Resume Tesis

research
  • 08 Feb
  • 2023

Resume Tesis

Penjurusan siswa merupakan salah satu upaya untuk mengarahkan siswa berdasarkan kemampuan akademik dan minat siswa. Penjurusan ditentukan berdasarkan ketuntasan nilai mata pelajaran ciri khas jurusan dan pilihan minat siswa. Pada penjurusan pada siswa terkendala didasari atas nilai prestasi siswa yang unggul pada salah satu program. Akan tetapi, seringkali keputusan yang diambil dalam penjurusan siswa terkendala dilakukan tanpa melihat nilai prestasi yang unggul. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi SPK (Sistem Pendukung Keputusan) penjurusan siswa pada siswa terkendala. Jenis  penelitian  yang  digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian model eksperimen.  Penelitian  eksperimen  ini mengenai sistem   penunjang   keputusan   untuk penentuan jurusan dengan  pengolahan data menggunakan Logika FIS Mamdani sedangkan penerapan sistem pendukung keputusan menggunakan Toolbox Matlab R2011b dengan hasil  metode  Centroid  dan  Bisektor. Pengujian dilakukan dengan uji perbandingan hasil penjurusan siswa yang dilakukan secara manual dengan hasil penjurusan siswa keluaran dari SPK yang dikembangkan. Pada pengujian diinputkan data berupa penilaian siswa terkendala kelas. Hasil yang dicapai dari penelitian ini berupa sistem pendukung keputusan penentuan jurusan siswa dengan pendekatan FIS Mamdani berjalan dengan baik dan efisien.

Unduhan

  • Resume Tesis.pdf

    Resume Tesis

    •   diunduh 196x | Ukuran 1,269 KB

 

REFERENSI

Handayani,  D.  N.,   Hakim,  F.  N.,  &  Solechan,  A. (2014).  Sistem  Pendukung  Keputusan  Untuk Pemilihan Jurusan Menggunakan Fuzzy Multiple  Atribute  Decision  Making  Dengan Metode   Simple   Additive   Weighting   Studi Kasus    Pada    Sma    Islam    Sultan    Agung   1 Semarang. Jurnal  Transformatika, 11(2),  69-78.

Khoe,  D.,  &  Okky,  H.  (2013).  Sistem  Pendukung Keputusan     Penentuan     Jurusan     di     SMA Kristen YSKI Semarang.Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer.

Kusumadewi,   S.   (2010). Aplikasi   Logika   Fuzzy Untuk   Pendukung   Keputusan.   Edisi   Kedua. Cetakan Pertama.Yogyakarta: Graha Ilmu

Lutfiyanto,  A.,  Kushartantya,  K.,  &  Endah,  S.  N. (2014).    Sistem    Inferensi    Fuzzy    Metode Mamdani Untuk Menentukan Jurusan Di SMA Negeri  1  Cilacap.Journal  of  Informatics  and Technology,2(1), 43-51.

Hafsah, dkk. 2008. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Jurusan Di SMU Dengan Logika Fuzzy. Seminar Nasional Informatika 2008 (semnasIF 2008). Yogyakarta

Naba, A. (2009). Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab. Yogyakarta:  PT.  Andi Offset

Kusumadewi, Sri. 2002. Analisa Desain Sistem Fuzzy menggunakan ToolBox Matlab. Edisi Pertama. Cetakan pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kusumadewi, Sri. 2010. Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan. Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Naba, Agus 2009. Belajar Cepat Fuzzy Logic Menggunakan Matlab. Yogyakarta : PT.Andi Offset

Ramza,    H.,    &    Dewanto,    Y.    (2010). Teknik Pemrograman Manggunakan Matlab.Jakarta: PT. GrasindoIsi.

Hapsari, Dian Puspita, dkk. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Peramalan Cuaca Dengan Menggunakan Logika Fuzzy Mamdani. Jurnal IPTEK Vol 16 No.1. ITS

Widodo, Prabowo Pudjo. Handayanto, Rahmadya Trias. 2012. Penerapan Soft Computing Dengan Matlab. Edisi Revisi. Bandung : Rekayasa Sains

Budiharto, Widodo. 2008. Membuat Sendiri Robot Cerdas-Edisi Revisi. Jakarta : PT.Alex Media Komputindo.

Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan. Yogyakarta : PT.Andi Offset.

Wibisono, Dermawan. 2003. Riset Bisnis – Panduan Bagi Praktisi dan Akademisi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Turban,E., Aronson,J.E., dan LiangTing,P., 2005. Decision Support Sistems and Intelligent Sistems. Edisi 7, Jilid 1, Versi Bahasa Inonesia, Andi Offset, Jogya

Pengurus besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia, 2013. Pelayanan Arah Peminatan Peserta Didik. Jakarta: ABKIN.

Makrifah F.L, & Nuryono, S.Pd, M.Pd, W, (2014). Pengembangan Paket Peminatan Dalam Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Siswa Di SMP. Jurnal BK UNESA, 4(3), 1-8.

Pengurus besar IPBI.1998.Pedoman Umum Penjurusan Siswa di SLTP,SLTA,dan SMK

http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/article/viewFile/876/434 diakses tanggal 02 Desember 2015 pukul 16.10 WIB.