Decision Support System Selection Of The Best Android Smartphone Using The Method Of Moora

research
  • 26 May
  • 2022

Decision Support System Selection Of The Best Android Smartphone Using The Method Of Moora

Dalam kondisi saat ini setiap orang pasti memiliki smartphone dikarnakan banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara online. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat berupa pembelajaran, pembelian, transportasi dan lain sebagainya. Smartphone yang ditawarkan saat ini memiliki spesifikasi baragam, terkadang calon pembeli merasa bingung untuk memilih smartphone yang seperti apa yang mereka butuhkan. Untuk mengatasi permasalahan dalam keputusan pemilihan smartphone android terbaik yaitu dengan sistem penunjang keputusan menggunakan metode Multi-Objective Optimization On the Basis Of Ratio Analysis (MOORA). Dalam Penelitian ini data yang dikumpulkan berdasarkan 100 hasil kuesioner yang disebar. Kriteria yang digunakan yaitu random access memory (RAM), kamera, harga, kapasitas penyimpanan, baterai, dan ukuran layar. Hasil perhitungan yang didapatkan dalam penelitian ini menentukan masing masing merk dan tipe smartphone android terbaik. Diharapkan dalam penelitian ini dapat membantu calon pembeli yang bingung dalam memilih smartphone android terbaik

Unduhan

 

REFERENSI

Al Hakim, I. T., Tuslaela, & Ernawati, S. (2020). Laporan Akhir Peneltian Mandiri: Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Smartphone Android Terbaik Menggunakan Metode Moora. Jakarta.

Binjori, A. S. R. A., Hutapea, H. R. B., Syahrizal, M., & Kurniasih, N. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Handphone Bekas Terbaik Menggunakan Multi Objective Optimization on The Basis of Ratio
Analysis (MOORA). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(1), 61–65. Retrieved from https://ejurnal.stmikbudidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/view/573

Harsiti, H., & Aprianti, H. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone dengan Menerapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW). JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 4, 19–24. https://doi.org/10.30656/jsii.v4i0.372

 

Hidayatulloh, I., & Naf’an, M. Z. (2018). Integrasi Sentiment Analysis SentiWordNet pada Metode MOORA untuk Rekomendasi Pemilihan Smartphone. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi
(JNTETI)
, 7(1). https://doi.org/10.22146/jnteti.v7i1.396

Indriani, U. (2018). PENERAPAN METODE ROUGH SET DALAM MENENTUKAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID OLEH KONSUMEN. JTIK (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA KAPUTAMA), 2(1), 85–92. Retrieved from
https://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JTIK/article/view/98
Khairina, D. M., Ivando, D., & Maharani, S. (2016). Implementasi Metode Weighted Product Untuk Aplikasi Pemilihan Smartphone Android. JURNAL INFOTEL – Informatika Telekomunikasi Elektronika, 8(1), 1–8.
https://doi.org/10.20895/infotel.v8i1.47


Latif, Y. R., & Susilo, J. (2018). PENGEMBANGAN APLIKASI PEMILIHAN SMARTPHONE ANDROID MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika Dan Bisnis, 7(2), 59–65. Retrieved from https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JIB/article/view/538

Muharsyah, A., Hayati, S. R., Setiawan, M. I., Nurdiyanto, H., & Yuhandri. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan MultiObjective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA). Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(1), 19–23. https://doi.org/10.30645/j-sakti.v2i2.79

Putra, G. M., & Irawati, N. (2018). Analisis Pemilihan Handphone Rekomendasi Dengan Metode Weighted Product. Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018, 1(1), 199–204. Medan: STMIK ROYAL. Retrieved from
https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/senar/article/view/168

Sandika, I. G., Permanasari, A. E., & Sumaryono, S. (2014). Penentuan Karakteristik Pengguna Sebagai Pendukung Keputusan Dalam Memilih Smartphone Menggunakan Forward Chaining. Prosiding SNATIF Ke-1 Tahun 2014, 1, 301–308. Retrieved fromhttps://jurnal.umk.ac.id/index.php/SNA/article/view/159

Sianturi, R. D., Pratama, A. N., Sulistiono, J., & Fachrizal, R. (2018). Penerapan MultiObjective on The Basis of Ratio Analysis Pada Pemilihan Smartphone Gaming. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Informasi
(SENSASI) 2018
, 331–337. Kota Medan: STMIK Budi Darma. Retrieved from http://seminarid.com/prosiding/index.php/sensasi/article/view/49

Ulandari, N. W. A. (2020). Implementasi Metode MOORA pada Proses Seleksi Beasiswa Bidikmisi di Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali. Jurnal Eksplora Informatika, 10(1), 53–58. https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i1.379

Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.