Penerapan Model Fountain Untuk Pengembangan Aplikasi Text Recognition Dan Text To Speech Berbasis Android Menggunakan Flutter

research
  • 27 May
  • 2022

Penerapan Model Fountain Untuk Pengembangan Aplikasi Text Recognition Dan Text To Speech Berbasis Android Menggunakan Flutter

Implementasi Artificial Intellegence atau kecerdasan buatan memberikan banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Peneliti memanfaatkan cabang ilmu Artificial Intelligence untuk mengembangkan aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi dengan nama ICSApp (I Can See Application) untuk mengubah atau mengkonversi gambar yang berupa teks menjadi ucapan. Proses mengubah atau konversi tersebut akan melalui beberapa tahapan diantaranya proses text recognition untuk membaca karakter pada suatu dokumen dan text to speech untuk mengubah sebuah teks menjadi ucapan. Penerapan model fountain dalam
pengembangan aplikasi ICSApp sangat efisien karena model ini memiliki sifat berulang dan kemampuannya dalam meniru pengembangan sistem yang ada di dunia nyata serta tidak berfokus hanya pada satu tahapan saja. Menggunakan framework flutter dan dart sebagai bahasa pemrograman serta memanfaatkan firebase MLKit untuk pengembangan aplikasi. Black box testing digunakan untuk menguji aplikasi, agar aplikasi dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Aplikasi ICSApp sangat mudah digunakan, untuk menginstall aplikasi minimal versi android adalah versi 5.0 (Lollipop). Untuk menggunakan ICSApp user dapat mengambil gambar dari kamera maupun gallery smartphone dan output yang dihasilkan berupa tampilan teks yang kemudian mengeluarkan suara berupa ucapan dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Bahasa Arab sesuai yang diinginkan. Aplikasi ini diharapkan membantu para penyandang tuna netra dan tuna aksara serta gangguan penglihatan lainnya untuk mendapatkan informasi secara mudah.

Unduhan

 

REFERENSI

Andayu, N. P. (2013). Perancangan Text To Speech Converter Engine Dalam Pengucapan Kata Berbahasa Arab Sehari-Hari. JUSTIN, 1(3).


Apriyanti, K., Widodo, T. W. (2016). Implementasi Optical Character Recognition Berbasis Backpropagation untuk Text to Speech Perangkat Android.
IJEIS, 6(1), 1324.


Aryadi, R., Suyanto, S., Widodo, W. (2020). Aplikasi Testing Interface Video Graphics Array Card Menggunakan Vb.Net.
Jurnal SIBERNETIKA, 5(2), 209215.


Bachtiar, Miftachul, R., Yulianton, H. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Text To Speech Sebagai Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Tuna Wicara.
Dinamika Informatika, 9(2), 5662.


Dewanto, I. J. (2004). System Development Life Cycle Dengan Beberapa Pendekatan.
Jurnal FASILKOM, 2(1), 3947.


Dicoding, I. (2020). Apa itu Firebase? Pengertian, Jenis-Jenis, dan Fungsi Kegunaannya. diakses 19 Februari 2021,dari
https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-firebase-pengertian-jenis-jenis-dan-fungsi-kegunaannya/


Firebase, G. (2021). ML Kit for Firebase. iakses 19 Februari 2021,dari 
https://firebase.google.com/docs/ml-kit 


Flutter.dev. (2021). About Flutter. iakses 19 Februari 2021, dari https://flutter.dev/?gclid=Cj0KCQiApsiBBhCKARIsAN8o_4iNUpfhCJzj4PTlACOywSXCF9Z5pSitXDm
tQSP1-C7Tt-wpekoNKZYaAkQXEALw_wcB&gclsrc=aw.ds


George, R., Armarego, J., Yogesan, K. (2005). The reengineering of a software system for glaucoma analysis. 
Computer Methods and Programs in Biomedicine, 97109. https://doi.org/10.1016/j.cmpb.2005.01.002


Ginting, S., Harahap, F. (2020). Penggunaan Mobile Vision Api Untuk Pengenalan Teks Dalam Sebuah Image 
Berbasis Android. Jurnal Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(1), 11431152.

Ichwan, M., Gustiana, M., Syafiudin, A. (2018). Implementasi Metoda Unit Selection Synthesizer Dalam Pembuatan Speech Synthesizer Suara Suling Recorder. Multimedia Artificial Intellegence Networking Database Journal, 3(1), 6478.


Karina, W.C. (2013).
Analisis dan Perancangan Aplikasi Mobile Panduan Transportasi Berbasis Android di Bali. STMIK AMIKOM Yogyakarta.


Lienhart, R., Stuber, F. (2015). Automatic Text Recognition in Digital Videos.
Http://Proceedings.Spiedigitallibrary.Org, 2666, 180188.


Muhardian, A. (2018). No Title. Retrieved February 19, 2021, from
https://www.petanikode.com/belajar-dart/


Putra, A. (2017). Mengenal Flutter Mobile App SDK. Retrieved February 20, 2021, from
https://medium.com/@putraxor/mengenal-flutter-mobile-app-sdk-9a5ca88e705b


Santoso, S., Surjawan, Jahja, D., & Handoyo, Darmawan, E. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Tukar Barang Untuk Pemanfaatan Barang Tidak Terpakai dengan Flutter Framework.
Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(3), 589598. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28932/jutisi.v6i3.3071


Sari, I. (2019). Aplikasi Kamus Bahasa inggris dilengkapi dengan Text to Speech Berbasis Android.
Jurnal Penelitian Teknik Informatika, 1(April 2018), 2830.


Wati, R., Ernawati, S. (2018). Perancangan Aplikasi Kamus Bahasa Jawa-Indonesia Berbasis Android.
Jurnal Techno Nusa Mandiri, 15(2), 9398.


Ye, Q., Doermann, D. (2015). Text Detection and Recognition in Imagery
 : A Survey. IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence, 37(7), 14801500.