Android-Based Quran Application On The Flutter Framework By Using The Fountain Model

research
  • 26 May
  • 2022

Android-Based Quran Application On The Flutter Framework By Using The Fountain Model

Dengan perkembangan teknologi, smartphone menjadi salah satu alat komunikasi dan dapat digunakan sebagai alat penghibur. Namun smartphone memberikan dampak terhadap menurunnya minat dalam membaca Quran. Alangkah baiknya smartphone dapat digunakan untuk mengingat kepada sang khalik yaitu dengan membuat aplikasi Quran pada android sehingga pengguna tidak perlu membawa mushaf Quran saat sedang berpergian. Tujuan dibangunnya aplikasi adalah agar dapat selalu ingat kepada sang khalik yaitu dengan cara dapat membaca Quran kapanpun dan dimanapun sedang berada. Model yang digunakan untuk membangun aplikasi adalah Model Fountain dimana pada saat membangun aplikasi dapat dilakukan secara tumpang tindih sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi Quran dibangun menggunakan framework flutter dengan bahasa pemrograman dart. Untuk  menginstall aplikasi minimal versi android yang digunakan adalah versi 5.0 Lollipop. Pengujian aplikasi Quran menggunakan black box testing. Memberikan kuesioner
kepada calon pengguna aplikasi untuk menilai kelayakan aplikasi Quran. Dari hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwa aplikasi Quran sangat user friendly dan dengan adanya audio yang diputar secara berulang dapat membantu pengguna untuk menghafal Quran.

Unduhan

 

REFERENSI

Adista, A., & Izza, N. (2020). Desain Aplikasi Alquran Berbasis Android “Sahabat Nusa.” Al-Fikri:Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 3(2), 13–19.


Althaf Husein. (2020). Al-Qur’an Di Era Gadget: Studi Deskriptif Aplikasi Qur’an Kemenag.
Jurnal Online Studi Al-Qur an, 16(1), 55–68. https://doi.org/10.21009/jsq.016.1.04


Aminah, P. N., & Bisma, R. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (Simpeg) Berbasis Android Dengan Menggunakan Flutter (Studi Kasus: Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur).
Jurnal Manajemen Informasi, 11(1).
Andrean, K., Armanto, H., & C. Pickerling. (2020). Sistem Tempat Parkir Terintegrasi yang Dilengkapi dengan Aplikasi Mobile dan Mikrokontroller.
Journal of Information System,Graphics, Hospitality and Technology,
2(01), 22–29. https://doi.org/10.37823/insight.v2i01.79

Dewanto, I. J. (2004). System Development Life Cycle Dengan Beberapa Pendekatan. Fasilkom, 2(1), 39–47.

Enggar Krisnada, F., & Tanone, R. (2020). Aplikasi Penjualan Tiket Kelas Pelatihan Berbasis  Mobile menggunakan Flutter. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 5(3), 281– 295. https://doi.org/10.28932/jutisi.v5i3.1865


Fadli, I. N., & Ishaq, U. M. (2019). Aplikasi Pengenalan Huruf dan Makharijul Huruf Hijaiyah Dengan Augmented Reality Berbasis Android.
Komputika : Jurnal Sistem Komputer, 8(2), 73–79. https://doi.org/10.34010/komputika.v8i2.2186 


Fauzan, A., Arwani, I., & Fanani, L. (2018). Pembangunan Aplikasi Iqro’ Berbasis Android Menggunakan Google Speech.
Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK), 2(1), 29–35.
GlobalStats, S. (2021).
Desktop vs Mobile vs Table Market Share Worldwide. https://gs.statcounter.com/platformmarket-share/desktop-mobile-table


Hidayat, H., & Al Amin, B. (2019). Perancangan dan Implementasi Iqra Braille Elektronik Berbasis
Mikrokontroler dan Android.
Komputika :Jurnal Sistem Komputer, 6(2), 83–91. https://doi.org/10.34010/komputika.v6i2.1744


Rifaldi, E., Adi, P., & Aditya, B. R. (2017). Aplikasi Android untuk Berbagi Ebook di Lingkungan
Telkom University.
eProceedings of Applied Science, 3(2), 624–632.


Sampurna, J., Sutisna, M. A., & Wisudya, R. Y. (2019). Aplikasi Kamus Alquran Berbasis Android
Menggunakan Android Studio.
Jurnal Sibernetika, 4(1), 51–60.  https://doi.org/10.26877/jiu.v5i1.3549

Sinaga, J. I., Mesran, M., & Buulo, E. (2016). Aplikasi Mobile Pencarian Kata Pada Arti Ayat AlQur’an Berbasis Android Menggunakan Algoritma String Matching. Jurnal INFOTEK, II(Juni 2016), 68–72.


Sofyan, A. A., Puspitorini, P., & Yulianto, M. A. (2016). Aplikasi Media Informasi Sekolah Berbasis SMS Gateway Dengan Metode SDLC ( System Development Life Cycle ).
Jurnal Sisfotek Global, 6(2), 1–7.


Syaputra, R., & Ganda, Y. P. W. (2019).
Happy Flutter: Membuat Aplikasi Andorid dan iOS dengan Mudah menggunakan Flutter.


UDACODING. https://books.google.co.id/books?id=VYurDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=ebook+
aplikasi+menggunakan+android&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiP98aI5OruAhWPWX0KHe0pA7kQ6AEwBXoECAcQAg#v=onepage&q&f=false


Wihidayat, E. S., & Wihidayat, E. S. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Menggunakan Integrated Development Environment (Ide) App Inventor-2.
Edutic -Scientific Journal of Informatics Education,
4(1), 1–12. https://doi.org/10.21107/edutic.v4i1.3229


Yunandar, R. T., & Priyono. (2018). Pengujian Usability System Framework React Native dengan Expo untuk Pengembang Aplikasi Android Menggunakan Use Questionnaire.
Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 3(1),
252–259. https://www.jurnal.polgan.ac.id/index.php/sinkron/article/view/198