ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MELAKUKAN TRANSAKSI PADA PERUM PEGADAIAN CABANG SENEN JAKARTA PUSAT

research
  • 16 Nov
  • 2022

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERIKLANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MELAKUKAN TRANSAKSI PADA PERUM PEGADAIAN CABANG SENEN JAKARTA PUSAT

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan nasabah melakukan transaksi pada Perum Pegadaian Cabang Senen Jakarta Pusat. Metode penelitian ini bersifat explanatory study, yaitu studi penjelasan untuk mengidentifikasi data primer hasil dari jawaban responden yang dituangkan dalam kuesioner yang dikembalikan kepada peneliti. Pada explanatory study, data primer yang dikaji menggunakan hipotesis dan bersifat kuantitatif dengan tahap uji meliputi uji validitas dan reabilitas, transformasi data, uji asumsi klasik dengan kaidah parameter “BLUE” (Best Linier Unbiased Estimator), uji korelasi dan uji regresi.

 

Bedasarkan pengujian secara simultan diperoleh nilai FSig. sebesar 70.872 dengan nilai signifikasinya sebesar 0.000, sedangkan degree of freedom pada angka 2 dan 95 dalam tabel Ftabel diperoleh nilai sebesar 3.09 sehingga nilai FSig. sebesar 70.872 > nilai Ftabel = 3.09. Hal ini menunjukkan pengaruh Kualitas Pelayanan dan Periklanan Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Transaksi pada Perum Pegadaian Cabang Senen Jakarta Pusat secara bersama-sama adalah signifikan positif, artinya secara bersama-sama kualitas pelayanan dan periklanan yang dilakukan oleh Perum Pegadaian Cabang Senen Jakarta pusat akan meningkatkan  keputusan nasabah melakukan transaksi.

 

Berdasarkan pengujian secara parsial pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Transaksi  ditunjukkan dengan nilai tSig. sebesar 10.209 lebih besar dari   ttabel  sebesar 1.980 dengan nilai signifikasinya sebesar 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Melakukan Transaksi pada Perum Pegadaian Cabang Senen Jakarta Pusat adalah signifikan positif, artinya keputusan nasabah dalam melakukan transaksi pada Perum Pegadaian cabang Senen Jakarta Pusat akan meningkat dengan adanya kualitas pelayanan.

 

Berdasarkan pengujian secara parsial Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Nasabah Melakukan Transaksi ditunjukkan dengan nilai tSig. sebesar 9.921 dengan nilai ttabel sebesar 1.980 dengan nilai signifikasinya sebesar 0.000< 0.05,   maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh periklanan terhadap keputusan nasabah adalah signifikan positif, artinya keputusan nasabah dalam melakukan transaksi pada Perum Pegadaian Cabang Senen Jakarta Pusat akan meningkat dengan adanya kegiatan periklanan.

 

Unduhan

 

REFERENSI

Arikunto, Suharsimi.2002.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.PT Rineka Cipta.Jakarta

 

Kotler,Philip.2002.Manajemen Pemasaran.Erlangga.Jakarta.

 

Kotler,Philip.2001.Manajemen Pemasaran:Analisis Perencanaan, Pengendalian. Erlangga. Jakarta.

 

Kotler&Armstrong.2001.Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid II.Erlangga.Jakarta

 

Kotler&Armstrong.2007.Dasar-Dasar Pemasaran.PT. Index.Jakarta

 

Masngudi.2002.Metode Penelitian untuk Ekonomi.BP FE Universitas Borobudur.Jakarta

 

Lupiyoadi, Rambat.2010. Manajemen Pemasaran Jasa.Penerbit Salemba Empat

 

Mulyono, Sri.2005. Statistika untuk Ekonomi&Bisnis.BPFE UI.Jakarta

 

Santosa, Singgih dan Fandy Tjiptono.2004. Riset Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS.PT Gramedia. Jakarta

 

Sekaran,Uma.2006.Metodologi Penelitian untuk Bisnis.Salemba Empat.Jakarta

 

Singarimbun, M., Effendi, S.2004. Metode Penelitian Survey. LP3ES.Jakarta.

 

Stanton,William,J.2002.Prinsip-Prinsip Pemasaran,Erlangga.Jakarta.

 

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.Bandung.

 

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar.Rineka Cipta.Jakarta.

 

Suryani,Tatik.2008.Perilaku Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran.Graha Ilmu. Yogyakarta

 

Swasta, Basu, dan Ibnu Sukotjo W. 2002. Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga,Liberty .Yogyakarta

 

Swastha,Basu dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty,Yogyakarta.

 

Swastha,Basu.2005.Manajemen Pemasaran Modern.Liberty.Yogyakarta.

 

Tjiptono,Fandy.2008. Strategi Pemasaran. Andi.Yogyakarta

 

Umar, Husein.2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Ghalia Indonesia.Jakarta

 

Umar, Husein.2008.Metode penelitian Untuk Skipsi dan Tesis Bisnis. Liberty. Yogyakarta

Yamit, Zulian.2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. BP FE UII.Yogyakarta