PENERAPAN DATA MINING TERHADAP MINAT SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS PADA SMK 1 CENGKARENG

research
  • 02 Jul
  • 2022

PENERAPAN DATA MINING TERHADAP MINAT SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS PADA SMK 1 CENGKARENG

Dalam menentukan peminatan siswa mata pelajaran metode clustering K-Means masih belum diadakan. Memudah melihat data siswa-siswi yang berminat pada mata pelajaran matematika melalui data yang sudah dikelola oleh peneliti. Dalam mendapatkan data nilai yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi yang dilakukan disekolah. metode observasi merupakan suatu metode dimana siswa dilibatkan untuk turut berpikir sehingga emosi siswa dapat terlibat langsung dalam proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan proses kejadian dengan sendirinya, sehingga akan memperkaya pengalaman, meningkatkan serta membangkitkan rasa ingin tahu untuk menentukan minat mata pelajaran matematika menggunakan algoritma K-Means dimana dalam penelitian ini dibagi menjadi 2 cluster yaitu minat dan tidak minatnya siswa dalam mata pelajaran matematika, dari 50 siswa akan menjadi 2 cluster yaitu.Cluster C1 dengan jumlah 16 siswa berdasarkan presentase di dapatkan hasil 32% yang tidak minat matematika, C2 dengan jumlah 34 siswa berdasarkan presentase di dapatkan 68% yang minat matematika Penelitian ini perlu dicoba pada algoritma yang lain agar dapat melakukan pengelompokan minat siswa sehingga dapat diharapkan pengelompokan yang lebih akurat dan presisi.

Unduhan

  • PENERAPAN DATA MINING TERHADAP MINAT SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS PADA SMK 1 CENGKARENG

    •   diunduh 0x | Ukuran 0 KB

 

REFERENSI

[1]         G. G. Maulana, “Pembelajaran Dasar Algoritma Dan Pemrograman Menggunakan El-Goritma Berbasis Web,” J. Tek. Mesin, vol. 6, no. 2, p. 8, 2017, doi: 10.22441/jtm.v6i2.1183.

[2]         N. K. Surbakti, “Data Mining Pengelompokan Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Menggunakan Metode Clustering (Studi Kasus : RSU.Bangkatan),” J. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 47–53, 2021, doi: 10.32938/jitu.v1i2.1470.

[3]         L. Muflikhah, D. Ratnawati Eka, and R. R. Putri Mardi, Buku Ajar Data Mining, 1st ed. Malang: UB Press, 2018.

[4]         E. Irfiani and S. S. Rani, “Algoritma K-Means Clustering untuk Menentukan Nilai Gizi Balita,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 4, p. 161, 2018, doi: 10.26418/justin.v6i4.29024.

[5]         R. Vulandari Tri, Data Mining Teori dan Aplikasi Rapidminer, 1st ed. Yogyakarta: Gava Media, 2017.

[6]         Suyanto, Data Mining Untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data. Bandung: BI-Obses, 2017.

[7]         D. Jollyta, W. Ramdhan, and M. Zarlis, Konsep Data Mining dan Penerapan, 1st ed. Yogyakarta: CV Budi Utama, 2020.

[8]         S. Pramana, B. Yuniarto, S. Mariyah, I. Santoso, and R. Nooraeni, Data Mining dengan R Konsep Serta Implementasi. Bogor: IN Media, 2018.

[9]         S. Haryati, A. Sudarsono, and E. Suryana, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Algoritma C4.5 (Studi Kasus: Universitas Dehasen Bengkulu),” J. Media Infotama, vol. 11, no. 2, pp. 130–138, 2015.

[10]       R. Yusri, S. Edriati, and R. Yuhendri, “Pelatihan Microsoft Office Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengolah Data,” RANGKIANG J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 2, no. 1, pp. 32–37, 2020, doi: 10.22202/rangkiang.2020.v2i1.4214.

[11]       S. Butsianto and N. Saepudin, “Penerapan Data Mining Terhadap Minat Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Dengan Metode K-Means,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 51–59, 2020, doi: 10.32672/jnkti.v3i1.2008.

[12]       F. Firza and S. Sarjono, “Penerapan Algoritma K-Means Dalam Metode Clustering Untuk Peminatan Jurusan Bagi Siswa Swasta Pelita Raya Kota Jambi,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 3, pp. 371–382, 2020.

[13]       R. N. Afifuddin and D. Nurjanah, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Mata kuliah Peminatan Menggunakan Algoritma K- means dan Apriori ( studi kasus : Jurusan S1 Teknik Informatika Fakultas Informatika ),” eProceedings …, vol. 6, no. 1, pp. 2359–2367, 2019.

[14]       “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Metode Observasi Dengan Lks Word Square,” Bioed  J. Pendidik. Biol., vol. 10, no. 1, p. 1, 2022, doi: 10.25157/jpb.v10i1.7350.

[15]       R. W. Sari and D. Hartama, “Data Mining : Algoritma K-Means Pada Pengelompokkan Wisata Asing ke Indonesia Menurut Provinsi,” Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., pp. 322–326, 2018.