KREATIF DALAM MENGOLAH BARANG TAK TERPAKAI MENJADI BERNILAI MENANAMKAN MINAT WIRAUSAHA PADA MASYARAKAT

research
  • 22 Mar
  • 2022

KREATIF DALAM MENGOLAH BARANG TAK TERPAKAI MENJADI BERNILAI MENANAMKAN MINAT WIRAUSAHA PADA MASYARAKAT

Masalah  sampah  saat  ini  merupakan  masalah  besar  bagi  setiap  daerah  di Indonesia,  mengingat  semakin  sempitnya  lahan  untuk  pembuangan  akhir  sampah. Kondisi tersebut dihadapi oleh setiap daerah, tidak  terkecuali Kota Jakarta.  Perkembangan wilayah  dengan  bertambahnya  penduduk  mengakibatkan  semakin  banyaknya tumpukan sampah. Penanganan sampah merupakan topik yang sering dijumpai dalam berita media masa, baik meda cetak  maupun media elektronik, yaitu merubah sampah menjadi produk yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan manusia. Pemanfaatan sampah tersebut  bisa  dilakukan  dengan  menciptakan  produk  dari  sampah  anorganik  yang sulit didaur ulang, yaitu produk-produk yang memerlukan daya kreativitas manusia. Penciptaan produk baru dengan memanfaatkan sampah dapat  menambah  pendapatan  masyarakat  disamping  mengatasi  permasalahan sampah  yang  semakin  banyak  pada  suatu  daerah.  Lebih  jauh  lagi,  Peningkatan pendapatan masyarakat tersebut, serta dapat dijadikan sebagai lapangan kerja bagi masyarakat  setempat.  Hal  tersebut  tentunya  dapat  meningkatkan  Laju Pembangunan Ekonomi daerah yang bersangkutan. Produk yang di hasilkan dari pengelolaan limbah adalah seperti celengan, rak serbaguna, pajangan dinding, rak dinding, asbak rokok, bingkai foto dan sebagainya.

Unduhan

 

REFERENSI

[1]      R. Mohamad Mulyadin, K. Ariawan, and M. Iqbal, “Conflict of Waste Management in Dki Jakarta and Its Recomended Solutions,” J. Anal. Kebijak. Kehutan., vol. 15, no. 2, pp. 179–191, 2018, doi: 10.20886/jakk.2018.15.2.179-191.


[2]     A. Wahid, N. Afni, A. Mahmud, S. Hastati, A. M. Jumrah, and N. Syam, “MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pembinaan Daur Ulang Barang Bekas Menjadi Barang Bermanfaat Sekolah Dasar,” vol. 2, pp. 66–69, 2019.


[3]    M. F. Hadi, R. Darwin, D. Widiarsih, M. Hidayat, N. Murialti, and M. Asnawi, “Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Yang Produktivitas Jiwa Entrepreneur Ibu Rumah,” Pengabdi. Untuk Mu neegri, vol. 2, no. 1, 2017.


[4]         L. Wisnuwardhani, “UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN BAJU BEKAS MELALUI MEDIA FACEBOOK (Studi Pada Viee Second Kalla),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 18, no. 1, p. 85271, 2015.


[5]      A. Halik, D. Perdana, and M. A. Prasnowo, “Peningkatan usaha pengepul barang bekas di kota surabaya,” J. Pengabdi. LPPM Untag Surabaya, vol. 02, no. 01, pp. 29–38, 2016.


[6]         A. T. Helmi, I. Aknuranda, and M. C. Saputra, “Analisis Dan Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) Pada Lembaga Bimbingan Belajar (Studi Kasus : Lembaga Bimbingan Belajar Prisma),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 10, pp. 4184–4191, 2018.


[7]         E. D. Sulthoni, Muhammad A.D.N, Badruzsaufari, Yusran, Fadli and Pujawati, “Issn 1978-8096,” EnviroScienteae, vol. 10, pp. 80–87, 2014.


[8]         D. Setiabudi, M. F. R. Hentihu, K. Jenggawah, and K. Jember, “KABUPATEN JEMBER Abstrak bangun guna meningkatkan nilai jual sampah plastik , 2 ( dua ) unit gerobak sampah khusus organik / non-,” vol. 11, no. April, pp. 30–34, 2018.


[9]         R. F. Putri and A. D. Silalahi, “Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Bekas Menjadi Barang Yang Bernilai Estetika dan Ekonomi,” Pros. Semin. Nas. Has. Pengabdi., pp. 233–236, 2018.


[10]      Z. A. L.Baroditus, “PELATIHAN SENI KERAJINAN TANGAN DARI BARANG BEKAS,” Kerajinan Tangan Barang Bek., vol. 1, no. 2, 2017.


[11]      M. A. Takdir Dedi, KEWIRAUSAHAAN. Yogyakarta: Wijana Mahadi Karya, 2015.


[12]      Widyastuti dan Bambang sampurno., INTEGRASI TEKNOLOGI DAN ENTREPRENEURSHIP. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 2016.


[13]      I. Setyowati, N. Wawat, Heatiningsih, and Dkk, PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan , Balitbang, Kemendikbud, 2017.


[14]      Rusdiana A, KEWIRAUSAHAAN Teori dan Praktik. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2018.


[15]      E Sujono, MENGEMBANGKAN POTENSI MASYARAKAT di Desa/Kelurahan. Sleman: Grup Penerbitan CV.BUDI UTAMA, 2017.