Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan dan periklanan terhadap keputusan nasabah melakukan
transaksi pada Perum Pegadaian Cabang Senen Jakarta Pusat. Metode penelitian
ini bersifat explanatory study, yaitu
studi penjelasan untuk mengidentifikasi data primer hasil dari jawaban
responden yang dituangkan dalam kuesioner yang dikembalikan kepada peneliti.
Pada explanatory study, data primer
yang dikaji menggunakan hipotesis dan bersifat kuantitatif dengan tahap uji meliputi
uji validitas dan reabilitas, transformasi data, uji asumsi klasik dengan kaidah parameter “BLUE” (Best Linier Unbiased Estimator), uji korelasi dan uji regresi.
Bedasarkan
pengujian secara simultan diperoleh nilai FSig. sebesar 70.872
dengan nilai signifikasinya sebesar 0.000, sedangkan degree of freedom pada
angka 2 dan 95 dalam tabel Ftabel diperoleh nilai sebesar 3.09
sehingga nilai FSig. sebesar 70.872 > nilai Ftabel =
3.09. Hal ini menunjukkan pengaruh Kualitas Pelayanan dan Periklanan Terhadap
Keputusan Nasabah Melakukan Transaksi pada Perum Pegadaian Cabang Senen Jakarta
Pusat secara bersama-sama adalah signifikan positif, artinya secara
bersama-sama kualitas pelayanan dan periklanan yang dilakukan oleh Perum
Pegadaian Cabang Senen Jakarta pusat akan meningkatkan keputusan nasabah melakukan transaksi.
Berdasarkan
pengujian secara parsial pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Nasabah
Melakukan Transaksi ditunjukkan dengan
nilai tSig. sebesar 10.209 lebih besar dari ttabel sebesar 1.980 dengan nilai signifikasinya
sebesar 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan
Nasabah Dalam Melakukan Transaksi pada Perum Pegadaian Cabang Senen Jakarta
Pusat adalah signifikan positif, artinya keputusan nasabah dalam melakukan
transaksi pada Perum Pegadaian cabang Senen Jakarta Pusat akan meningkat dengan
adanya kualitas pelayanan.
Berdasarkan
pengujian secara parsial Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Nasabah
Melakukan Transaksi ditunjukkan dengan nilai tSig. sebesar 9.921
dengan nilai ttabel sebesar 1.980 dengan nilai signifikasinya
sebesar 0.000< 0.05, maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh
periklanan terhadap keputusan nasabah adalah signifikan positif, artinya
keputusan nasabah dalam melakukan transaksi pada Perum Pegadaian Cabang Senen
Jakarta Pusat akan meningkat dengan adanya kegiatan periklanan.
Arikunto,
Suharsimi.2002.Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktek.PT Rineka Cipta.Jakarta
Kotler,Philip.2002.Manajemen Pemasaran.Erlangga.Jakarta.
Kotler,Philip.2001.Manajemen Pemasaran:Analisis Perencanaan, Pengendalian.
Erlangga. Jakarta.
Kotler&Armstrong.2001.Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid II.Erlangga.Jakarta
Kotler&Armstrong.2007.Dasar-Dasar Pemasaran.PT. Index.Jakarta
Masngudi.2002.Metode Penelitian untuk Ekonomi.BP FE
Universitas Borobudur.Jakarta
Lupiyoadi, Rambat.2010. Manajemen Pemasaran Jasa.Penerbit Salemba Empat
Mulyono,
Sri.2005. Statistika untuk
Ekonomi&Bisnis.BPFE UI.Jakarta
Santosa,
Singgih dan Fandy Tjiptono.2004. Riset
Pemasaran, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS.PT Gramedia. Jakarta
Sekaran,Uma.2006.Metodologi Penelitian untuk Bisnis.Salemba
Empat.Jakarta
Singarimbun,
M., Effendi, S.2004. Metode Penelitian
Survey. LP3ES.Jakarta.
Stanton,William,J.2002.Prinsip-Prinsip Pemasaran,Erlangga.Jakarta.
Sugiyono.2010.
Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif
dan R&D. Alfabeta.Bandung.
Supranto,
J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa
Pasar.Rineka Cipta.Jakarta.
Suryani,Tatik.2008.Perilaku Konsumen, Implikasi pada Strategi
Pemasaran.Graha Ilmu. Yogyakarta
Swasta, Basu, dan
Ibnu Sukotjo W. 2002. Pengantar Bisnis Modern, Edisi
Ketiga,Liberty .Yogyakarta
Swastha,Basu dan
Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty,Yogyakarta.
Swastha,Basu.2005.Manajemen Pemasaran Modern.Liberty.Yogyakarta.
Tjiptono,Fandy.2008.
Strategi Pemasaran. Andi.Yogyakarta
Umar,
Husein.2003. Metode Riset Perilaku
Konsumen Jasa. Ghalia Indonesia.Jakarta
Umar, Husein.2008.Metode penelitian Untuk Skipsi dan Tesis
Bisnis. Liberty. Yogyakarta
Yamit, Zulian.2010. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. BP FE UII.Yogyakarta