji perbandingan hasil penjurusan siswa yang dilakukan secara manual dengan hasil penjurusan siswa keluaran dari SPK yang dikembangkan. Pada pengujian diinputkan data berupa penilaian siswa terkendala kelas. Hasil yang dicapai dari penelitian ini berupa sistem pendukung keputusan penentuan jurusan siswa dengan pendekatan FIS Mamdani berjalan dengan baik dan efisien.
Handayani, D. N., Hakim, F. N., & Solechan, A. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Jurusan Menggunakan Fuzzy Multiple Atribute Decision Making Dengan Metode Simple Additive Weighting Studi Kasus Pada Sma Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jurnal Transformatika, 11(2), 69-78.
Khoe, D., & Okky, H. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jurusan di SMA Kristen YSKI Semarang.Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer.
Kusumadewi, S. (2010). Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Edisi Kedua. Cetakan Pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu
Lutfiyanto, A., Kushartantya, K., & Endah, S. N. (2014). Sistem Inferensi Fuzzy Metode Mamdani Untuk Menentukan Jurusan Di SMA Negeri 1 Cilacap.Journal of Informatics and Technology,2(1), 43-51.
Hafsah, dkk. 2008. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Di SMU Dengan Logika Fuzzy. Seminar Nasional Informatika 2008 (semnasIF 2008). Yogyakarta
Naba, A. (2009). Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab. Yogyakarta: PT. Andi Offset
Kusumadewi, Sri. 2002. Analisa Desain Sistem Fuzzy menggunakan ToolBox Matlab. Edisi Pertama. Cetakan pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Kusumadewi, Sri. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Naba, Agus 2009. Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab. Yogyakarta : PT.Andi Offset
Ramza, H., & Dewanto, Y. (2010). Teknik Pemrograman Manggunakan Matlab.Jakarta: PT. GrasindoIsi.
Hapsari, Dian Puspita, dkk. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Cuaca Dengan Menggunakan Logika Fuzzy Mamdani. Jurnal IPTEK Vol 16 No.1. ITS
Widodo, Prabowo Pudjo. Handayanto, Rahmadya Trias. 2012. Penerapan Soft Computing Dengan Matlab. Edisi Revisi. Bandung : Rekayasa Sains
Budiharto, Widodo. 2008. Membuat Sendiri Robot Cerdas-Edisi Revisi. Jakarta : PT.Alex Media Komputindo.
Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta : PT.Andi Offset.
Wibisono, Dermawan. 2003. Riset Bisnis – Panduan Bagi Praktisi dan Akademisi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Turban,E., Aronson,J.E., dan LiangTing,P., 2005. Decision Support Sistems and Intelligent Sistems. Edisi 7, Jilid 1, Versi Bahasa Inonesia, Andi Offset, Jogya
Pengurus besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia, 2013. Pelayanan Arah Peminatan Peserta Didik. Jakarta: ABKIN.
Makrifah F.L, & Nuryono, S.Pd, M.Pd, W, (2014). Pengembangan Paket Peminatan Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Siswa Di SMP. Jurnal BK UNESA, 4(3), 1-8.
Pengurus besar IPBI.1998.Pedoman Umum Penjurusan Siswa di SLTP,SLTA,dan SMK
http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/viewFile/876/434 diakses tanggal 02 Desember 2015 pukul 16.10 WIB.